Ulasan Tuntas Tempat Wisata Ranca Upas Bandung Plus Tiket Masuknya

Bandung memang menjadi kota yang selalu menarik perhatian, salah satunya dengan obyek wisata yang terdapat di Bandung. Kota di Jawa Barat ini memiliki lebih dari 36 tempat wisata, salah satunya adalah Ranca Upas.

Tempat wisata ini merupakan obyek wisata yang memiliki konsep alami dan natural. Wisata Ranca Upas atau yang sering disebut Kmapung Cai Ranca Upas adalah kawasan terbuka bumi perkemahan dan berbagai aktivitas lainnya.

Letak Ranca Upas

ranca upas
limakaki.com

Bumi perkemahan seluas 251 hektar ini berlokasi di alamat Jalan Ciwidey-Patengan Km. 11, Rancabali, Ciwidey, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Terletak di area hutan lindung yang menjadi tempat konservasi, tentunya membuat objek wisata memiliki berbagai macam flora dan fauna langka dan jarang dijumpai.

Ranca Upas juga memiliki suhu udara/hawa segar dan menyejukkan bahkan cenderung dingin. Temperatur udara yang dingin tersebut dipengaruhi oleh letaknya yang berada  pada ketinggian lebih dari 1700 mdpl.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Di Ranca Upas

ranca upas
roninrides.blogspot.co.id

Selain sebagai tempat perkemahan yang terkenal, Ranca Upas juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung aktivitas pengunjungnya. Menariknya tempat ini memiliki Kolam Renang Air Hangat, Fun Games, Penangkaran Rusa Ranca Upas, Adventure, ATV, Waterboom, Outdoor Gathering, dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang sangat memadai tentunya akan memudahkan dan menambah pengalaman wisatawan yang mengunjunginya. Bahkan juga ada paket wisata Ranca Upas yang beragam serta lengkap yang tentunya mampu memenuhi kebutuhan pengunjung. Paket wisata yang disediakan antara lain Family Camp, Outdor Training, Saba Laweung, Fun Game, Youth Outing, Corporate Family Gathering, Kid adventure Recreation Education (KARE), Camp Tour, dan Camp Teen.

Bagi anda yang sedang bingung untuk menghabiskan waktu liburan dimana dan melakukan aktivitas apa, obyek wisata yang satu ini sangat cocok untuk anda bahkan dengan keluarga maupun rombongan ramai. Datang berwisata dengan mendirikan kemah bersama teman maupun kerabat di alam liar tentu akan memberikan sensasi tersendiri.

Biaya Menikmati Wisata Ranca Upas

ranca upas
dakatour.com

Mengetahui harga tiket, parkir, dan berbagai biaya tambahan sebelum berwisata tentunya sangat berguna untuk mempersiapkan perkiraan biaya/anggaran. Namun biaya untuk menikmati obyek wisata ini tidaklah mahal bahkan tergolong terjangkau.

Untuk tiket masuknya setiap pengunjung hanya dikenakan tarif Rp. 10.000, biaya tambahan parkir kendaraan roda 2 hanyalah Rp. 2.000, Kendaraan roda 4 Rp. 5.000, Kendaraan roda 6(Bus/Truk) hanya Rp. 20.000.

Waktu Operasional Ranca Upas

ranca upas
tayanias.blogspot.co.id

Jam buka alias jam operasional tempat wisata di Bandung ini adalah 24 jam, dibuka setiap hari non-stop. Sehingga pengunjung dapat menikmati dan mengunjungi Ranca Upas pada malam hari.

Baca Juga: Alun alun Bandung Tempat Wisata Bersejarah

Persiapan Yang Perlu Dilakukan Sebelum Camping

ranca upas
estykartikasari.blogspot.co.id

Sebelum melakukan Camping di Ranca Upas, perlu diketahui hal yang harus dipersiapkan agar anda dapat menikmati liburan lebih maksimal. Berikut hal yang perlu dipersiapkan :

1. Tenda dan Perlengkapan Camping

Untuk berkemah pastinya memerlukan tenda sebagai tempat bernaung. Namun apabila tidak memiliki tenda tenang saja, karena sudah tersedia tenda dan perlengkapannya. Tentu saja anda harus menyewa dan membayar dengan tarif yang tidak terlalu mahal.

2. Bekal makanan secukupnya untuk dimasak

Berkemah tentunya akan terasa kurang apabila tidak memasak di alam liar. Namun apabila tidak membawa makanan bisa membeli di warung yang buka 24 jam, akan tetapi tetap saja lebih berkesan makanan yang dimasak sendiri di alam liar.

3. Pakaian Hangat

Terletak di ketinggian lebih dari 1700 mdpl tentunya mengakibatkan tempat wisata ini memiliki suhu udara yang dingin. Terlebih apabila anda berkemah di malam hari tentunya akan menambah suasana dingin. Maka selalu diingat untuk menyediakan pakaian yang hangat, dan tidur menggunakan Sleeping Bag.

4. Uang Lebih

Tentunya anda perlu membawa uang lebih untuk membeli perlengkapan yang tidak mungkin dibawa. Salah satu yang tidak memungkinkan dibawa dari rumah adalah kayu bakar, di bumi perkemahan ini telah disediakan kayu bakar yang dijual seharga Rp. 15.000 per ikatnya. Anda juga dapat  memberi makan rusa dengan sayuran yang juga memang dijual untuk makan rusa Ranca Upas.

5. Berlaku Sopan

Kita tidak pernah mengetahui segala yang berada di sekitar kita. Sangat perlu menjaga tingkah laku karena kita tidak hidup di alam ini sendirian. Banyak kasus kesurupan dan kejadian tidak diinginkan di berbagai tempat wisata (dimanapun tempat wisata). Perlu diketahui bahwa apabila kita tidak mengusik dan menjaga tata karma, tentu gangguan semacam itu tidak akan terjadi.

Baca Juga: 36 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Cerita Ranca Upas

ranca upas
tayanias.blogspot.co.id

Dibalik keindahan dan keunikan tempat wisata bumi perkemahan Ranca Upas, juga terdapat sebuah cerita. Tempat ini sebelumnya merupakan salah satu kawasan pelatihan Kopassus yang juga merupakan hutan belantara yang memiliki rawa yang luas.

Setelah tempat ini aman dari binatang buas, maka Ranca Upas dijadikan sebagai hutan lindung untuk penangkaran satwa liar. Selain itu timbul juga potensi untuk menjadikannya objek wisata karena memiliki keindahan alam yang luar biasa. Akhirnya Ranca Upas dijadikan hutan lindung sekaligus tempat wisata.

Asal penamaan Ranca Upas diambil dari dua kata yaitu “Ranca” yang merupakan bahasa Sunda yang memiliki arti “Rawa”. Sedangkan “Upas” merupakan nama petugas Perhutani yang melegenda di kawasan Gunung Patuha.

Upas adalah seorang kebangsaan Belanda yang memiliki tubuh tinggi (198 cm) dan berbadan kekar. Dia meninggal dunia saat melaksanakan tugas lapangan berupa mengeksplorasi atau menjelajahi kawasan rawa yang sekarang dinamai Ranca Upas dan hingga kini jasadnya belum ditemukan.

Beredar cerita di masyarakat setempat bahwa arwah Upas gentayangan dan masih ada di sekitar Ranca Upas. Banyak masyarakat yang menjumpai dan bertemu dengan Upas pada kurun waktu tahun 1960-1980. Rata-rata masyarakat bertemu dengan Upas ketika mencari kayu bakar dihutan.

Diceritakan bahwa Upas selalu menampakkan diri dengan mengenakan topi koboi lebar beserta seragam dan perlengkapan petugas Perhutani. Namun Upas selalu tertunduk dan menutupi wajahnya dengan topi lebar yang Ia kenakan.

Selain cerita Upas, terdapat cerita lain bahwa ada masyarakat yang pernah menjumpai batu berbentuk macan sedang duduk. Namun ketika kembali lagi ke tempat semula batu tersebuit tidak ada dan belum pernah dijumpai lagi hingga saat ini.

Cerita unik lainnya adalah saat pembangunan penangkaran rusa di Ranca Upas oleh pihak Perhutani. Semua rusa bersembunyi dan pergi, hanya ada seseorang ” juru kunci” yang mampu memanggil rusa-rusa tersebut dan memberikan makan secara langsung. Namun setelah pembangunan selesai kini semua orang dapat berinteraksi secara langsung dengan rusa-rusa tersebut untuk memberi makan.

Demikian ulasan lengkap mengenai objek wisata bumi perkemahan Ranca Upas. Mulai dari letak, keunikan dan keindahan, hingga cerita di dalamnya. Setelah membaca artikel ini tentunya anda lebih paham mengenai Ranca Upas dan dapat mempertimbangkan wisata ini untuk menghabiskan waktu luang dan liburan.

Perlu diingat bahwa dalam setiap mengunjungi tempat wisata dimanapun anda harus ikut mendukungnya. Setidaknya jangan pernah merusak segala sarana prasarana yang tersedia dan tidak meninggalkan sampah sama sekali. Dengan begitu tentunya tempat wisata akan terlihat bagus dan menarik perhatian wisatawan.

Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat bagi pembaca. Saya Ibnu Asmara mengucapkan Terima kasih banyak atas kunjugannya dan mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai tempat wisata Ranca Upas Bandung.

Tinggalkan komentar