13 Alasan Mengapa Harus Memilih Kawah Putih Sebagai Tempat Wisata

KAWAH PUTIH – Berlibur ke Bandung, belum lengkap rasanya apabila anda belum berkunjung ke kawah putih yang terletak di Ciwidey Bandung ini. Wisata yang terletak di Jawa Barat ini cukup terkenal dikalangan semua orang. Berjarak kurang lebih 50 KM dengan waktu tempuh kurang lebih 2-2,5 jam dari arah selatan kota Bandung.

Danau ini terbentuk karena adanya letusan Gunung Patuha. Diberi nama kawah putih karena tanah yang berada pada kawasan ini berwarna putih karena perncampuran unsur belerang. Selain tanahnya berwarna putih, air danaunya juga berwarna putih kehijauan yang dapat berubah sesuai kadar belerang, suhu dan cuaca.

Terletak didaerah pegunungan kawah putih ini mempunyai ketinggian lebih dari 2.400 meter. Tentunya suhu disini mulai 8 derajat celcius hingga 22 derajat celcius. Jika anda berlibur ke tempat ini jangan lupa untuk membawa jaket ya. Wisata ini dibuka pada puku 7 pagi sampai 17.00 sore hari. Pemandangan yang indah membuat tempat ini digunakan untuk shooting, pre-wedding, melukis, mendaki, berfoto dan berkuda.

13 Alasan Mengapa Memilih Kawah Putih Sebagai Tempat Wisata

kawah putih
anekatempatwisata.com

Sebelum tempat ini menjadi wisata, pada abad ke-10 terjadi letusan gunung patuha. Setelah letusan ini terjadi masyarakat menganggap bahwa tempat ini angker. Mereka mempercayai bahwa burung yang akan melewati lokasi tersebut akan mati.

Seiring berjalannya waktu, pikiran masyarakat mulai terbuka hingga kepercayaan tersebut memudar. Pada tahun 1987, kawah putih mulai terkenal kembali karena menawarkan wisata yang danaunya dapat berubah warna. Anda perlu tahu, alasan apa yang membuat kami merekomendasikan kawah putih sebagai lokasi berlibur yang tepat.

1. Akses Mudah di Jangkau

Terletak di jalan raya soreang ciwidey km 25 dan tidak jauh dari wisata Situ Patenggang. Tentunya antara kedua wisata ini dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi karena memiliki banyak petunjuk jalan.

Untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi dapat melewati tol cipularang, dan untuk anda yang menggunakan transportasi umum turun terminal leuwih. Wisata ini ditunjang parkiran yang luas, mushola, transportasi memadai, pusat informasi, rumah makan dan warung serta toilet.

2. Tempat Terbaik Saat Honeymoon

Jika anda dan pasangan yang baru saja melaksanakan pernikahan, dan bingung memilih lokasi honeymoon. Anda dapat memilih kawah putih sebagai honeymoon anda. Karena lokasi disini memiliki pemandangan yang indah, udara yang sejuk, dan harga yang relatif terjangkau. Tentunya dengan honeymoon ketempat ini membuat anda dan pasangan akan merasa berkesan.

Baca Juga: Ulas Tuntas Tempat Wisata Ranca Upas Bandung

3. Tempat Untuk Mengabadikan Momen

Remaja saat ini sangat menyukai berfoto maupun selfie. View yang ada pada wisata ini tentunya akan menambah koleksi foto liburan anda.

Tidak hanya itu, lokasi ditempat ini selain digunakan sebagai foto sendiri, bersama teman dan keluarga juga dapat digunakan sebagai pre-wedding. Dengan begitu tentunya akan membuat hasil foto anda bagus dan menciptakan moment yang indah.

4. Berdekatan Dengan Tempat Wisata yang Lain

Anda tentunya memilih tempat wisata yang saling berdekatan satu sama lain. Bertujuan agar dapat berlibur tidak hanya disatu tempat saja tetapi di berbagai tempat.

Salah satu yang didapat jika anda berlibur ketempat ini anda juga dapat berwisata ketempat yang lainnya. Seperti : situ patenggan, kebun teh rancabali, ranca upas, pemandian air panas dan kebun strawberry ciwidey. Lokasi ini saling berdekatan satu sama lain sehingga dapat anda akses dengan mudah.

5. Biaya yang Relatif Murah

Biaya untuk memasuki lokasi ini relatif murah yaitu berkisar 15.000 sampai 20.000 ribu rupiah saja perorangnya. Harga tersebut sama saja pada hari biasa maupun akhir pekan.

Untuk tarif kendaraan sendiri juga beragam, parkir diatas dan dibawah tentunya memiliki harga yang beragam. Untuk anda yang memilih parkir diatas dikenakan biaya 150.000 ribu sampai 35 ribu rupiah. Namun, jika anda memilih parkir dibawah anda cukup menyediakan uang sebesar 25.000 ribu sampai 6 ribu rupiah saja.

6. Pemandangan yang Indah

Kami merekomendasikan wisata ini karena memiliki pemandangan yang indah. Sejak perjalanan menuju kawah ini yang melewati hutan sampai kekawah anda akan disajikan pemandangan yang sangat indah. Dan yang paling penting anda dapat merasakan udara yang sejuk.

7. Fasilitas Memadai

Banyak tempat wisata yang kurang didukung sarana prasarananya dan akses menuju lokasi terkadang kurang memadai. Tetapi, kawah putih ini berbeda ia menyervis wisatawan sebaik mungkin. Seperti lahan parkir yang luas, kamar mandi, information center, ontang-anting dan musholla yang bersih. Sehingga anda pasti akan betah berlibur ketempat ini.

8. Penginapan Dekat dan Murah

Anda tidak perlu khawatir jika ingin berlibur ketempat ini. Karena mereka memberikan penginapan dengan lokasi yang dekat dan harga yang terjangkau. Penginapannya juga memberikan harga yang relatif murah.

9. Rumah Makan Terjangkau

Harga yang ditawarkan dirumah makan sekitar tempat ini dengan harga yang cukup terjangkau. Tentunya tidak membuat anda menghabiskan uang yang banyak. Selain itu, makanan yang disajikan dimenu makanan juga beragam.

10. Banyak yang Menjual Souvenir

Setiap orang yang berlibur tentunya ingin membeli beberapa oleh-oleh untuk kerabat, tetangga dan saudara. Anda tidak perlu khawatir, karena ditempat wisata ini banyak yang menjual berbagai ragam souvenir dan oleh-oleh khas Jawa Barat itu sendiri.

Baca Juga: Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

11. View Untuk Fotografer

Jika anda seorang fotografer, dan bingung memilih view yang tepat untuk dijadikan koleksi. Anda dapat memilih tempat ini sebagai hunting bersama rekan kerja anda. Tentunya jika anda memilih lokasi ini tidak akan menyesal karena hasil fotonya pasti akan bagus.

12. Mendaki Santai

Mendaki tidak harus kegunung yang tinggi loh. Anda dapat mendaki santai ditempat ini bersama teman-teman anda. Mengingat lokasi ini memiliki ketinggian kurang lebih 2.400 meter.

Anda dapat memparkirkan kendaraan anda dipintu gerbang kemudian mendaki, tentunya akan membuat liburan lebih berkesan dengan melihat pemandangan yang indah dan berolahraga santai.

13. Terdapat Pemetikan Strawberry

Anda pencinta buah kecil berwarna merah ini? Nah, tempat ini juga memfasilitasi anda dengan pemetikan buah strawberry. Pastinya akan lebih fresh jika anda memetiknya sendiri karena anda dapat memilih buah yang strawberry yang besar maupun yang kecil. Anda tidak akan menyesal jika memetik buah strawberry disini.

Nah, itu tadi beberapa referensi mengapa harus memilih kawah putih sebagai wisata. Wisata ini termasuk kategori yang diminati oleh masyarakat karena memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Selain itu, menyajikan sarana dan prasarana yang bersih dan nyaman.

Dengan harga tiket yang relatif murah sehingga saat liburan tiba pengunjung pada datang ketempat tersebut untuk mengabadikan moment bersama orang tercinta. Pada liburan panjang dalam satu hari, pengunjung yang datang ke kawah putih ini mencapai ribuan orang.

Jika anda ingin berlibur ketempat ini, jangan lupa untuk menggunakan sunblock agar terhindar dari matahari. Gunakan pula masker, mengingat lokasi ini digunung dan memiliki aroma belerang yang menyengat. Jangan terlalu lama berdiam diri dikawah karena dapat menganggu pernafasan anda.

Yang ibnuasmara.com bagikan tadi adalah wawasan mengenai wisata kawah putih yang dapat menjadi referensi anda ketika ingin berlibur. Tentunya alasan kami merekomendasikannya karena memang pantas dijadikan tempat untuk anda berlibur bersama keluarga anda. Semoga referensi ini bermanfaat untuk mempermudah anda yang ingin berlibur ke kawah putih ini.

Tinggalkan komentar