Step by StepTernak Ayam Kalkun Lengkap Beserta Jenis-jenisnya

Ternak Ayam Kalkun. Proses memilih bibit kalkun termasuk penentian yang sangat vatal dan vital juga perlu penuh kehati-hatian dalam memilih bibit kalkun. Sebab kalu kamu salah dalam memilih bibit, dikhawatirkan bibit kalkun itu malah bibit yang membawa gen cacat atau lemah dari lahir.

salah satu bibt kalkun yang baik ditandai dengan nafsu makan yang tinggi, pertumbuhannya yang cepat, sehat, dan bebas daei penyakit. Sebaiknya dalam memilih bibit kalkun, pilihlah bibit dari kerabat dekat atau oran yang sudah lama kita kenal yang sudah berpengalaman dalam dunia pemeliharaan kalkun dan dapat dipercaya.

Ciri kalkun yang sehat, kita bisa lihat dari nafsu makannya yang baik, gerak geriknya yang gesit, berasal dari induk unggulan (induk unggulan biasanya produktif dan berbadan gemuk), dan warna kotorannya normal (tidak berwrna putih-hijau).

Ciri kalkun tidak sehat, bisa juga kita lihat dari bentuk kakinya yang kering kapalan, jari kering membengkak, warna bulu kusam, matanya melotot, pandangannya sayu, sering menyendiri, nafsu makan menurun, sayap menggantung layu, dan mulut tampak seperti kemerahan dan robek.

Pemilihan Lokasi Untuk Ternak Ayam Kalkun

ternak ayam kalkun
blog.calgarystampede.com
  • Lokasi yang baik akan menjadi jaminan lancarnya pertumbuhan dan budidaya kalkun, sebelum menentukan lokasi yang ideal survei pertama yang harus dilakukan yaitu tentang kenyamanan keamanan, dan distribusi.
  • Pastikan peternakan aman dari kejahatan manusia, hewan, dan kemungkinan ancaman bencana alam.
  • Harus memilih tempat yang mudah untuk dapatkan makan tambahan misalnya di sekitar sawah, sungai, danau dan pantai.
  • Untuk kandang, lokasinya tidak boleh pada tempat yang lembab, dan jika memungkinkan, menghadap ke timur sehingga pas di pagi hari kandang dapat terkena sinar matahari.
  • Kalkun akan lebih sehat jika setiap pagi terkena sinar matahari langsung.
  • Kandang yang menggunakan sistem umbaran atau lepas akan membuat kalkun bebas bergerak, dan tentunya lebih bebas lagi untuk kawin.

Cara Membuat Kandang Kalkun

ternak ayam kalkun
pinterest.com

Untuk memulai sebuah peternakan/budidaya hal pertama yang harus kita persiapkan adalah kandang. Meskipun kandang terkadang tidak begitu dibutuhkan bagi sebagian hewan yang suka diumbar/dilepas, namun mereka pasti akan membutuhkan sebuah kandang untuk tempat berteduh diwaktu musim hujan.

Ayam kalkun merupakan golongan dari hewan yang tidak suka dikandangkan, hewan ini memilih untuk dilepaskan di alam yang terbuka atau diumbar. Akan tetapi anakan ayam kalkun sangat membutuhkan adanya kandang, karena anakan kalkun belum tahan untuk menghadapi cuaca yang ekstrim.

Jika mau membuatnya kita harus mencermati lokasi-lokasi kandang yang tepat, selain itu  juga kita harus memperhatikan keamanan serta kenyamanan lokasi kandang. Pilihlah lokasi yang sekiranya jauh dari gangguan manusia maupun binatang.

Lokasi kandang yang baik adalah tempat yang tidak jauh dengan perairan seperti sawah sungai atau danau, yang dimanfaatkan ayam kalkun untuk mencari tambahan makanan.

Langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk membuat kandang yang baik dan nyaman adalah jika memungkinkan kandang menghadap ke arah timur agar bisa terkena sinar matahari langsung, dengan terkena sinar matahari langsung menyebabkan hidup kalkun menjadi sehat dan keadaan kandang tidak lembab atau selalu kering.

Kalau bisa membuat kandang yang mudah untuk dibersihkan kenapa tidak! Supaya sanitasi kandang mudah kita jaga dan kita pantau kebersihannya. Sistem tata letak dalam pembuatan kandang pun mesti kita perhatikan misal, letak pintu, ventilasi, dan ruangan yang luas untuk tempat bermain kalkun.

Kita harus buat petak ruangan-ruangan dalam satu kandang yang gunanya untuk memisahkan kalkun sesuai dengan umurnya. Sediakan juga tempat untuk kalkun betina bersangkar dan dalam peletakan tempat bersangkar, usahakan sangkar kalkun bebas dari gangguan manusia, sesama kalkun atau hewan lain dan guyuran air hujan.

Kandang Untuk Mengumbar atau Melepaskan Ayam Kalkun

Ayam kalkun memerlukan tempat terbuka agar dapat bergerak bebas. Kandang atau pekarangan sangat dibutuhkan pembatas untuk tempat beraktivitasnya ayam kalkun. Tipe ayam kalkun memang bukan jenis ayam liar, namun batas kandang berguna untuk melindungi kalkun dari gangguan binatang lain.

Guna pembatas kandang juga agar ayam kalkun tidak mengganggu atau merusak tanaman sekitar, karena hakikatnya ayam kalkun bukan hanya suka biji-bijian melainkan suka juga dengan sayur-sayuran hijau seperti kangkung, sawi, eceng gondok dan sayuran hijau lainnya.

Kandang untuk Ayam Kalkun umur 0-30 hari

Ayam kalkun umur 0 sampai 1 bulan sangat memerlukan adanya kandang. Kandang yang pas yaitu berupa boks kotak atau sejenisnya yang bisa menghangatkan anak ayam kalkun. Buatkan dengan bahan bambu atau kayu, bisa juga menggunakan strimin dengan kerangka dari kayu.

Pada alas kandang gunakan koran sebagai penampung kotoran dan makanan sisa. Setelah koran sudah memuat banyak kotoran gantilah dengan koran baru sebagai alasnya. Ayam kalkun yang berumur 1,5-2,5 bulan sudah membutuhkan kandang yang lebih luas. Jika sudah berumur 1,5-2,5 bulan, kurangi jumlah ayam kalkun per boxnya

Kandang untuk umur 2,5 bulan keatas

Kalau Sudah berumur 2,5 bulan gunakan kandang dengan ukuran panjang sekitar 2 meter, tinggi 70 cm dan lebar 80cm, biasanya kandang ini cuma memuat 20 ekor. Untuk usia 3 bulan kurangi jumlah ayam yang dikandang, biasanya bisa dikurangi 10 ekor anakan, sedangkan ayam kalkun umur 3,5 bulan dikurangi menjadi 8 ekor per kandang atau boxs.

Kandang untuk Pejantan

Buatkan kandang yang cuma bisa memuat 1 ekor ayam kalkun saja. Tujuannya adalah untuk menghindari perkelahian sesama pejantan.

Membuat kandang lantai

Ayam kalkun yang umurnya sudah beranjak 2 bulan keatas, sudah bisa diletakkan di kandang yang dibuat dari semen atau pelesteran. Cara agar ayam kalkun tidak merasa kedinginan berikan lapisan alas berupa tangkai padi yang sudah kering atau merang, supaya ayam merasa hangat.

Kandang untuk mengerami

Buatlah box berbahan kayu atau plastik atau bisa juga ban bekas mobil yang alasnya dilapisi jerami atau merang. Tempatkan ditempat yang agak tersembunyi, agar ayam kalkun tidak merasa terganggu pada saat proses pengeraman.

Pakan Kalkun Agar Cepat Besar

ernak ayam kalkun
jualankalkun.wordpress.com

Kendala mengapa ayam kalkun tidak cepat besar bukan karena kendala pada makanan saja namun teknis dalam pemberian pakan juga berpengaruh dalam pertumbuhan ayam kalkun. Banyak faktor yang mempengaruhi ayam kalkun agar cepat besar namun, dalam memberikan pakaan kalkun harus seimbang.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam pemberian pakan, peternak harus memperhatikan kandunagan pakan, jenis pakan, bentuk pakan dan kondisi pakan kalkun.

Memberikan makan sesuai dengan kondisi dan usia kalkun. Karena jenis dan umur ayam kalkun menu makannya akan berbeda karena kemampuan untuk mencerna makanan dan kemampuan lambung untuk menampung makanan pun berbeda.

Hal yang perama biasanya umur yang berbeda-beda membutuhkan nutrisi dan gizi yang berbeda juga biasanya di toko-toko penjual macam unggas telah disediakan berbagai jenis pakan ayam disesuaikan dengan umur dengan kode BR1, BR2, dan lainnya dan dalam komposisi pembuatan pakannya pun memiliki komposisi yang berbeda.

Untuk ayam kalkun yang baru berumur 1-2 minggu makanan yang diberikan full pabrikan yang dicampur pakai sedikit air agar lembek dan mudah dicerna. Sedangkan untuk ayam kalku dewasa kita bisa berikan pakan yang kita dapatkan dari sawah atau sisa rumah makan atau tempat usaha catring. Selain itu kita juga bisa menggunakan pakan dari dedak yang dicampur dengan keong maupun ikan-ikan kecil.

Atur jadwal dalam memberikan pakan dan berikan pakan secukupnya saja agar tidak ada sisa pakan yang akan menimbulkan penyakit jika malas dalam membersihkannya. Dalam memberikan pakan harus menyesuaikan posisi ajam kalkun sesuai dengan umurnya agar terbagi rata.

Hindari memberi makan banyak kalkun dengan memaiaki satu tempat saja, melainkan harus memaiak banyak tempat. Taruh set tempat minum jauh dari tempat makan untuk tetap bersih dan menghindari tercampurnya amakanan denagn minuman.

Step by Step Ternak Ayam Kalkun

ternak ayam kalkun
cacklehatchery.com

Dalam proses membudidayakan ayam kalkun, kita juga harus bisa merawatnya dengan benar, supaya tidak ada kejadian yang tidak kita inginkan yang menimbukan kita yang sedang menggeluti dunia bisnis dalam membudidaya ayam kalkun menjadi rugi.

Perawatan Awal (Basic care)

Perawatan dasar ialah perawatan yang dilakukan untuk anak ayam kalkun yang baru berumur 0 hari – 2,5 bulan. Dalam merawatnya ada beberapa cara yang harus lakukan yaitu memasang lampu di dalam kandang yang gunanya untuk menimbulkan hawa panas sehingga anakan kalkun merasakan kehangatan.

Ayam yang usianya kurang dari 1,5 bulan memerlukan suhu biasanya di atas 30-45 derajat Celcius dengan maksud agar anak ayam mendapatkan suhu hangat seperti saat ia diinkubasi induknya. Proses pemberian makan atau Feeding juga harus diperhatikan, pada usia 0-20 hari ayam harus dikasih pakan khusus atau biasa disebut-BR 1 dengan kandungan nutrisi yang sudah diatur sedemikian rupa.

Di usia Lebih dari 20 hari, anakan ayam kalkun bisa makan nasi yang dicampur dengan dedak atau BR-1  dengan diberikan air panas dan diberi potongan sayur atau mustard, kemudian diaduk seperti adonan. Pastikan juga anak-anak ayam di kandang tidak tergganggu oleh hewan pemangsa seperti tikus, kucing dll.

Perawatan Menengah (Medium Care)

Perawatan menengah adalah perawatan anakan ayam kalkun ynng usianya lebih dari 1,5-6 bulan. Anakan ayam kalkun sudah memasuki fsikologis masa remaja sehingga ajak terlihat perbedaan gender. lebih fokus dalam menyiapkan kandang yang lebih luas agar ayam kalkun dapat bebas bergerak dan sudah tidak membutuhkan lampu penghangat suhu lagi.

Pada usia ini, ayam kalkun sudah bisa dilepas atau diumbar diluar kandang dengan sayarat harus hati-hati terhadap keberadaan barang misal, silet, peniti, dan plastik-plastik kecil yang berserakan di sekitar kalkun karena dikhawatirkan akan dimakan oleh kalkun.

Dalam proses pemberian pakan juga harus tetap diperhatikan, ketentuannya sudah diuraikan diatas pada subhiding Pakan Kalkun Agar Cepat Besar.

Perawatan Lanjut (advanced care)

Jika usia kalkun sudah lebih dari 6 bulan, jenis kelamin ayam kalkun antara jantan dan betina sudah nampak jelas dan libido seksualnya pun sudah muncul. Di dalam masa ini pisahkan ayam kalkun  jantan dengan pejantan lainnya untuk menghindari adanya perkelahian antara ayam kalkun.

Ketika ayam kalkun betina terlihat merunduk maka kalkun betina sudah siap dikawini dan akan bertelur. Di usia inilah ayam kalkun mulai masanya reproduksi. Di usia 8 bulan lebih, normal berat ayam kalkun mencapai 7-8 Kg ketika faktor gijinya seimbang.

Jenis Kalkun

Untuk jenis-jenis ayam kalkun banyak jenisnya, akan tetapi untuk di Indonesia sendiri cuma 8 jenis yang sudah terkenal dan jenis-jenis yang lainnya tidak ada di Indonesia dan pemasarannya pun masih terbilang mahal. berikut 8 jenis ayam kalkun yang sudah terkenal di Indonesia:

 

COPY CODE SNIPPET

Tinggalkan komentar