30+ Macam Makanan Khas Surabaya Ini Tak Boleh Kamu Lewatkan

MAKANAN KHAS SURABAYA – Surabaya merupakan salah satu kota yang besar di Indonesia begitu juga dengan industrinya. Tentunya para wisatawan dan pembisnis banyak yang menjadikan Surabaya sebagai tempat tujuan wisata untuk penenang jiwa.

Tempat wisata yang indah dan makanan khasnya yang enak-enak menjadikan Surabaya banyak juga dikunjungi oleh para wisatawan luar.

Bukan hanya destinasinya yang banyak memikat wisatawan untuk berkunjung, tapi makanan khasnya yang memiliki rasa yang ngangenin itu sebagai salah satu alasan mengapa Surabaya menjadi kota yang banyak dikunjungi.

Makanan Khas Surabaya

makanan khas Surabaya
infomakan.com

Kota dengan lambang buaya dan hiu ini memiliki banyak sekali macam makanan khas yang enak dan menjadikan penikmatnya ketagihan akan cita rasanya itu. Kali ini saya akan membahas 31 makanan khas Surabaya untuk kamu ketahui agar tidak bingung mau makan apa saat berkunjung di Surabaya.

1. Nasi Goreng Jancuk Kuliner Surabaya

makanan khas Surabaya
kabarwisata.com

Nasi goreng Jancuk, kurang tau akan kepastian mengapa nasi goreng ini diberikan nama nasi goreng jancuk. Entah apa itu alasannya, tapi konon katanya nasi goreng ini diberi nama jancuk karena rasa masakannya yang pedas sehinga ketika kamu memakan masakan ini tersa pedas dan seakan ingin mengumpat dengan kata-kata Jancuk ini.

Entah apalah itu namanya yang terpenting dari nasi jancuk ini adalah rasanya yang pedas dan tentunya enak juga yang mejadikan masakan yang berada di kota Surabaya ini memiliki banyak penggemar.

2. Sego Sambel Surabaya

makanan khas Surabaya
goodindonesianfood.com

Sego sambel merupakan makanan khas Surabaya yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah nasi sambel. Sego sambel ini biasanya dijual pada malam hari yang diperuntukkan buat kamu yang suka begadang dan didatangi rasa lapar ketika malam datang. Sego sambel ini mulai dibuka pada jam 10.00 malam yang berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan nomor 12.

Alasan mengapa kuliner ini diberikan sego sambel karena kuliner ini menghidangkan satu porsi nasi putih dengan tambahan sambal diatasnya dan lauk tentunya yang bisa menggugah selera makan kamu. Jika kamu Penasaran dengan rasanya kamu bisa mencoba atau mencicipi sego sambel Mbak yeye ini.

3. Masakan Nasi Cumi Khas Surabaya

makanan khas Surabaya
hock.id

Makanan enak harga bersahabat, mungkin ini yang menjadikan nasi cumi ini banyak dicari oleh orang surabaya khususnya dan para wisatawan yang sedang berkunjung di kota hiu dan buaya ini.Namanya nasi campur bumbu Madura Ampel yang berada di depan hotel Kemadjoean.

Sajian di warung ini dihidangkan menggunakan nasi hangat ditambah taburan serundeng kelapa, tidak lupa juga ditambahkan mie kuning dan sambal pencit dan pastinnya lauk cumi tinta sebagai pelengkap wajib pada makanan ini. Penasaran akan kenikmatan rasanya? Silahkan kunjungi sendiri yea..

4. Nasi Campur Tambak Bayan Surabaya

makanan khas Surabaya
eatandtreats.blogspot.co.id

Lagi di Surabaya, pagi-pagi perut lapar cari sarapan khas Surabaya aja lah. Kalu mau cari sarapan khas Sirabaya ya pastinya Nasi Campur Tambak Bayan ini yang pas buat kamu cicipi. Rasnya enak dan satu porsi nasi banyak campuran lauknya, ada mie putih, telur, daging empal, sambal, dan taburan bawang goreng.

Tempat yang menjual kuliner nasi campur tambak bayun ini terletak di pasar wetan no 7, Surabaya mulai buka pada pukul 05.00 sampai tutup jam 15.00 WIB.

5. Nasi Empal Pengampon

makanan khas Surabaya
hngrynow.com

Penasaran akan makanan khas Surabaya yang satu ini? Langsung saja simak penjelasan berikut ini. Nasi empal pengampon merupakan kuliner dengan sajina nasi putih yang dicampur dengan berbagai campuran lauk, semisal kering tempe, lalapan timun, tumis kacang, daun kemangi, tidak ketinggalan juga sambal dan yang paling penting adalah empal suwir sebagai campuran khas masakan ini.

Cukup menyantap 1 porsi empal pengampon kamu akan merasakan cukup kenyang. Penasaran akan Empal pengampon ini? Langsung kunjungi saja Jl Pengampon II Nomor 3, Surabaya yang mulai buka jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

6. Nasi Krawu Khas Surabaya

makanan khas Surabaya

Nasi putih pulen di campur dengan berbagai macam lauk seperti, serondeng, semur daging, jeroan sapi, dan sambal terasi dicampur satu kesatuan dalam 1 porsi jadilah Nasi Krawu makanan khas Surabaya yang kurang lengkap jika kamu lagi berada di Surabaya tapi tidak mencicipi kuliner Surabaya yang satu ini.

Kandungan gizi yang terdapat pada makanan ini sangat cocok untuk disantap pada pagi hari karena cukup memberikan energi tambahan pada tubuh.

Makanan Unik di Surabaya

makanan khas Surabaya
id.wikipedia.org

Bukan hanya keunikan yang terdapat di destinasi wisatanyas aja, melainkan Surabaya juga memiliki banyak macam kuliner atau makanan unik yang sayang sekali jika kamu tertinggal untuk mencicipinya. Kali ini saya akan menjelaskan sedikitnya makanan unik di Surabaya untk kamu.

1. Rujak Cingur Surabaya

makanan khas Surabaya
pegipegi.com

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan nama makanan yang satu ini. Ya benar rujak cingur namanya yang mana makanan ini sebagai makanan khas Surabaya yang murah meriah dan pastinya memiliki cita rasa yang nikmat. Untuk kamu yang belum tau apasih rujak cingur itu?

Baiklah akan saya jelaskan sedikit banyaknya akan rujak cingur ini. rujak cingur ini merupakan makanan berupa rujak dengan campuran cingur atau dalam bahasa Indonesianya adalah hidung sapi dan campuran yang lainnya seperti, touge, lontong, tahu yang membuat makanan ini banyak penggemarnya.

2. Tahu Tek Khas Surabaya

makanan khas Surabaya
piesusubliman.com

Tahu tek, tahu tek tahu tek, makanan legendaris dan menjadi makanan favorit masyarakat Surabaya ini masih bertahan sampai sekarang, karena rasanya yang enak sesuai dengan lidah orang Indonesia juga harganya yang murah. cukum merogok kocek 8,000 saja kamu sudah bisa menikmati makanan khas jawa timur yang satu ini.

Campuran dari tahu tek ini adalah lontong, tahu, kecambah, dan di atasnya disiram dengan bumbu petis, taburan seledri, bawang goreng dan tidak ketinggalan pula taburan kerupuk yang menambah sensai kenikmatan saat memakan tahu tek ini.

3. Pecel Semanggi Surabaya

makanan khas Surabaya
xohop.com

Bagi kamu para pemuru kuliner pasti tidak asing dengan pecel semanggi ini, yang merupakan salah satu dari bermacam-macam kuliner Surabaya. Sama halnya seperti daun-daunan yang lain yang bisa di makan seperti kangkung, bayam dan daun pepaya, daun semanggi ini Di Surabaya dijadikan campuran untuk nasi pecel, maka dari itu nesi pecel ini diberikan nama pecel semanggi Surabaya.

Sangat disayankan, kuliner Surabaya yang satu ini sudah diambang kepunahan, karena semakin sedikitnya penjual pecel semanggi ini. Tapi tenang, hampir punah bukan berarti tidak ada sama sekali. Jika kamu ingin mencoba cita rasa dari kuliner Surabaya yang satu ini, asal kamu benar-benar mau mencarinya pasti kamu mendapatkannya.

Kuliner Sate Surabaya

makanan khas Surabaya
kulinerbanua.com

Berbagai macam sate ada di seluruh wilayah Indonesia, begitu juga di Surabaya rupanya tidak mau kalah dengan kota kota lainnya semisal Madura yang sudah lama tersohor sate yang berasal dari Madura. Surabaya juga memiliki bayak macam sajian sate yang sedikitnya saya ulas di bawah  ini.

1. Sate Klopo Kuliner Surabaya

makanan khas Surabaya

Mungkin ada dari kalian yang berpikiran sate klopo ini adalah sate yang terbuat dari kelapa atau berbahan dasar kelapa iya kan? Kalu iya seperti itu, berarti kamu sedang berparasangka salah. Kenapa bisa salah, karena ternyata sate klopo yang merupakan makanan khas Surabaya ini adalah sate dengan bahan dasar daging sapi atau ayam yang dicampur dengan jeroan dan lemak sapi untuk menambah cita rasa gurih.

Sate klopo ini sebelum masuk ke proses pembakaran, terlebih dahulu akan di lumuri dengan parutan kelapa supaya rasa yang didapat menjadi gurih dan enak. Anda bisa menemukan sate klopo ini di sekitaran jalan walikota Mustajab Nomor 36, tepatnya di sebelah barat Balai Kota Surabaya.

2. Sate Lisidu Surabaya

makanan khas Surabaya
lisidu.id

Sate Lisidu ini akan mudah kamu dapatkan di sekitaran Jl. Kutai nomor 53, Wonokromo Surabaya. Kira-kira apa sih bedanya sate lisidu dengan sate pada umumnya? Kalau kamu belum tau perbedaannya, mari simak penjelasan ini.

ate lisidu ini memiliki bentuk yang pipih menjadikan keunikan tersendiri pada tampilan sate ini dan tidak kalah penting lagi sate lisidu ini bersih dari campuran arang sisa pembakaran, karena proses pembakarannya yang menggunakna cara pengipasan dari atas dan juga dari bawah.

3. Sate Karak di Surabaya

makanan khas Surabaya
kata.co.id

Kuliner khas Surabaya yang satu ini keberadaannya sudah cukup langka. Tapi yang namanya langka berarti masih ada penjual atau pembuatnnya iya kan. Kelangkaan sate karak atau sate kerak ini tidak menyrutkan penjual yang berada di Kawasan Sunnan Ampel Surabaya atau banyak juga dikenal dengan kampung Arab, lebih tepetnya berada di Jl. Ampek Lencong Nomor 60, Ampel, Semampir Surabaya.

Sate karak ini merupakan sate dengan bahan dasar usus yang pada penyajiannya dihidangkan dengan karak atau kita kenal dengan nasi ketan hitam yang ditambahkan dengan parutan kelapa. Kalau kamu mau tau gimana rasa dari sate karak ini, langsung saja kunjungi tempat penjual yang sudah saya tulis di atas.

Lontong Khas Surabaya

makanan khas Surabaya

Sarapan pagi peling enak makan lontong, berkuah enak nikmat dan tidak terlalu berat untuk di olah oleh perut. Untuk kamu yang lagi berada di Surabaya dan mencari-cari lontong, jangan khawatir di Surabaya ada lontong Khas Surabaya yang kalau kamu mencobanya dijamin akan ketagihan.

1. Lontong Kupang Surabaya

makanan khas Surabaya
travelingyuk.com

Apa kata orang, jika kamu belum mencoba lontong balap makanan khas Surabaya ini jangan menganggap diri kamu sudah berkunjung ke Surabaya. Lontong Kupang ini makanan dengan campuran Kupang putih yang mirip dengan kerang yang kemudian dimasak dengan cara direbus dan ditambahkan lontong, perasan jeruk nipis, dan petis.

Pada umumnya lontong Kupang disajikan dengan sate kerang dan es kelapa muda. Untuk anda yang penasaran akan citarasa dari lontong Kupang ini, kamu bisa berkunjung ke Jalan Darmo Indah Nomor 7 Surabaya tepatnya di warung lontong milik Bu Siti.

2. Lontong Balap Surabaya Paling Enak

makanan khas Surabaya
food.idntimes.com

jika anda sedang berwisata di kota Surabaya, jangan sampai tidak mencicipi makanan legendaris ini. Lontong Balap namanya, yang sudah banyak orang mengenal akan citarasanya yang menggoda selera.

Untuk kamu yang berniatan mencicipi makanan khas surabaya yang satu ini, coba lontong balap garuda pak gendut yang sudah berdiri sejak tahun 1956 yang lalu ini akan membuat lidah kamu tidak berhenti menggoyang kenikmatan rasanya.

Masakan Mie Khas Surabaya

makanan khas Surabaya
syafiradp.blogspot.co.id

Mie lagi mie lagi. Masakan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia terkhususnya untuk kamu yang tinggal di kos kosan dengan kantong minimalis, tentunya tidak bakal terhindar dari memasak mie instan yang murah dan enak ini. Di Surabaya terdapat masakan berbahan dasar mie yang banyak diolah sedemikian rupa. Penasaran apa saja masakannya? Baca saja tulisan ini sampai habis.

1. Mie Akhirat Kota SBY Jawa Timur

makanan khas Surabaya
ulinulin.com

Mie akhirat? Mendengar nama dari makanan ini terlihat seram dan membuat penasaran kenapa harus diberi nama mie akhirat.

Usut di usut kenapa mie yang satu ini diberi nama mie akhirat jawabannya adalah karena mie ini memiliki tekstur warnan pada minya itu putih dan hitam yang melambangkan antara syurga dan neraka atau baik dan buruk dan inspirasai dari pemberian nama pada mie ini dari urusan dunia setelah kematian, yaitu akhirat.

Ya, mudah-mudahan saja setelah kita memakan mie akhirat ini kita sadar akan kehidupan akhirat yang kekal dan mempersiapkan bekal selama masih berada di dunia untuk di akhirat nanti.

Keunikan dari mie ini juga pada cara mempromosikannya, mulai dari menggeratiskan mie akhirat untuk berbuka puasa senin dan kamis, ada diskon untuk kamu yang menjomblo lama dan banyak lagi keunikannya.

2. Mie Pecun Khas Surabaya

makanan khas Surabaya
travelingyuk.com

Mie pecun, walaupun namanya agak nyeleneh dan sukar untuk didengar, sebetulnya maksud dari mie pecun ini nama singkatan yang kepanjangannya ialah mie pedas bebes racun. Mie pecun ini mrupakan kuliner Surabaya yang memiliki berbagai tingkat atau level kepedasan. P

enamaan untuk mie pecun ini sendiri di buat sangat kreatif, semisal pecun bugil, pecun maniac untuk mie goreng, dan jug apecun bahenol. Daripada kamu penasaran akan cita rasanya, langsung saja kunjungi tempatnya yang berada di Jl. Anjasmoro tepat depan hotel Widodaren atau ke Jl. Siwalankerto tepatnya di samping kamus Universitas Kristen Petra.

Kuliner Bebek Khas Suarabaya

makanan khas Surabaya

Siapa yang tak tau akan keenakan daging bebek. Kekhasan rasa daging yang dimiliki bebek ini menjadikan orang Indonesia mengolah berbagai macam masakan yang berbahan dasar bebek. Begitu juga dengan Surabaya yang memiliki banyak varian olahan bebek yang sedikitnya saya jelaskan di artikel ini.

1. Masakan Bebek Mercon Surabaya

makanan khas Surabaya
tanahnusantara.com

Bebek Mercon! kuliner apa ini? apa maksudnya hidangan bebek dengan bunyi mercon saat menyantapnya? apa mungkin menyantap bebek sambil bermain mercon? atau mungkin masakan bebek yang dicampur dengan mercon?
Daripada penasaran langsung saja simak penjelasan singkat akan bebek mercon ini.

Mengapa diberi nama bebek mercon? jawabnya karena olahan makanan khas Surabaya yang satu ini terkenal akan cita rasanya yang pedas sehingga ketika kamu menyantapnya seakan-akan ada ledakan di mulut kamu.

Dalam satu porsi bebek mercon ini terdapat nasi putih yang masih hangat, bebek boreng, ada juga tahu goreng, lalapan pastinya, dan lebih penting lagi sambal bumbu rempah-rempah. Pokoknya kuliner Surabaya yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka memakan kuliner pedas.

2. Bebek Palupi Kuliner Surabaya

makanan khas Surabaya
travelingyuk.com

Bebek termasuk unggas yang banyak dijadikan berbagai macam olahan. Begitu juga dengan Surabaya menjadikan bebes sebagai salah satu kuliner khas Surabaya yang memiliki rasa nikmat gurih dan membuat anda ketagihan pastinya. Nama dari makanan khas Surabaya yang satu ini ialah bebek palupi yang di jual di sepanjang Jl. Raya Rungkut Asri Tengah no 10, Surabaya.

Bukan hanya bebek, warung ini juga menjual aneka menu yang lainnya, seperti ayam goreng, tahu tempe penyet dan pecel lele. Tapi masakan paling favorit iya pastinya bebek palupi. Untuk kamu yang lagi berada di Surabaya, tidak ada salahnya untuk mencicpi kuliner bebek palupi ini.

3. Bebek Goreng Sinjay

makanan khas Surabaya
rafifamir.com

Sebenernya bebek goreng sinjay ini makanan khas dari Bangkalan Madura, berhubung di Surabaya kuliner ini terkenal akan rasanya yang gurih, segar, asam dan pedas sambal mangga muda, menjadikan makanan ini tidak asing untuk orang Surabaya dan wisatawan yang lagi berwisata di Surabaya.

Kalau kamu ingin mencicipi kuliner ini, kamu bisa datang langsung di Jl. Kapas Krampung no 45, Surabaya. Bukan hanya di tempat ini saja, bebek goreng sinjay ini juga ada di beberapa cabang yang bisa kamu dapatkan di sekitar Kota Surabaya.

4. Bebek Tugu Pahlawan di Surabaya

makanan khas Surabaya
ulinulin.com

Cita rasa bebek tugu pahlawan yang nikmat menjadikan pelanggan setianya rela mengantri demi menikmati kuliner Surabaya yang satu ini. Bebek tugu pahlawan ini merupakan makanan khas Surabaya yang menyajikan satu porsi nasi hangat, ditambah lauknya bebek goreng dan sudah pasti ada sambalnya yang mantap dan sebegai cirikhas dari kuliner ini.

Untuk kamu yang penasaran akan kenikmatan dari masakan ini langsung saja kunjungi tempatnya yang berada di seberang jalan Tugu Pahlawan mulai dibuka jam 6 soer yang sudah pasti arek Suroboyo asli tau akan tempat ini. Walapun tempatnya sederhana, sekedar warung tenda saja, tapi pembeli yang datang selalu rame.

Rawon Kuliner Surabaya

makanan khas Surabaya
ulinulin.com

Siapa yang tak kenal akan keenakan rawon makanan khas jawa timur ini? Surabaya memiliki banyak macam masakan rawon, salah satunya rawon kalkulator namanya yang unik dan rasanya yang enak menjadikan rawon kalkulator ini banya diburu pecinta kuliner.

1. Rawon Kalkulator Taman Bungkul

makanan khas Surabaya
listeninda.com

Ada yang unik dengna nama makanan khas Surabaya yang satu ini, kurang tau pastinya kenapa di beri nama rawon kalkulator, yang penting kuliner ini mempunyai cita rasa yang enak. Keberadaan Kuliner Suabaya ini berada di Jl Raya Progo Surabaya, tepatnya berada di dalam sentral PKL taman bungkul Surabaya.

Satu porsi rawon kalkulator ini berisikan nasi putih hangat, dua daging sapi dengan irisan besar dan taburan bumbu rawon yang tidak diragukan lagi kenikmatannya. Warung yang menjual rawon Kalkulator ini ialah warung sedap malam yang mana dulunya cuma buka di malam hari saja, tapi tenang untuk sekarang ini sudah buka sejak pukul delapan pagi sampai malam hari.

2. Rawon Setan Khas Surabaya

makanan khas Surabaya
tokomesin.com

Untuk kamu yang suka dengan jeroan sapai, saya rekomendasikan makanan yang satu ini yaitu Rawon setan. Gak tau percisnya kenapa makanan khas Surabaya yang satu ini diberi nama rawon setan, mungkin ada rasa pedas yang menggelegat atau mungkin juga karena warna kuahnya yang hitam.

Warna hitam yang terdapat pada kuah rawon ini dikarenakan ada campuran bumu kluwak atau bumub khusus untuk membuat rawon. Sedangkan campuran dari isi rawon setan ini sendiri yaitu irisan daging sapi yang memiliki tekstur yang empuk ketika digigit, ada juga tambahan jeroan atau kikil sapi. Penasaran? silahkan langsung cicipi saja sendiri kenikmatannya yang banyak dijual di kota Surabaya.

Wisata Kuliner Surabaya Murah

makanan khas Surabaya
foodyfloody.com

Lagi berwisata ria di kota Surabaya, kuarang pas rasanya jika kamu tidak sekalian berwisata kuliner Surabaya yang murah dan enak pastinya. Banyak masakan unik di Surabaya yang harus kamu coba, agar ada sejarah tersendiri buat kamu di masa depen nanti.

1. Spesial Belut Surabaya

makanan khas Surabaya
beo-philosophy.blogspot.co.id

Siapa yang tak kenal dengan belut, si hewan melata mirip dengan ular yang hidupnya di lubang pesawahan, licin dan penuh akan gizi ini? Di Surabaya belut ini menjadi kuliner Surabaya yang diolah dengan campuran sambal pedas dan di ulek pake cobek dan ditemani dengan nasi putih hangat.

Nama dari kuliner yang satu ini adalah spesial belut Surabaya. Belut mengandung banyak zat gizi seperti vitamin A, viamin B, protein, fosfor, dan zat besi. Kalau kamu berkeinginan mencicipi kuliner belut ini, ada salah satu warung yang menjual spesial belut Surabaya yang terletak di jalan Banyu Urip Nomor 139, Surabaya.

2. Soto Lamongan Cak Har Surabaya

makanan khas Surabaya
arekuliner8b.blogspot.co.id

Untuk anda pecinta kuliner berkuah, jangan sampe meningalkan makanan khas Surabaya yang satu ini yaitu soto Lamongan Cak Har murah meriah dan dan tak perlu dipertanyakan lagi akan rasanya yang menendang lidah.

Soto Lamongan Cak Har ini mempunyai rasa lebih gurih dan kuahnya yang lebih kental dibanding soto-soto pada umumnya. Kamu juga bisa menyantap menu-menu yang lainnya semisal ceker ayam, daging ayam, berutu ayam dan juga jeroan. letak warung makanan ini ada di Jl. Ir. Soekarno Surabaya.

3. Warung Kepiting Cak gundul

makanan khas Surabaya
diahdidi.com

Kepiting merupakan hewan laut atau seafood yang banyak di jadikan bahan olahan berbagai masakan di dunia, terkhusus lagi di Indonesisa karena kelezatan dan kegurihan rasanya.

Di Surabaya juga ada masakan yang berbahan dasar dari kepting yaitu kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis yang biasa orang mengenalnya dengan nama warung kepiting cak gundul yang sudah berdiri sejak tahun 1992. Di warung ini kamu juga bisa memilih olahan seafood yang lainnya semisal kerang, udang, cumi dan pastinya juga ikan.

4. Tahu Campur Makanan Khas Surabaya

makanan khas Surabaya
ksmtour.com

Tahu campur ini perpaduan antara daging sapi, tahu goreng, perkedel, tauge, selaga dan singkong yang menjadikan kuliner ini lezat dan sangat sayang untuk dilewatkan. Ditambah lagi dengan bumbu petis yang disiram di setiap sajiannya.

Tahu campur ini merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang banyak orang memburunya karena rasanya yang enak dan harganya pas dengan kapasitas kantong kita. Tempat penjual tahu campur yang melegenda yaitu di Jl. Kalasan No 22 Tambak Sari.

Oleh Oleh Khas Surabaya Yang Terkenal

makanan khas Surabaya
ksmtour.com

Habis jalan-jalan di Surabaya, tapi pas pulang bingung mau cari makanan apa buat oleh oleh di rumah? langsung saja simak tulisan di bawah ini yang akan sedikit menjelaskan oleh oleh khas Surabaya.

1. Surabaya Snowcake Oleh-oleh Khas Surabaya

makanan khas Surabaya
laurangelia.com

Untuk anda penikmat makanan berjenis kue yang saat ini lagi hits-hitsnya, silahkan kunjungi Jl. Raya Jemursari no 91, Surabaya. Surabaya snowcake adalah makanan khas Surabaya terbaru yang mana pemiliknya ialah artis ibukota Zaskia Sungkar.

Outlet Surabaya Snowcake ini pada tanggal 2 April berapa bulan silam baru di resmikan. Sebenernya Surabaya snowcake ini berasal dari makanan khas piku yang penomenal di Kota Surabaya. Cuma saja, outlet Surabaya Snowcake spiku yang legendaris ini di renopasi ulang tampilannya dan rasa yang lebih banyak lagi juga kemasan yang lebih kekinian.

2. Almond Crispy Cheese Oleh-oleh Surabaya

oleh oleh khas Surabaya
bhinneka.com

Almond Crispy merupakan oleh oleh khas Surabaya yang terbuat dari bahan dasar tepung yang dicampur dengan campuran telur, gula, keju, susu bubuk, dan tidak lupa juga ditambahkan almond sebagai topping di atasnya.

engan teksturnya yang tipis dan renyah menjadikan almond crispy ini cemilan primadona masyarakat Surabaya dan para wisatawan yang lagi berkunjung. Terdapat 3 varian rasa dari almond crispy ini yaitu coklat, greentea dan original. Jika kamu berniatan mau mencicipu cemilan satu ini, silahkan kunjungi saja ke Jl Raya Jemursari No 164 Surabaya.

3. Es Kirm Zangrandi Surabaya Halal

minuman khas Surabaya
istikmalia.com

Es Krim Zangrandi ini sudah ada sejak tahun 1933 dan dinobatkan sebagai minuman khas Surabaya yang mana es krim ini dijual di bangunan bergaya eropa. Dengan cuaca Surabaya yang panas ini, paling menyantap es krim yang berada di bangunan bergaya Eropa. Menu yang melegenda di tempat ini ialah noddle ice cream.

4. Pakuwon food festival Surabaya

oleh oleh khas Surabaya
backpackercantik.blogspot.co.id

Lagi ada di Surabaya dan mau icip-icip makanan khas Surabaya yang serba lengkap, langsung saja kamu kunjungi Pakuwon Food Festival. Karena di tempat inilah kamu akan menemukan barbagai macam kuliner tradisional khas Surabaya dan di sini juga sering digelar festival makanan, semisal festival durian, festival sate, dan fertival kuliner yang lainnya. Daripada penasaran akan gimana serunya berkunjung di Pakuwon fodd festival ini, langsung saja berangkat.

Untuk kamu pecinta wisata kuliner yang semua jenis makanan enak kamu lahap jangan luap untuk cek selalu kesehatan kamu ke dokter terdekat dan apabila kamu mau mencari kumpulan artikel kesehatan di google juga banyak. Tinggal kamu mencari dan alangkah baiknya mendiskusikannya juga dengan dokter ahli.

Itulah artikel saya yang menjelaskan berbagai macam masakan khas Surabaya, wisata kuliner Surabaya murah, dan oleh oleh khas Surabaya. Mudah-mudahan aritikel ini bisa membantu kamu yang lagi mencari atau menggali informasi berbagai macam kuliner khas Surabaya. Saya ucapkan terima kasih untuk kamu dan kunjungi juga artikel yang lainnya.

Tinggalkan komentar