Geopark Unesco di Indonesia Yang Harus Kamu Kunjungi

Indonesia terkenal akan wisata alamnya yang begitu memesona. Bentangan alamnya yang luas membuat kekayaan alam Indonesia seolah tak ada habisnya. Bahkan keindahanya ini tak hanya diakui warga lokal saja, melainkan dari seluruh dunia.

4 Geopark Unesco di Indonesia

sumber: travel.dream.co.id

Indonesia juga memiliki Geopark yang sangat indah. Tak tanggung-tanggung, ada 4 geopark yang diakui oleh UNESCO lho. Ada juga geopark yang bisa kamu datangi dengan mudah dengan tiket kereta api. Mana saja tempat indah tersebut? Langsung simak artikel berikut ya.

1. Gunung Batur

sumber:travel.detik.com

Terletak di Bali, Gunung Batur ini memiliki dua kaldera indah lengkap dengan fenomena mata air panas, aliran lava, kawah, serta dinding kalderanya yang luar biasa. Gunung batur merupakan keindahan alam sekaligus warisan alam yang sempurna, tak heran jika Unesco menetapkan Gunung Batur sebagai warisan dunia yang harus dilindungi.

Gunung Batur didominasi oleh budaya Hindu Bali dan memiliki keunikan flora serta fauna endemik yang tak akan kamu temukan di manapun.

2. Gunung Sewu

sumber:geopark.id

Pada tahun 2015 lalu, Gunung Sewu menyusul Gunung Batur dan ditetapkan menjadi warisan dunia oleh Unesco. Tempat nan indah ini berada di daerah Pacitan, Jawa Timur. Kamu bisa mengunjunginya dengan mudah hanya dengan membeli tiket kereta api saja.

Gunung sewu memiliki 33 geosite yang begitu indah dan sayang untuk kamu lewatkan. Ada juga gua sepanjang 25 Kilometer yang bernama Luweng Jaran. Dapatkan tiket kereta api murah menuju ke sana di traveloka dan segera nikmati keindahan alam ini.

3. Ciletuh Geopark

sumber:pariwisatabandung.info

Berada di daerah Sukabumi, Geopark yang juga ditetapkan sebagai warisan dunia oleh Unesco ini juga bisa kamu datangi dengan mudah hanya dengan membeli tiket kereta api. Di Ciletuh Geopark, kamu akan menemukan banyak lanskap indah seperti gunung, air terjun, sawah, dan kemudian bermuara di laut.

Pantai Cimaja sebagai muaranya juga biasa dipakai untuk lomba surfing internasional. Keren sekali kan? Cukup dengan beli tiket kereta api ke Sukabumi saja kamu sudah bisa menikmati pangket lengkap ini lho.

4. Gunung Rinjani

sumber:wikipedia.org

Sudah bukan rahasia lagi jika keindahan Gunung Rinjani ini begitu mengagumkan. Tak heran jika Unesco menetapkan Gunung Rinjani sebagai warisan dunia yang harus dijaga. Gunung yang terbentuk dari 6 ribu – 12 ribu tahun yang lalu ini memiliki lanskap yang lengkap. Mulai dari hutan semi gugur, pegunungan tropis, hutan cemara, dan juga savanna yang indah.

Di tahun 2019 nanti, Gunung Rinjani akan berperan sebagai tuan rumah pertemuan Geopark se Asia Pasifik. Segera pesan tiket ke Lombok untuk menikmati indahnya Gunung Rinjani ya.

Rugi banget kan jika kamu tinggal di Indonesia tapi belum pernah mengunjungi tempat-tempat tersebut. Unesco saja sudah mengakuinya, masak sih kamu tak berminat mengunjunginya? Selamat berlibur!

Tinggalkan komentar