Sejarah Lompat Jauh Lengkap dengan Teknik dan Lapangan

LOMPAT JAUH – Dalam kehidupan modern antara manusia, dua hal yang tidak dapat dipisahkan, baik sebagai arena kompetisi prestasi maupun sekedar kebutuhan guna menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat.

Olahraga  memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Melalui olahraga bisa dibentuk manusia yang sehat jasmani,  rohani juga memiliki kepribadian, disiplin, dan sportifitas yang tinggi sehingga pada akhirnya akan membentuk manusia  yang berkualitas. Dalam lompat gaya jauh terdapat berbagai macam gaya atau sikap badan disaat melayang di udara.

Soegito dkk (1994 : 143) berpendapat ada tiga cara dalam sikap melayang yaitu:

  • gaya jongkok (waktu melayang dalam posisi jongkok).
  • gaya lenting (waktu melayang posisi badan dilentingkan).
  • gaya jalan di udara (waktu melayang keadaan kaki diayunkan seolah-olah berjalan di udara).

Gaya lompat jauh yang paling sederhana guna diajarkan pada pemula semisal siswa tingkat  SD adalah lompat jauh menggunakan gaya jongkok. Tehnik lompat jauh gaya jongkok termasuk juga yang paling sederhana di banding dengan gaya lainnya.

Lompat Jauh

Lompat Jauh
ikhtisarmateri.blogspot.co.id

Lompat jauh adalah salah satu nomor cabang lompat dari macam cabang olahraga atletik yang paling terkenal dan sering dilombakan dalam berbagai kompetisi, sampai kompetisi kelas dunia, termasuk juga Olimpiade. Lompat jauh merupakan suatu gerakan lompat ke depan atas dalam usaha membawa titik berat badan sejauh mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan jalan cepat dan dengan melakukan tolakan pada tumpuan satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya.

Lompat jauh adalah sebuah gerakan melompat yang menggunakan sebuah tumpuan pada satu kaki guna mencapai jarak sejauh mungkin. Sasaran dan tujuan lompat jauh ialah untuk mencapai jarak lompatan sejauh-jauhnya ke sebuah bak lompat sebagai titik pendaratan. Jarak lompatan diukur dimulai dari papan tolakan sampai ke batas paling dekat dari letak titik pendaratan yang dihasilkan dari bagian tubuh.

Pengertian Lompat Jauh

Lompat Jauh
commons.wikimedia.org

Lompat  jauh  ialah salah satu cabang lompat dari berbagai cabang olahraga atletik. Menurut Aip Syarifuddin (1992 : 90) lompat yang jauh diartikan sebagai sebuah gerakan melompat, dengan mengangkat kaki keatas menuju kedepan dalam upaya membawa titik berat badan diudara selama mungkin (melayang diudara) yang dilakukan dengan jalan cepat dan dengan melakukan tolakan pada tumpuan satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya.

Menurut Engkos Kosasih (1985 : 67) berpendapat yang menjadi tujuan lompat yang jauh ialah mencapai jarak lompatan yang sejauh mungkin yang mempunyai empat unsur pada gerakannya yaitu : awalan – tolakan – sikap badan di udara – sikap badan pada waktu jatuh atau mendarat.

Sedangkan menurut Yusuf Adisasmita (1992 : 65) berpendapat bahwa keempat unsur ini yang diterangkan oleh Engkos Kosasih (1985 : 65) di atas merupakan sebuah kesatuan, yaitu urutan gerakan lompat jauh yang tidak terputus.

Aip Syarifuddin (1992 : 93) Dalam lompat jauh memiliki beberapa macam gaya yang biasa dipergunakan oleh para atlit pelompat, yaitu : gaya jongkok, gaya menggantung atau bisa disebut juga gaya lenting dan gaya jalan udara. Perbedaan gaya lompatan satu dengan yang lainnya, ditandai dengan keadaan sikap badan pelompat disaat melayang di udara.

Jadi mengenai pertama tumpuan atau tolakan dan cara melakukan saat pendaratan dari ketiga gaya diatas, pada prinsipnya sama. Salah satu gaya yang digunakan pada penelitian ini ialah gaya jongkok. Disebut gaya jongkok dikarenakan gerak dan  sikap disaat badan berada diudara seperti orang yang sedang jongkok ( Tamsir Riyadi, 1985 : 98).

Untuk memperoleh  hasil  yang  maksimal dalam lompat jauh, selain pelompat harus dalam keadaa kondisi fisik yang baik, juga harus mengetahui dan mengusai tehnik guna melakukan gerakan pada lompat  jauh tersebut.

Bernhard (1993 : 45) berpendapat bahwa unsur-unsur dalam meraih prestasi lompat jauh yang optimal adalah:

  • faktor kondisi fisik lebih utama kecepatan tenaga ssaat melompatan dan tujuan yang terarah pada ketrampilan,
  •  faktor tehnik persiapan atau ancang-ancang, persiapan dan perpindahan saat melayang dan pendaratan.

Dari pendapat di atas dapat disimplkan bahwa dalam lompat jauh terkandung beberapa unsur kondisi fisik yang mencakup: kecepatan, tenaga lepas otot tungkai yang menuju pada ketrampilan.

Sejarah Lompat Jauh

Lompat Jauh
aniodhlann.org.uk

Sejarah lompat jauh terjadi bermula sejak sekitar 13 abad masa lalu. Olahraga lompat jauh ini sudah ada semenjak tahun 708 Masehi ketika adanya lomba  Olimpiade Kuno di Yunani. Lompat jauh termasuk satu-satunya event lompat yang waktu itu dilombakan dalam Olimpiade Kuno. Menurut catatan sejarah yang ada, olahraga lompat jauh pernah digelar oleh peserta Sparta dengan jauh lompatan mencapai 7,05 meter.

Pada awalnya, semua lomba yang diadakan pada Olimpiade Kuno dimaksudkan sebagai sebuah bentuk latihan militer perang. Munculnya olahraga lompat jauh dipercaya untuk melatih sebuah ketangkasan para prajurit perang dalam menerobos rintangan yang berbeda, seperti jurang atau parit.

Pada masa yunani kuno itu, cara dan teknik lompat dalam olahraga lompat jauh ini sangat beda dengan cara dan teknik lompatan yang sekarang ini diterapkan. Lompatan pada zaman kuno dahulu dibuat pada bentuk jamak. Dalam acara ini juga, para pelompat hanya diperboehkan menggunakan start lari pendek. Selain itu juga, para pelompat diwajibkan berlari sambil membawa sebuah beban di kedua tangannya, yang dikenal dengan sebutan halteres dengan berat beban berkisar antara 1 sampai 4,5 kg.

Teknik Dasar Lompat Jauh

Lompat Jauh
gagdaily.com

Ada 4 teknik yang harus dilakukan saat melakukan olahraga lompat jauh, yaitu :

1. Teknik Awalan

Awalan adalah suatu gerakan pada atletik lompat jauh yang dilakukan dengan cara berlari secepat mungkin agar memperoleh kecepatan optimal sebelum melakukan tolakan atau pijakan. Selain itu, awalan yang dimaksud dalam atletik lompat jauh dapat diartikan sebagai sebuah upaya untuk mendapatkan kecepatan horizontal optimal yang kemudian diubah menjadi sebuah kecepatan vertikal ketika melakukan tolakan.

Jarak dari suatu awalan ditentukan dari tingkat kematangan seorang atlet tersebut dan kemampuan dari atlet itu sendiri untuk berakselerasi menggunakan kecepatannya sendiri. Teknik awalan harus dimuai dengan berlari secepat mungkin dari star yang berjarak 40-45 meter pada sebuah lintasan lari.

Ada beberapa hal yang musti diperhatikan disaat melakukan awalan dalam cabang atletik lompat jauh, seperti :

  • Jarak awalan dalam cabang lompat jauh tergantung pada kemampuan atlet itu sendiri. Bagi para pelompat dalam jarak yang pendek sudah dapat kecepatan mencapai maksimal, jarak awalan cukup dekat atau pendek saja (kurang lebih 30-35 meter atau bisa juga kurang dari itu). Sementara itu, bagi seorang atlet lompat jauh yang dapat mencapai kecepatan maksimal dalam jarak yang relatif jauh, jarak awalannya harus lebih jauh (kurang lebih 30-45 meter atau bisa juga lebih dari itu).
  • Posisi ketika berdiri di titik awalan saat lompat jauh yaitu posisi kaki sejajar atau juga bisa salah satu kaki lebih maju depan, tergantung dari kebiasaan si atlet itu sendiri. Cara pengambilan awalan pada lompat jauh dimulai dari perlahan-lahan kemudian cepat (sprint). Kecepatan ini harus dipertahankan sampai sesaat sebelum melakukan tumpuan atau tolakan.
  • Setelah mencapai kecepatan yang maksimal, sekitar 3-4 langkah yang terakhir bertumpu (take-off) gerakan lari dilepas secara tiba-tiba tanpa mengurangi dari kecepatan yang telah dicapai sebelumnya. Pada langkah yang terakhir ini, tenaga fokus dan konsentrasi untuk melakukan sebuah tumpuan di balok atau papan tumpu.

2. Teknik Menumpu

Menumpu adaah gerakan yang penting dalam olahraga lompat jauh untuk menhasikan nilai lompatan yang sempurna. Dalam teknik ini, seorang atlet melakukan tolakan di sebuah balok atau papan tumpuan menggunakan kaki paling kuat dengan merubah kecepatan horizontal menjadi gaya kecepatan vertikal.

Pada saat melakukan tumpuan, posisi tubuh tidak boleh terlalu condong. Tumpuan juga harus kuat, aktif dan cepat. Keseimbangan badan juga harus diperhatikan agar tidak goyah. Gerakan mengayun lengan sangat membantu guna menambah ketinggian juga menjaga keseimbangan tubuh.

Ada beberapa unsur yang mesti diperhatikan dalam melakukan tolakan dalam olahraga lompat jauh, antara lain :

  • Tolakan saat lompat jauh harus dilakukan menggunakan kaki yang kuat.
  • Bagian telapak kaki yang sangat cocok dan kuat untuk bertumpu biasanya terletak pada bagian tumit terlebih dahulu terus diakhiri di bagian ujung kaki.
  • Sesaat sebelum melakukan sebuah tumpuan, usahakan badan agar condong ke belakang.
  • Sebaiknya bertumpulah tepat pada papan tumpuan.
  • Kedua lengan ikut diayunkan ke arah depan atas ketika bertumpu.
  • Ayunkan kaki dan juga angkat ke depan sampai setinggi pinggang dengan posisi lutut ditekuk.

3. Teknik Melayang

Gerakan melayang pada lompat jauh dilakukan sesudah meninggalkan balok tumpuan. Saat melakukan sebuah gerakan melayang, keseimbangan badan harus dalam keadaan terjaga. Ayunan kedua tangan bisa bantu atlet dalam menjaga keseimbangan badan.

Ada 2 cara saat melakukan teknik melayang yaitu :

Dengan sikap jongkok

Dalam sikap jongkok ini, saat menumpu, posisi kaki ayun mengangkat lutut dengan setinggi-tingginya, lalu dilanjut dengan kaki tumpu. Kemudian sebelum sampai pendaratan, kedua kaki dibawa dan diarahkan ke depan.

Dengan sikap menggantung

Dalam sikap ini, kaki ayun dan dibiarkan tergantung lurus pada saat menumpu. Tubuh diusahakan tegak, dianjutkan oleh kaki tumpu dengan posisi lutut ditekuk sambil pinggul didorong ke arah depan. Lalu, kedua lengan direntangkan ke atas.

4. Teknik Mendarat

Dalam teknik mendarat ini, atlet harus berusaa mendarat dengan sebaik mungkin. Jangan sampai lengan atau badan jatuh ke belakang. Pendaratan pada bak lompat diawali dengan posisi kedua kaki dan kedua tumit kaki agak rapat. Gerakan-gerakan saat pendaratan harus dilakukan dengan menggunakan kedua kaki.

Yang perlu diperhatikan pada waktu mendarat dalam lompat jauh ialah kedua kaki mendarat dengan cara bersamaan, diikuti dengan dorongan pinggang ke depan. Sehingga badan tidak cenderung lebih jatuh ke belakang yang bisa berakibat fatal bagi seorang atlet itu sendiri.

Gaya Lompat Jauh 

Lompat Jauh
nucius.org

Secara umum, ada 3 jenis gaya yang bisa dilakukan pada saat melakukan olahraga atletik lompat jauh, yaitu :

Lompat Jauh Gaya Jongkok (Tack Style atau Ortodock Style)

Gaya jongkok adalah jenis gaya lompat jauh yang paling tua (lama) dan paling mudah untuk dimainkan. Dikatakan gaya jongkok dikarenakan pada saat melayang di udara, atlet sekedar melakukan gerakan menekukkan kedua kakinya, sehingga terlihat seperti seorang yang sedang jongkok.

Saat melakukan gaya ini, tolakan yang dilakukan harus cukup tepat dan kuat. Pada saat tubuh melayang di udara, posisikan tubuh seolah orang yang sedang berjongkok, dengan posisi badan condong ke arah depan dan tangan diposisikan ke belakang tubuh sambil mengatur akan pendaratan yang benar.

Lompat Jauh Gaya Menggantung (Hang Style atau Schnepper Style)

Ada beberapa teknik yang wajib diperhatikan pada isaat melakukan lompat jauh dengan menggunakan gaya ini, seperti :

  • Lakukan awalan dengan kecepatan optimal dan lakukan tolakan dengan sangat kuat pada papan tolakan.
  • Pada saat badan berada di udara, usahakan badan dalam keadaan melayang selama mungkin di udara juga dalam keadaan seimbang. Posisikan kedua lengan tangan di atas kepala, seperti memegang utas tali saat berayun.
  • Pada saat mendarat, upayakan mendarat dengan semaksimal mungkin, jangan sampai tangan atau badan jatuh ke belakang, karena dapat merugikan atlet itu sendiri. Mendaratlah dengan posisi kedua kaki dan juga tangan ke depan.

Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara (Walking in the Air)

Ada beberapa gaya yang perlu diperhatikan disaat melakukan lompat jauh dengan gaya berjalan di udara, seperti :

  • Lakukan start dengan cara lari yang cepat pada lintasan dengan mencapai jarak 40-45 meter. Lalu lakukan tolakan atau pijakan pada papan tolakan dengan memakai kaki yang terkuat guna mengubah kecepatan horizontal yang didapat pada saat permulaan menjadi kecepatan vertikal.
  • Pada saat badan posisi melayang di udara, ayunkan kaki atau kaki bagian belakang sekuat-kuatnya ke atas. Selanjutnya lakukan gerakan berjalan di udara dengan mengayunan kaki yang sebelumnya digunakan untuk menolak atau menumpu sehingga membuat gerakan seperti berjalan di udara.
  • Lakukan pendaratan yang aman agar tidak menyebabkan cidera pada kaki. Caranya dengan membuat kedua kaki lurus dan tangan bersama-sama ke depan, badan dicondongkan ke arah depan, dan pada saat tumit mengena pasir kedua lutut ditekuk dengan cepat.

Peraturan Lompat Jauh

Lompat Jauh
flickr.com

Sisitem penilaian dalam permainan olahraga ini ialah dengan menggunakan mark. Pengertian mark ialah jarak terdekat yang ditempuh oleh seorang atlet pelompat di ukur mulai dari ujung palang kayu sampai pertama kali atlit menginjakan kaki di area pasir yang sudah disediakan.

Penilaian akan dihitung dari jarak ujung palang kayu sampai titik akhir dimana atlit mendarat bukan pada dimana awal lompatan. Fouls atau pelanggaran pada lompat jauh bisa dilihat ketika atlit melakukan pijakan atau tolakan saat melompat melebihi batas ujung palang kayu.

Hal hal yang perlu diperhatikan untuk meraih hasil maksimal

  • Jarak start 30-40 dan dilakukan secepat mungkin
  • Menggunakan kaki yang kuat guna melakukan tumpuan atau tolakan.
  • Diusahakan melayang di udara selama mungkin
  • Waktu mendarat jangan jatuh ke belakang melainkan ke depan

Diskualifikasi

  • Dalam jangka waktu 3 menit belum melompat
  • Menumpu menggunakan 2 kaki
  • Kembali ke arah awalan, sesudah melompat
  • Mendarat di luar bak atau kolam lompat
  • Juri mengangkat bendera warna merah apabila pelompat dinyatakan gagal
  • Juri mengangkat bendera warna putih jika lompatan berhasil

 

Lapangan Lompat Jauh

Lompat Jauh
fatirblack.blogspot.co.id

Panjang lintasan lari sampai papan lompatan atau papan tolak biasanya berukuran 40-45 meter dengan lebarnya lintasan mencapai 1,22 meter. Sementara itu, panjang papan lompatan mencapai 1,22 meter dan memiliki lebar 20 cm dengan ketebalan papan 10 cm.

Di antara papan lompatan dengan jarak bak lompat terdapat jarak sepanjang 1 meter. Sedangkan bak lompat memiliki panjang mencapai 9 meter dengan lebar bak lompat 2,95 meter. Untuk lebar tempat pendaratan, jaraknya paling sedikit mencapai 2,75 meter antara garis tolakan sampai diakhir tempat tolakan.

Tempat pendaratan diisikan dengan pasir yang mana permukaan pasir harus memiliki tinggi sama atau datar dengan sisi atas papan tolakan. Itulah kilasan lengkap mengenai lompat jauh 

 

COPY CODE SNIPPET

Tinggalkan komentar