√36 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

TEMPAT WISATA DI BANDUNG – Indonesia sangat terkenal karena beberapa faktor, salah satu faktor Indonesia terkenal sampai mancanegara adalah obyek wisata. Salah satunya adalah tempat wisata di Bandung.

Bandung merupakan kota yang sangat terkenal. Salah satu yang menjadikan terkenal adalah obyek wisatanya. Banyak sekali tempat wisata di Bandung yang sudah terkenal dengan kualitasnya. Lantas apa saja tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi? Berikut ibnuasmara.com sajikan ulasan 36 daftar tempat wisata di Bandung secara lengkap :

1. Gunung Tangkuban Perahu

tempat wisata di bandung
bintangpratamatour.com

Apabila anda berkunjung di wilayah Lembang, Bandung, sangat disayangkan apabila tidak mampir ke obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu terletak di Cikole, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Dari pusat kota Bandung hanya berjarak kurang lebih 30 km. Selain  dari Bandung, Gunung Tangkuban Perahu Juga bisa diakses melalui Subang yang jaraknya juga sekitar 30 km.

Tempat wisata di Bandung ini sangat menarik untuk dikunjungi dan tentu saja karena berupa area pegunungan maka hawanya juga sangat sejuk. Fasilitas di tempat wisata ini juga cukup mumpuni seperti tempat wisata pada umumnya. Akses untuk mencapainya juga tidak terlalu rumit.

Gunung Tangkuban Perahu memiliki bentuk yang unik yaitu bagaikan perahu yang terbalik. Tidak heran gunung ini dinamakan Gunung Tangkuban Perahu. Apabila dalam cerita masa lalu terdapat cerita Sangkuriang yang menendang perahu karena kecewa dengan wanita (ibunya) yang hendak dinikahi.

Memiliki hawa yang sejuk merupakan salah satu keunikan gunung ini yaitu mencapai 2 derajat Celsius. Di tempat wisata ini juga terdapat banyak pedagang suvenir khas.

Harga tiket masuk Gunung Tangkuban Perahu juga tidak terlalu mahal apabila dibanding dengan apa yang kita dapat. Yaitu 20.000 rupiah untuk wisatawan lokal dan 200.000 rupiah untuk wisatawan asing (pada hari kerja). Sedangkan untuk hari libur yaitu 30.000 rupiah untuk wisatawan lokal dan 300.000 rupiah untuk wisatawan asing.

2. Trans Studio Bandung

Tempat wisata di bandung

Trans Studio Bandung merupakan wahana indor terbesar di Indonesia. Anda akan mendapatkan sensasi yang tidak biasanya. Tempat wisata di Bandung ini terintegrasi dengan Hotel dan Trans Studio Mall. Banyak sekali wahana yang di tawarkan di Trans Studio Bandung. Tempat wisata ini memang sangat cocok untuk berlibur keluarga.

Terdapat lebih dari 23 wahana di Trans Studio Bandung per tahun 2016. Diantara 23 wahana tersebut,  yang paling populer adalah Giant Swing Trans Studio Bandung, Yamaha Racing Coaster, Jelajah Trans Studio Bandung,  dan Arena Teater. Walaupun wahana tersebut yang paling populer, bukan berarti wahana lainnya tidak menarik karena setiap wahana memiliki keunikan tersendiri.

Untuk biaya tiket masuk, Trans Studio memiliki tarif  yang berbeda pada hari tertentu, untuk hari Senin hingga Kamis adalah 180.000 , untuk Jumat adalah 200.000, dan untuk Sabtu-Minggu atau hari libur adalah 280.000 rupiah.

Jam operasional tempat wisata ini adalah Senin – Jumat dibuka pukul 10:00 – 19:00, Sabtu dan Minggu maupun libur pukul 09:000 – 21:00. Trans Studio Bandung memiliki lebih dari 20 wahana yang pastinya sangat bagus dan terjamin keamanannya. Selain wahana Trans Studio juga selalu memberi pertunjukan atraksi yang berbeda setiap harinya.

3. Kawah Putih Bandung Selatan

tempat wisata di bandung
anekatempatwisata.com

Kawah Putih merupakan sebuah kawah yang terbentuk setelah letusan Gunung Patuha. Dinamakan kawah putih karena memiliki tanah yang berwarna putih dan warna kawahnya juga putih, warna putih dihasilkan oleh unsur belerang. Kawah putih merupakan satu-satunya tempat wisata di Bandung yang dapat berubah warna karena kadar belerang, suhu dan cuaca.

Tempat wisata ini terletak pada ketinggian 2.400 mdpl, tak heran suhu udara di tempat ini sangat dingin yaitu berkisar 8 hingga 22 derajat Celcius. Untuk alamatnya Kawah Putih terletak di Cidiwey, Jawa Barat tepatnya jalan Soreang Cidiwey kurang lebih 50 km dari kota Bandung. Lokasi kawah putih juga tidak jauh dari tempat wisata Situ Patenggang.

Tempat ini memiliki keindahan romantis dan pesona yang luar biasa. Tidak heran banyak sekali yang menjadikan kawah putih sebagai tempat fotografi, prewedding, syuting film, melukis, dan berbagai kegiatan mengagumkan lainnya. Tidak hanya keromantisan, bahkan tempat wisata ini juga merupakan spot olahraga hiking dan berkuda.

Untuk tiket masuk tergolong sangat murah yaitu hanya 17.000 rupiah untuk wisatawan domestik dan 50.000 rupiah untuk turis asing.

4. Museum Geologi Bandung

tempat wisata di bandung
dadan0793.wordpress.com

Tempat wisata di Bandung yang satu ini tidak hanya memberikan pengalaman menyenangkan dan sarana refreshing, namun juga memberi ilmu pengetahuan. Museum Geologi Bandung merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan terutama kalangan terpelajar dan berpendidikan.

Museum Geologi Bandung sangat cocok untuk tujuan wisata sekaligus menambah ilmu tentang masa bersejarah. Banyak peninggalan bersejarah dari leluhur, peninggalan nasional, bahkan peninggalan berupa fosil, batuan, dan mineral.

Berada tidak jauh dari icon Kota Bandung yaitu gedung sate menjadikan tempat ini mudah dikunjungi. Alamat detailnya adalah Jalan Diponegoro No. 57 Bandung (pusat Kota Bandung).

Tiket masuk Museum Geologi Bandung juga tergolong murah yaitu hanya 2.000 untuk pelajar, 3.000 untuk umum, dan 10.000 untuk wisatawan asing. Museum Geologi hanya tutup pada hari Jumat dan libur nasional.

5. Curug Maribaya

tempat wisata di bandung

CurugMaribaya terletak di Kampung Cikondang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Letak Curug Maribaya sendiri berada dalam kawasan Taman Wisata Maribaya.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, memiliki 2 sumber aliran sungai Bandung Barat yaitu Ciwakari dan Sungai Cigulung. Air curug akan terlihat sangat jernih ketika musim kemarau. Hempasan air dari atas curug akan membawa sensasi sejuk terlebih ketika terdapat angin yang menghembus kepada air terjun.

Harga untuk menikmati tempat wisata di Bandung ini hanyalah 35.000 rupiah/orang. Jam operasi Curug Maribaya adalah mulai pukul 08:00 – 22:00 WIB.

6. Gedung Sate Bandung

tempat wisata di bandung
traveltodayindonesia.com

Siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata di Bandung yang menjadi ikon Bandung? Ya benar sekali, Gedung Sate. Obyek wisata di Bandung ini merupakan bangunan bersejarah dan menjadi ikon kota Bandung.

Wisatawan dapat menikmati wisata edukasi dengan adanya obyek wisata Gedung Sate. Sejumlah alat peraga menggunakan teknologi paling baru. Museum ini dibangun dengan konsep modern dan tradisional, terdiri dari 3 bagian yaitu ari pembuka, area utama, dan wahana bermain.

Museum Gedung Sate yang diresmikan 8 Desember 2017 ini buka setiap hari kecuali hari senin. Jam operasionalnya yaitu pukul 09.30 – 16.00 WIB, mulai Januari 2018 setiap orang akan dikenakan 5.000 rupiah untuk mengunjunginya.

7. Situ Patenggang Bandung

tempat wisata di bandung
blog.airpaz.com

Situ Patenggang merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi, terletak tidak jauh dari tempat wisata populer lainnya itu Kawah Putih. Obyek wisata Situ Patenggang terletak di daerah Bandung selatan, berjarak kira-kira 5 km dari Kawah Putih.

Lokasi Situ Patenggang  juga dikelilingi perkebunan teh yang tentunya menjadi salah satu daya tarik Situ Patenggang. Di tengah Situ Patenggang terdapat sebuah pulau, dan tentunya kehadiran pulau dan Situ Patenggang tidak lepas dari sebuah legenda.

Untuk tiket masuk Situ Patenggang hanya dikenakan tarif 18.000 rupiah. Fasilitas di tempat wisata ini juga cukup memadai, bahkan terdapat vila apabila wisatawan ingin menginap.

8. Wisata Bandung Ranca Upas

tempat wisata di bandung

Kmapung Cai Ranca Upas atau yang sering dikenal dengan Ranca Upas merupakan tempat wisata yang sangat indah. Ranca Upas merupakan bumi perkemahan dan dan tempat berbagai macam kegiatan lainnya.

Fasilitas Ranca Upas juga sangat beragam mulai dari kolam renang air hangat, ATV, Penangkaran Ranca Upas, Fun Games, dan masih banyak lainnya. Rancah Upas sendiri terletak di atas ketinggian 1700 mdpl, beralamat di Jalan Ciwidey – Patengan Km. 11, Rancabali Ciwidey, Patenan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Untuk menikmati Ranca Upas dikenakan tiket masuk sebesar 10.000/orang, kendaraan roda dua 2.000, roda 4 5.000, dan roda 6 alias bus 20.000 rupiah.

9. Museum Konferensi Asia Afrika

tempat wisata di bandung
raunraunsenyo.blogspot.co.id

Museum bersejarah ini terletak di alamat Jalan Asia Afrika nomor 65 Bandung, Jawa Barat. Berada di pusat Bandung mengakibatkan sangat mudah untuk mengakses tempat bersejarah ini.

Wisata edukasi ini menyuguhkan berbagai koleksi berharga berupa dokumen rahasia, foto-foto dokumentasi peristiwa Pertemuan Tugu, Konferensi Bogor, Konferensi Kolombo, dan juga KAA. Wisatawan juga akan lebih mengetahui tentang sejarah masa lalu, terlebih dalam ruang perpustakaan museum ini. Untuk menikmati tempat wisata edukatif ini pengunjung hanyaperlu membayar 0 rupiah alias gratis.

10. Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda

tempat wisata di bandung
jejakpiknik.com

Tahura Juanda terletak di Dago Pakar Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kota Bandung. Lokasi yang strategis serta banyaknya cafe di kawasan wisata Dago menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Bagi wisatawan yang ingin menginap juga terdapat banyak wisma atau penginapan. Sarana olahraga di taman ini juga mumpuni yaitu terdapat trek joging dan juga trek sepeda. Taman Hutan Raya Ir. Djuanda merupakan kawasan konservasi yang memadukan hutan tanaman dengan alam sekunder. Terdapat juga sebuah Goa peninggalan kolonial Belanda.

Tiket masuk Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda hanya 12.000rupaih untuk wisatawan lokal dan 76.000 rupiah untuk wisatawan asing. Parkir untuk motor Rp. 2000, mobil Rp. 5.000, dan bus Rp. 15.000.

11. Masjid Raya Bandung

tempat wisata di bandung
jejakpiknik.com

Masjid Raya Bandung terletak di pusat kota yaitu berada di bagian barat alun-alun kota Bandung di ruas jalan Asia – Afrika. Letak yang sangat strategis memudahkan wisatawan untuk mengunjungi masjid ini.

Selain menjadi tempat ibadah umat muslim, Masjid Raya Bandung juga merupakan tempat bersejarah sekaligus sebagai obyek wisata. Salah satu daya tariknya adalah sebuah menara yang menjulang tinggi dan besar, tentu saja dengan menaiki menara tersebut pengunjung akan melihat keindahan 360 derajat kota Bandung. Selain itu masjid ini memiliki sejarah peradaban yang sangat panjang sejak didirikan tahun 1812.

Untuk biaya masuk tidak ada pungutan sama sekali hanya terdapat kotak infaq yang tentunya seikhlasnya. Namun untuk menaiki menara dan merasakan keindahan kota Bandung maka dikenakan biaya 7.000 rupiah antuk dewasa dan 5.000 rupiah untuk anak-anak. Masjid ini beroperasi 24 jam.

12. Curug Cimahi Tempat Wisata Di Bandung

tempat wisata di bandung
hargatiketmasuk.info

Obyek wisata Curug Cimahi beralamat di Jalan Kolonel Matsuri No. 325, Kertawangi, Cisarua, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tempat wisata di Bandung yang satu ini memiliki konsep air terjun baru ala Amerika yaitu Rainbow Waterfall yang tentunya memiliki pemandangan warna warni seperti pelangi. Bagi Anda yang memiliki jiwa seni fotografi akan sangat baik apabila mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Terlebih telah disediakan tempat untuk menyaksikan keindahan air terjun dari atas.

Untuk dapat menyaksikan keindahan obyek wisata di Bandung yang satu ini tentunya pengunjung dikenakan tarif tiket masuk. Tiket masuk Curug Cimahi alah Rp. 15.000 dengan tambahan biaya parkir sepeda motor Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5.000. Waktu operasionalnya adalah setiap hari pukul 07:00 – 20:00 WIB.

13. Wisata Stone Garden Bandung

tempat wisata di bandung
anekatujuanwisata.com

Obyek wisata Stone Garden Citatah beralamat di Citatah,  Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Usai taman batu ini diperkirakan lebih dari 27 juta tahun dan jugapernah ditemukan fosil binatang koral.

Pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dan juga pemandangan batu kaupur yang menjadi ikon tempat wisata ini. Fasilitas yang disediakan juga saat memadai dan juga terdapat banyak pedagang makanan dan asesoris.

Untuk memasuki Stone Garden Padalarang ini hanya dikenakan tarif Rp. 3.000 (Langsung masuk melalui pintu utama. Dan Rp. 6.000 (Pintu masuk melewati Goa Pawon).

14. Upside Down World Bandung

tempat wisata di bandung
wisatabandung.net

Tempat wisata di Bandung yang satu ini beralamat di Jl. H. Wasid No. 31, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Keunikan Upside Down World Bandung sesuai dengan namanya, seluruh tata ruang di tempat ini dipasang terbalik. Jadi ketika mengambil foto ,maupun video, pengunjung akan terlihat menempel pada langit-langit ruangan.

Tiket masuk Upside Down World Bandung adalah Rp. 100.000 untuk orang dewasa dan Rp. 50.000 untuk anak memiliki tinggi di bawah 120 cm.

15. Taman Lansia Bandung

tempat wisata di bandung
segalainfo.com

Taman Lansia Bandung juga sering disebut dengan Taman Cisangkuy berada di Jalan Cisangkuy serta Cilaki. Disebut Taman Lansia karena banyak juga lansia yang datang kemari untuk memanfaatkan jalan setapak dengan titik refleksi kaki.

Taman ini bersebelahan dengan Gedung Sate dan memiliki dua danau yang akhirnya menjadi daya tarik tersendiri untuk taman ini. Tempat wisata Taman Lansia juga sering dipadati pengunjung yang hanya sekedar ingin menghirup udara segar sekaligus bersantai maupun yang ingin berolahraga.

Taman Lansia masih sangat asri dengan rimbunan pepohonan yang hijau dan menyejukkan mata. Tersedia juga bangku dan meja yang rapi untuk menikmati keindahan dan kesejukan taman ini.

16. Taman Pasupati Bandung Jawa Barat

tempat wisata di bandung
kompaswisata.com

Taman Pasupati atau yang sering disebut juga dengan istilah Taman Jomblo. Istilah jomblo disebabkan oleh bangku-bangku taman berbentuk kubus yang hanya dapat ditempati seorang diri. Namun bukan berarti tidak ada bangku yang dapat diduduki beramai-ramai.

Taman Pasupati terletak di bawah jembatan layang Pasupati, Kota Bandung. Tempat ini sangat benak dikunjungi pemuda pemudi untuk unting foto karena merupakan spot sangat baik untuk fotografi. Pada waktu tertentu juga terdapat komunitas fotografer yang menjadikan Taman Pasupati sebagai latar belakang objek foto model.

Untuk menikmati keunikan dan keindahan Taman Pasupati anda tidak dikenakan tarif biaya sepeserpun alias gratis. Hanya saja pengunjung harus menjaga keunikan dan kebersihan taman ini agar selalu nikmat untuk dikunjungi.

17. Wisata Sejarah Museum Sri Baduga

tempat wisata di bandung
sky-adventure.com

Museum yang berada di alamat Jl. BKR No. 185, Pelindung Hewan, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat ini sudah berdiri sejak tahun 1974. Saat itu masih menggunakan bangunan lawas, dan pada tahun 1980 museum ini diresmikan.

Museum Sri Badunga memiliki banyak sekali koleksi, lebih dari 6000 koleksi yang dibagi menjadi 10 kelompok dipamerkan di sini. 10 kelompok koleksi tersebut antara lain koleksi Geologi, Etnografika, Arkeologi, Biologi, Sejarah, Numismatika, Heraldika, Keramikologika, Filologika, Seni Rupa, dan Teknologika. Koleksi-koleksi tersebut dipamerkan di 3 lantai bangunan Museum Sri Baduga.

Tempat wisata edukatif di Bandung ini sangat cocok dikunjungi keluarga serta memiliki tarif tiket yang murah meriah. Untuk menyaksikan berbagai koleksi hanya dikenakan tarif tiket Rp. 2.000 untuk anak-anak hingga SMP, dan Rp. 3.000 untuk dewasa, mahasiswa, maupun pelajar SMA.

18. Parahyangan Tempat Wisata Di Bandung

tempat wisata di bandung
plazaparahyangan.com

Parahyangan atau yang sering disebut Kota Baru Parahyangan merupakan tempat wisata di Padalarang, Wilayah Bandung Barat, Jawa Barat.

Tempat wisata di Bandung yang satu ini merupakan wisata terpadu yang mampu menarik perhatian dan wisatawan dari berbagai macam daerah. Di Parahyangan terdapat tempat wisata berupa Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan yang sangat terkenal.

Parahyangan sendiri merupakan sebuah kota baru yang dikembangkan oleh PT Lyman Property (Lyman Group). Banyak sekali tempat wisata yang berada di Parahyangan dan berada di dekat Parahyangan. Tidak heran Parahyangan menjadi sangat ramai dikunjungi wisatawan.

19. Villa Isola Di Bandung

tempat wisata di bandung
dualapanjuli.blogspot.co.id

VillaIsola  terletak di Jalan Setiabudi, Dago, Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Mulai beroperasi pukul 08:00 hingga 18:00 WIB dan tentunya gratis.

Vila Isola merupakan bangunan bekas Kolonial Belanda yang sangat tua. Walaupun peninggalan Belanda, namun vila ini masih terawat hingga saat ini. VillaIsola merupakan tempat wisata yang memiliki berbagai kisah misteri. Selain berbagai kisah misteri dan sejarah yang sangat panjang, vila ini sangat bagus digunakan sebagai backgroundview foto.

20. Gunung Manglayang Bandung

tempat wisata di bandung
infobdg.com

Gunung Manglayang merupakan gunung kecil yang berada di kawasan Kabupaten Bandung dan Sumedang. Lebih tepatnya berada di dekat Kampus Unpad Jatinangor.

Gunung ini memang belum begitu terkenal, hal itulah yang menjadi salah satu daya tarik. Wisata gunung Manglayang tentunya masih sangat alami karena belum banyak yang mengetahui dan pastinya belum banyak yang mengunjungi. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.818 mdpl yang tentunya sangat cocok untuk latin mendaki pemula.

21. Taman Cempaka Bandung

tempat wisata di bandung
airfotonetwork.net

Taman Cempaka Bandung terletak di jalan Kemuning No. 4, Sumur Bandung, Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat. Untuk mengunjunginya adalah gratis 24 jam non – stop.

Nama lain dari Taman Cempaka adalah Taman Fotografi, memang taman ini sangat mendukung pengunjungnya yang hobi fotografi. Tempat wisata edukasi tematik ini termasuk dalam 600 area hijau yang didukung revitalisasi di Bandung. Selain itu juga termasuk dalam daftar 30 area hijau dengan konsep tematik. Terdapat juga area bermain untuk anak-anak yaitu d area Children Playground.

Taman Cempaka memang mengedepankan konsep fotografi yang memang diberikan pemerintah Bandung kepada penggemar fotografi.  Taman ini juga didukung fasilitas yang memadai dan juga tentunya sudah ada jaringan wifi gratis. Tidak heran taman ini selalu ramai dan menarik untuk dikunjungi.

22. Kebun Binatang Bandung

tempat wisata di bandung
ksmtour.com

Tempat wisata di Bandung yang satu ini berada di Jalan Kebun Binatang No. 6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.  Dibangun di atas area seluas 14 hektar tentu saja menjadikan tempat wisata ini mampu menampung ribuan pengunjung.

Kebun Binatang Bandung memiliki banyak sekali koleksi satwa yang dilindungi. Suasana dalam kebun binatang juga tidaklah panas karena terdapat banyak pepohonan rindang di dalamnya. Apabila telah lelah mengelilingi kebun binatang ini, pengunjung juga dapat beristirahat dan menggelar tikar di bawah pohon. Di kebun binatang ini juga disediakan penyewaan tikar sehingga anda tidak perlu membawa tikar dari rumah apabila takut repot.

Untuk memasuki dan melihat berbagai koleksi satwa serta merasakan keindahan kebun binatang ini pengunjung dikenakan tarif antuk membeli tiket. Untuk dewasa dikenakan tarif Rp. 20.000, anak-anak di atas 3 tahun Rp. 15.000, dan GRATIS untuk anak di bawah 3 tahun.

23. Monumen Bandung Lautan Api

tempat wisata di bandung
flickr.com

Monumen Bandung Lautan Api berada di Desa Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara.

Tinggi Monumen Bandung Lautan Api adalah 45 meter dan memiliki sisi sebanyak 9 bidang. Monumen Bandung Lautan Api didirikan untuk mengenang sejarah peristiwa Bandung Lautan Api. Peristiwa Bandung Lautan Api merupakan pembumi hanguskan Bandung yang dipimpin Muhammad Toha yang merupakan sejarah pada Maret 1946. Selain itu tempat ini tentunya juga merupakan spot foto yang baik.

Fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini juga cukup memadai. Untuk menuju lokasi juga bukanlah hal sulit karena memiliki akses jalan yang mudah.

24. Museum 3D Bandung

tempat wisata di bandung
photo.sindonews.com

Perlu anda ketahui bahwa Museum 3D Bandung ini merupakan museum 3D terbesar di Indonesia. Tentunya sangat disayangkan apabila berada di Bandung nan tidak mengunjungi tempat ini. Lokasi tempat wisata ini adalah Jl. Setiabudi No. 293, Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Tempat ini juga sering disebut Amazing Art World, dan tentunya memang koleksi yang ditampilkan luar biasa.  Terdapat banyak konsep yang dihadirkan tempat ini, antara lain History Zone, Aqua Zone, Dinosaurus Zone, Artistic Zone, dan masih banyak lagi.

Untuk menikmati berbagai macam lukisan karya 3 Dimensi dalam museum ini hanya perlu membeli tiket seharga 75.000 rupiah untuk umum, 60.000 rupiah untuk pelajar, dan gratis untuk anak-anak 4th ke bawah. Namun pada hari libur tarif tiket naik 20.000 rupiah.

25. Wisata Museum Wangsit Mandala Siliwangi

tempat wisata di bandung
myeatandtravelstory.wordpress.com

Museum bersejarah ini terletak di jalan Lembong No. 38, Jalan Braga Bandung, Kecamatan Sumur, Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata edukasi ini menampilkan berbagai sejarah dan juga perjalanan perjuangan bangsa Indonesia.

Bangunan ini sebenarnya bekas markas dan kediaman perwira tinggi Belanda yang akhirnya direbut Indonesia dan pada 1949 dijadikan markas Divisi Siliwangi hingga 1950. Dan mulai dijadikan museum pada 23 Mei 1966 yang diresmikan Panglima Divisi Siliwangi ke-8 yaitu Kolonel Ibrahim Adjie.

Untuk melihat berbagai macam koleksi bersejarah di museum ini pengunjung diharuskan mengisi buku tamu. Biaya tiket masuknya adalah 0 rupiah alias gratis. Namun apabila pengunjung hendak membantu biaya perawatan dan operasional. Pengunjung diperbolehkan menyumbang Rp. 10.000 yang berarti pengunjung ikut menjaga museum ini.

26. Wot Batu Wisata Di Bandung

tempat wisata di bandung
sikucingmanis.wordpress.com

Tempat wisata di Bandung yang satu ini berada di alamat Jl. Bukit Pakar Timur No. 98, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Untuk menikmati keindahan tempat wisata ini pengunjung dikenai tarif tiket masuk sebesar 50.000 rupiah.

Wot Batu diresmikan pada tahun 2015 oleh Mendikbud Anies Baswedan. Banyak sekali karya artistik Sunaryo yang merupakan seniman Indonesia. Karya seni yang ada pada Wot Batu adalah dalam media batu.

Selain berbagai karya mengagumkan yang di media melalui batu, terdapat berbagai spot menarik lainnya. Ada sebuah batu yang sangat populer yaitu batu merenung yang merupakan 2 batu saling bersebelahan namun sangat syahdu digunakan untuk merenung. Ada juga lorong yang dikelilingi tembok tinggi.

27. Stadion Siliwangi Bandung

tempat wisata di bandung
id.wikipedia.org

Stadion Siliwangi identik dengan klub sepak bola PERSIB, sebenarnya stadion ini milik Kodam III/Siliwangi bukan milik Pemprov Jawa Barat maupun Pemkot Bandung. Alamat Stadion Siliwangi di Jalan Lombok Bandung yang memang merupakan tempat pembinaan jasmani anggota Kodam III/Siliwangi.

Stadion ini juga sering dijadikan kandang bermain tim sepak bola dari Bandung. Kapasitas penonton dalam stadion ini jugacikup banyak yaitu sebanyak lebih dari 36.700 penonton.

28. Taman Gesit Tempat Wisata Di Bandung

tempat wisata di bandung
chirpstory.com

Wisata Taman Gesit berada di alamat Jalan Dipatiukur, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat dan tidak jauh dari Universitas Padjajaran lama.

Taman tematik ini memiliki konsep Green (hijau) Ana Active (aktif), tidak heran selain tanaman hijau tempat ini juga mendukung berbagai aktivitas aktif. Terdapat kawasan Incline Board, Monkey Bar, dan Spider Web. Taman ini memang ditujukan untuk mereka yang senang beraktifitas.

Taman ini juga memiliki fasilitas yang sangat baik, terdapat patung warna-warni, rak buku, Free Wifi, Active Area dan  masih banyak lagi. Walaupun memiliki fasilitas sangat memadai, Taman Gesit tidak memberlakukan tiket masuk karena merupakan tempat publik.

29. Puspa IPTEK Sundial Bandung

tempat wisata di bandung
eduvacation.net

Tempat wisata di Bandung ini terletak di Jl. Parahyangan, Pandalarang, Bandung, Jawa Barat. Puspa IPTEK diresmikan 11 Mei 2012 dan memiliki lebih dari 180  alat peraga sains.

Alat peraga sains tentunya menjadi daya tarik utama tempat wisata di Bandung ini. Beberapa di antaranya adalah Baterai Tangan, Air Menari, Lonceng elektron, Sumur Gravitasi, Mesin Uap, Lengkungan Kokoh, dan masih banyak lainnya. Tentunya pengunjung juga dapat merasakan menggunakan alat peraga yang tersedia dan juga mendapat penjelasan.

Untuk menikmati tempat wisata edukasi di Bandung ini pengunjung hanya dikenakan tarif 12.000 rupiah. Selain itu terdapat juga pertunjukan film 4 Dimensi yang mengharuskan pengunjung membayar 24.000 rupiah.

30. Stadion Si Jalak Harupat

tempat wisata di bandung
ayobandung.com

Stadion Si Jalak Harupat berlokasi di Desa Kopo dan Cibodaas, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Si Jalak Harupat sendiri merupakan julukan untuk pahlawan nasional yaitu Otto Iskandardinata.

Si jalak harupat pernah dijadikan homebase untuk klub sepak bola dari Bandung yaitu Persikab Bandung dan PERSIB selain di Stadion Siliwangi. Kapasitas Stadion ini mampu menampung lebih dari 45.000 penonton. Stadion ini diresmikan oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia pada tanggal 26 April 2005 yaitu Agum Gumelar.

Stadion ini tidak hanya digunakan untuk pertandingan sepak bola, stadion ini juga memiliki trek untuk atletik sebanyak 8 lintasan.

31. Wisata Bandung Museum Zoologi 

tempat wisata di bandung
daftartempat.com

Ketika anda berada di Bandung sangat disayangkan apabila tidak mampir di Museum Zoologi. Museum ini terletak di Jl. Kebun Binatang No. 6, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.  Sesuai dengan namanya museum ini memamerkan hewan yang telah diawetkan. Banyak juga binatang yang jarang dimiliki kebun binatang.

Koleksi yang terdapat di museum ini pada awalnya merupakan sebagian besar satwa asli Indonesia. Namun bukan berarti tidak ada satwa dari luar negeri, banyak juga satwa dari berbagai negara dunia.

32. Alun-alun Bandung

tempat wisata di bandung
beritabandung.com

Alun-alun Bandung ini diresmikan oleh Walikota Bandung Bapak Ridwan Kamil pada 31 Desember 2014. Terletak di jalan Asia- Afrika, Jalan Alun-alun Timur, dan Jalan Dalem Kaum.

Uniknya, Alun-alun Bandung ini memiliki bentuk yang berbeda dengan alun-alun pada umumnya. Memiliki daya tarik juga berupa karpet rumput sintetis. Memiliki tempat bermain untuk anak, taman-taman kecil, dan juga halte yang unik. Berada di depan Masjid Raya Bandung menjadikan alun-alun ini sangat instagramable untuk berfoto.

33. Gunung Papandayan Bandung

tempat wisata di bandung
jelajahgarut.com

Taman wisata alam Gunung Papandayan terletak di Desa Sirnajaya dan Kramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Tempat wisata ini memiliki ketinggian sekitar 2.666 mdpl. Salah satu keunikan Gunung Papandayan adalah terdapat hamparan Bunga Edelweiss yang sangat indah. Selain itu Gunung Papandayan juga memiliki ayat arik lain antara lain, hutan mati, area berkemah, spotsunset, 14 kawah, dan masih banyak keindahan mengagumkan lainnya.

Untuk menikmati keindahan alam Gunung Papandayan pengunjung dikenakan taf tiket masuk sebesar Rp. 30.000/orang. Walaupun tempat wisata alam yang murah, Gunung Papandayan telah didukung fasilitas yang sangat memadai namun sama sekali tidak mengurangi kealamiannya.

34. Museum Barli Wisata Bandung

tempat wisata di bandung
info.pikiran-rakyat.com

Museum Barli terletak di Jalan. Prof. Ir. Sutami No. 91, Sukasari, Sukarasa, Kota Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata ini sangat strategis dan mudah dijangkau karena berada di pusat kota, selain itu berdekatan dengan objek wisata lainnya.

Apabila dahulu museum selalu identik dengan bangunan lawas dan kuno, hal ini sangat berbeda apabila mengunjungi Museum Barli. Koleksi Museum Barli bukan hanya sekedar galeri lukis dan mainan jadul. Terdapat juga sebuah Cafe Museum Barli yang tentunya sangat cocok untuk berkumpul dan istirahat sejenak.

Untuk melihat koleksi dan keunikan Museum Barli, hanya terdapat biaya masuk Rp. 10.000 untuk pelajar dan Rp. 15.000 untuk dewasa. Museum Barli beroperasi setiap hari mulai pukul 07:00 – 22:00 WIB.

35. Pesona Nirwana Water Park Bandung

tempat wisata di bandung
amikujira.blogspot.co.id

Nirwana Water Park berada di Kampung Legok Jeunjing, Desa Panyirapan, Kecamatan Soerang, Kabupaten Bandung. Berada tidak jauh dari kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung.

Water Park yang satu ini bukan sebatas tempat wisata taman air biasa, namun memiliki keunikan tersendiri. Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 400 meter persegi yang dikelilingi tebing tinggi. Walaupun berada di sekitar tebing yang tinggi, nan tempat wisata ini sangat aman. Pengelola juga sangat memperhatikan keamanan tempat ini dengan memasangkan sabuk pengaman di sekitarnya. Banyak wahana yang disajikan di Nirwana Water Park mulai dari Water Boom, Lazzy River, Rock Mountain, dan masih banyak lagi.

Tiket masuk tempat wisata ini hanyalah Rp. 40.000 di Hari Senin – Jumat, Rp. 50.000 Sabtu/Minggu/Libur dan Rp. 60.000 untuk hari raya.

36. Nuart Sculpture Park

tempat wisata di bndung
bluepackerid.com

Nuart Sculpture Park beralamat di Jalan Sutra Duta Kencana II/11, Bandung Jawa Barat. Merupakan tempat wisata berbasis artistik yang sangat terkenal.

Bagi anda yang memiliki jiwa seni atau sekedar menyukai karya seni, sangat dianjurkan mengunjungi tempat wisata di Bandung yang satu ini. Nuart Sculpture Park merupakan tempat berkumpulnya seniman, penikmat seni, kurator, bahkan hingga desainer hebat. Banyak sekali karya Nuarta sang seniman internasional asal Ali yang tentunya akan membuat pengunjungnya berdecak kagum.

Awalnya bagi pengunjung tidak dikenakan tarif sama sekali untuk menikmati karya seni di Nuart Sculpture Park. Namun mulai 5 September 2017 setiap pengunjung dikenakan biaya Rp. 50.000 yang tentunya sangat setimpal dengan apa yang pengunjung dapat.

Demikian 36 tempat wisata di Bandung yang tentunya memiliki keunikan masing-masing yang bisa ibnuasmara.com bagikan. Sangat di sayangkan apabila anda mengunjungi Bandung namun tidak mempir ke tempat wisatanya yang beragam. Semoga artikel ini membantu anda yang sedang mencari referensi tempat wisata di Bandung. Terima kasih.

Satu pemikiran pada “√36 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Tinggalkan komentar