Sejarah Morse, Penemu dan Cara Cepat menghafal Kode Morse

Sejarah Morse. Pertama kali Kode morse digunakan secara luas setelah teknologi telegrafi dan radio di akhir abad ke-19 berkembang pesat. Kode morse pada awal-awal penggunaannya dipakai untuk pengiriman pesan antara dua tempat yang jauh terpisah dengan menggunakan teknologi radio CW (constant wave) atau gelombang tetap sebelum ditemukannya komunikasi radio menggunakan suara.

Hal ini dikarenakan radio pada awal masanya masih pada penggunaan gelombang yang rendah, yang tidak mampu mengirim gelombang suara, namun dapat mengirimkan bunyi yang sederhana seperti bunyi panjang-pendek dari kode morse.

Pada tahun 1997 kode morse tidak lagi digunakan sebagai modul komunikasi resmi untuk Angkatan Laut internasional dan diganti dengan sebuah sistem GMDSS yang menggunakan satelit, bukan lagi gelombang radio, namun sampai detik ini kode morse masih aktif digunakan dalam berkomunikasi jarak jauh antar kapal laut atau menara darat internasional.

Sejarah Morse

Sejarah Morse
orari-sumsel-indonesia.blogspot.co.id

Sebelum telepon, telegraf, dan komputer ditemukan, manusia membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menyampaikan pesan sampai di tujuan. Samuel Morse, terkenal sebagai penemu sandi Morse dan pesawat telegraf yang terkenal, sandi yang terdiri dari titik dan garis. Dia juga merupakan seorang seniman yang terkenal dan seorang politikus.

Samuel Finley Breese Morse, itulah nama lengkap Morse. Dilahirkan pada 27 April 1791 di Charlestown, luar kota dari Boston, Massachusetts. Sejak berusia empat tahun, Morse sangat tertarik dengan seni menggambar.

Saat belajar di Yale College pun, Morse bukan siswa yang berbeda dengan yang lain, dan ketertarikannya timbul saat ikut dalami kuliah tentang perkembangan terbaru tentang kelistrikan, akan tetapi dia merasa lebih nyaman apabila menggambar potret-potret miniatur.

Pada saat Samuel Morse berada di Royal Academy di London, gurunya selalu memberikan support untuk mengikuti sebuah kontes seni lukis. Dia berhasil menjuarai medali emas. Akhirnya, Morse berhasil menemukan apa yang terbaik buat dirinya. Dia mulai menggambar foto-foto orang di Eropa.

Dia menikah Pada tahun 1818, dan memiliki dua orang putra dan seorang putri. Istrinya meninggal karena masalah jantung Pada tahun 1825. Morse bahkan tidak mengetahui apa yang sudah terjadi pada istrinya, dan kapan dia meninggal.

Morse dan keluarganya berlayar pulang dengan kapal bernama Sully Pada bulan Oktober 1832. Morse mendengar perbincangan tentang elektromagnet yang baru ditemukan, dan kemudian mucul dalam pikirannya konsep tentang telegaf elektrik.

Pada tahun 1835, dia berhasil menemukan model telegraf pertamanya, yang pertama dioperasikan di gedung Universitas New York. Pada tahun 1837, Morse mendapatkan dua orang partner yang membantunya dalam mengembangkan telegrafnya.

Mereka adalah Leonard Gale dan Alfred Vail, mereka membantu Morse dalam membuat model telegraf yang lebih baik. Dengan bantuan dari teman-teman barunya, Morse mengajukan paten untuk telegraf barunya pada tahun 1837, yang dijelaskannya termasuk sebuah sandi yang terdiri dari  garis dan titik untuk mewakili angka-angka dan sebuah kamus guna mengubah angka-angka tersebut menjadi kata-kata.

Dalam sebuah eksebisi tentang telegrafnya di New York Pada tahun 1838. Morse mentransmisikan sepuluh kata per menit. Dia menggunakan kamus angka-kata miliknya, dan menggunakan sandi titik-garis untuk menuliskan surat secara langsung.

Walaupun kelak akan ada perubahan secara detail, sandi Morse menjadi standar yang digunakan di seantero dunia. Pada tahun 1846, perusahaan-perusahaan swasta juga menggunakan paten Morse, telah membangun jaringan telegraf dari Washington, mencapai Buffalo dan Boston, dan bahkan dikembangkan lebih jauh lagi.

Penggunaan Kode Morse Untuk sipil

 Sejarah Morse
kampus-sipil.blogspot.co.id

Pada awal masa perkembangannya hingga pertengahan abad ke-20, kode morse yang dikirim menggunakan telepon adalah media komunikasi yang jangkauannya tercepat dan terluas, dan menjadi sarana utama untuk pengiriman berita di kantor-kantor pos seluruh dunia hingga saat telepon menjadi terkenal di masyarakat.

Namun sampai saat ini, radio amatir (radio non pemerintah, komersial maupun militer), termasuk juga ORARI Indonesia masih aktif dalam menggunakan kode morse baik untuk berkomunikasi ataupun berpartisipasi dalam kontes.

Kode morse juga masih tercatat dalam pedoman radio telepon Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), walaupun cuma digunakan dalam keadaan tertentu saja. Pelayaran sipil juga masih menggunakan kode morse guna komunikasi jarak jauh.

Sinyal yang paling banyak disepakati dan digunakan dalam Kode Morse adalah sinyal “SOS” (… — …), yaitu kode yang digunakan sebagai tanda ada bahaya yang telah disetujui oleh berbagai perjanjian maritim internasional, dan juga dibeberapa negara dan wilayah menggunakan tanda ini, jika digunakan di luar situasi gawat darurat dapat mengakibatkan kepada ancaman hukuman.

Kapal yang berada dalam situasi bahaya dapat mengirimkan tanda ini sebagai laporan sinyal darurat, baik dalam bentuk sinyal radio, peluit, lampu tanda, atau bendera.

Metode dan cara penggunaan Kode Morse

Dalam durasi pengiriman kode morse diukur dalam satuan Kata Per Menit (word per minute; disingkat WPM), dan berkisar diantara 8-50 WPM di dalam penggunaannya dengan secara umum melalui jaringan radio atau jaringan media lain.

Kode morse dalam kepramukaan

Kode morse juga dipelajari dan digunakan di dunia kepramukaan atau kepanduan. Di dalam dunia kepramukaan kode morse ini disampaikan menggunakan senter atau pluit pramuka.

Penyampaian kode morse di dalam pramuka dengan cara menuip peluit dengan durasi pendek untuk mewakil tandai titik dan meniup peluit dengan durasi panjang untuk mewakili tanda garis.

Untuk menghafalkan kode morse ini digunakan metode yang mengelompokkan huruf-huruf atas dasar bagaimana huruf ini diwakili oleh kode morsenya.

Pengelompokan tersebut antara lain Alphabet dengan kode morse yang berkebalikan antara garis dan titik, misalnya huruf K yang diwakili oleh -.- berkebalikan dengan huruf R yang diwakili oleh .-. dan alfabet dengan kode morse berlawanan. Misalnya, huruf A yang diwakili oleh .- dan huruf N yang diwakili oleh -..

Kemampuan mengirimkan dan menerima kode morse merupakan salah satu dari kecakapan yang dapat menerima tanda kecakapan khusus. Kode morse juga digunakan sebagai kunci atau metode dalam memecahkan Sandi Rumput.

Alfabet dalam kode morse

Sejarah Morse
anekakode.blogspot.co.id

Metode penghafalan

Beberapa metode yang sudah umum digunakan untuk memudahkan penghafalan kode ini, baik visual, auditori juga metode lain yang masih terus berkembang.

Metode Koch

Metode Koch adalah metode pembelajaran mengirimkan kode morse menggunakan sistem gradual. Latihan menggunakan metode Koch dimulai dengan dua huruf yang diulang terus menerus (biasanya E dan T untuk alasan pembiasaan dengan interval). Setelah seseorang sudah menguasai dua huruf ini dan dapat mengirimkan maupun membacanya dengan cepat, maka satu huruf ditambahkan, dan seterusnya sampai seseorang yang mempelajari kode morse mampuh menguasai pembacaan maupun pengiriman kode melalui pembiasaan.

Metode substitusi

Sejarah morse
prasbiyadika.blogspot.co.id

Metode ini biasa digunakan di kepramukaan Indonesia, yaitu dengan membuat susunan kata yang berawal dari alfabet latin, dan setiap huruf O mewakili garis ( – ), dan huruf AIUE mewakili titik (.)

Metode Pengelompokan

Metode yang mengelompokkan huruf-huruf dengan dasar bagaimana huruf ini diwakili oleh kode morsenya. Pengelompokan tersebut diantaranya Alphabet dengan kode morse yang berkebalikan antara garis dan titik, misalnya huruf K yang diwakili oleh -.- berkebalikan dengan huruf R yang diwakili oleh .-. dan alfabet dengan menggunakan kode morse berlawanan. Misalnya, huruf A yang diwakili oleh .- dan huruf N yang diwakili oleh -.

Alfabet dengan kode morse yang berkebalikan

Sejarah Morse

Alphabet dengan kode morse yang berlawanan

Sejarah Morse

Tidak memiliki pasangan

Sejarah Morse

Penghafalan dilihat dari atas dasar kelompok huruf EISH TMOKH, RKWG, AUV NDB, CJZ, dan XP

Sejarah Morse

Trik cepat hafal morse

Terkadang kita kesulitan dalam menghapal atau mengingat kembali isyarat morse, padahal besok mau ikut lomba Galang pramuka apalagi jarang berlatih secara rutin. Berikut ini tips atau cara menghapal morse dengan cepat. Lihat gambar di bawah ini :

Sejarah Morse
ambalankaktusroviga.blogspot.co.id

Petunjuk Penggunaan :

  1. Gambar di atas dibagi menjadi dua bagian, kanan, dan kiri.
  2. Cara membacanya dari atas ke bawah.
  3. Blok yang putih menunjukkan kode titik (  . ) dan blok hijau menunjukkan kode strip (  – ).
  4. Contoh sebelah kiri: apabila isyarat menunjukan satu kali putih sama juga satu kali titik artinya huruf E.Contoh lain : ( dibaca dari atas, ya ) putih-putih-putih-putih artinya 4 titik ( …. )Berarti huruf H.Contoh lagi : hijau-hijau-putih artinya 2 strip 1 titik (  – – . ) berarti huruf G
  5. Ingat yah, blok sebelah kiri selalu diawali dengan blok Titik ( Putih ) dan blok kanan selalu diawali dengan blok strip ( Hijau ).

Berikut Video Trik cepat hafal morse

Penemu Sandi Morse

Sejarah Morse
aboutpramuka.wordpress.com

Samuel Finley Breese Morse (lahir di Charlestown, Massachusetts, Amerika Serikat, pada 27 April 1791  dan meninggal di New York City, New York, Amerika Serikat, 2 April 1872 diumur 80 tahun) adalah seorang penemu morse juga pelukis asal Amerika Serikat.

Namun ia lebih terkenal atas penemuan telegraf listriknya. Bersama dengan asistennya Alexander Bain, Samuel Finley Breese Morse menciptakan alfabet khusus digunakan di telegraf, yang disebut dengan kode Morse.

Ia mendapat inspirasi untuk membuat telegrafi elektrik ketika ia melihat seorang penumpang di kapal yang Samuel Finley Breese Morse tumpangi sedang memperagakan elektromagnet. Morse memproduksi telegraf listrik pertama yang berguna pada awal tahun 1835.

Pada tahun 1843 ia memperoleh 30.000 dolar Amerika dari Kongres untuk eksperimen dari Washington, D.C. ke Baltimore dan di tanggal 24 Mei 1844 ia mengirim pesan pertamanya lewati telegrafi Amerika, dari Washington ke Baltimore, menggunakan kode Morse: “What hath God wrought”, kata-kata dalam pesan itu ialah, “Apakah yang telah Tuhan tulis?”.

Morse hidup sampai usia lanjut. Samuel Finley Breese Morse sempat menyaksikan saluran telegraf dipasang di seluruh bagian dunia termasuk juga kabel-kabel bawah laut.

Pada masa ulang tahunnya yang ke delapan puluh. Sebuah patung Samuel Finley Breese Morse diresmikan di Central Park, New York sebagai penghargaan atas jasa-jasanya. Setahun setelah itu Samuel Finley Breese Morse pun meninggal.

Alat dan Cara Pengiriman sebuah Isyarat dengan Morse :

Kita mengenal dari  berbagai macam cara dan alat untuk menyampampaikan isyarat morse yang antara lain sebagai berikut :

No ALAT CARA
1 Peluit Bunyi Panjang dan Pendek
2 Bendera Kibaran Panjang dan Pendek
3 Api/ Cahaya Nyala Pendek dan Panjang
4 A s a p Gumpalan Kecil dan Besar
5 Telegrap Tulisan Titik dan Garis
6 Cermin dengan bantuan cahaya matahari Sinar Sebentar dan Lama
COPY CODE SNIPPET

Tinggalkan komentar