Objek Wisata Gedung Sate Ikoniknya Kota Bandung Wajib Kamu Kunjungi

GEDUNG SATE – Jika berkunjung ke kota Bandung rasanya ada yang kurang bila belum datang ke gedung sate. Sebab, gedung yang satu ini disinyalir sebagai salah satu ikoniknya dari kota Bandung.

Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan gedung yang berarsitek Indo bercampur Belanda. Gedung yang terletak di Jalan Diponegoro Nomor 22 ini memang menjadi pusat perhatian buat wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan, jika pada akhir pekan objek wisata yang satu ini tidak pernah sepi oleh wisatawan

Mengapa Sering Disebut Dengan Gedung Sate?

tempat wisata di bandung
traveltodayindonesia.com

Sejatinya gedung yang dikenal sebagai ikoniknya kota Bandung dan sekaligus tempat wisata di bandung ini dulunya bernama  Gouvernemens Bedrijven. Akan tetapi saat ini gedung tersebut dikenal dengan nama gedung sate.

Mungkin salah satu penyebab sering di sebut bangunan sate adalah karena di bagian puncak gedung ada hiasan mirip tusuk sate. Jadi banyak orang yang menyebutkan gedung tersebut dengan nama gedung ataupun bangunan sate.

Fakta Menaraik Dari Gedung Sate

GEDUNG SATE
jurnalbandung.com

Banyak terdapat fakta-fakta menarik dari gedung yang dikenal sebagai ikoniknya kota Bandung. Lalu apa saja fakta-fakta menarik dari gedung ini? Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasannnya.

1. Menyimpan Lorong Rahasia bawah tanah

Jika dilihat dari luar, gedung yang satu ini tampak sangat kokoh dan megah, dengan arsitek khas kolonial Belanda. Tapi, siapa sangka jika gedung ini terdapat salah satu lorong rahasia bawah tanah yang menghubungkan gedung ini dengan gedung lain.

Kenapa harus dirahasiakan? Konon katanya, dulu ada seorang tawanan yang tewas di lorong tersebut, maka sekarang ditutup untuk umum.

2. Terdapat Ornamen Jambu

Jika pernah berkunjung ke tempat ini, pasti kamu pernah melihat ornamen berbentuk jambu dengan jumlah enam buah di atap gedung.

Banyak orang mengartikan, jika ornamen jambu tersebut sebagai tanda dari kesuburan wilayah kota Bandung. Sedangkan enam sendiri, sering diartikan sebagai total biaya yang digunakan untuk membangun gedung ini, yaitu enam juta golden.

3. Terdapat Tugu Serangan Gurhaka

Selain ada ornamen jambu, di gedung ini juga terdapat tugu serangan gerhana. Tugu yang bertuliskan “Dalam mempertahankan Gedung Sate terhadap serangan pasukan Gurhaka tanggal 3 Desember 1945” ini berada di halalaman gedung.

4. Bangunan Yang Tahan Gempa

Pembangunan gedung ini dipimpin oleh salah satu arsitek Belanda yang bernama Ir. J. Gerber dengan rancangan arsitek Indo dan Eropa.

Diklaim, gedung ini dibangun menggunakan material maupun persediaan yang banyak. Sehingga gedung yang menjadi salah satu ikoniknya kota Bandung ini tahan gempa hingga 9 SR. maka, tidak heran jika bangunan yang satu ini terlihat sangat kokoh.

Baca Juga: Ulas Lengkap Wisata Sejarah Situ Patenggang Bandung

Misteri Dari Gedung Ikoniknya Kota Bandung

gedung sate
republika.co.id

Jika mendengar yang namanya gedung sate atau ikoniknya kota Bandung, pasti kita akan terlintas dengan cerita horornya.

Bahkan gedung yang sering dikenal sebagai salah satu ikoniknya kota Bandung ini sering dikenal dengan misteri ataupun cerita horornya. Mungkin karena bangunannya yang besar dan sudah berumur ratusan tahun menjadikan gedung yang satu ini di kenal sangat angker.

Tapi perlu diketahui, misteri di gedung yang satu ini juga sering kali menjadi perbincangan warga, khususnya warga Bandung.

Entah lorong rahasianya, arsiteknya maupun sosok misterius dari penguin gedungnya. Bahkan tidak hanya itu saja, masih banyak misteri-misteri lain yang ada di gedung yang di kenal sebagai ikoniknya kota Bandung. Lalu apa saja? Berikut ini misteri-misteri yang ada di gedung ikoniknya kota Bandung yang perlu kamu ketahui.

1. Lorong Rahasia Yang Terdapat Di Gedung

Salah satu misteri yang terkenal di gedung ini adalah terdapat lorong rahasia yang ada di dalamnya. Konon katanya lorong rahasia yang terdapat di gedung ini berada di bawah tanah.

Selain itu, lorong rahasia ini dulunya dikenal sebagai jalan yang menghubungkan gedung sate dengan gedung  Pakuan. Biasanya jika wisatawan yang melewati ataupun berjalan di lorong rahasia ini sering melihat hal-hal yang aneh.

2. Arsitek Dari Gedungnya

Selain di kenal dengan lorong rahasia yang ada di dalamnya, arsitek dari gedung ini juga masih menjadi misteri. Banyak orang beranggapan, jika arsitek bernama Gerber yang di klaim sebagai arsitek dari bangunan bersejarah ini sebenarnya tidak pernah merancang.

Bahkan banyak yang beranggapan juga, jika yang merancang bangunan ini adalah arsitek lain. Lalu yang benar siapa? Mungkin hanya Gerber dan Yang Maha Kuasa yang tahu tentang semua misteri ini.

3. Sosok Misterius Dari Penghuni Gedung

Pasti kamu pernah dengar, jika di gedung sate terdapat salah satu sosok misterius yang dianggap sebagai salah penguninya. Itu semua memang benar adanya. Bahkan, ada salah satu wisatawan yang pernah meilhat sesosok kakek botak yang berjenggot panjang di dalam gedung. Namun ketika di hampiri, sesosok kakek tersebut langsung menghilang entah kemana.

4. Pohon Besar Yang Terkenal Angkernya

Yang tidak kalah misteriusnya dari bangunan yang di kenal ikoniknya kota Bandung adalah pohon besar yang ada di halaman belakang. Pohon besar yang ada di halaman belakang dari gedung tersebut dipercayai ada sesosok penguninya. Terbuki, ada beberapa pedagang di sekitar kawasan tersebut ketika buang air kecil, mereka langsung mengalami kesakitan selama empat hari.

5. Ada Jenazah Yang Tertinggal Di Gedung

Konon katanya, pada jaman dulu di gedung ini pernah di temukan tujuh jenazah terkubur di halaman gedung. Setelah itu, jenazah tersebut kemudian dikuburkan kembali di di tempat pemakanan Taman Pahlawan Cikutra. Namun ada cerita lain yang mengatakan, jika beberapa penjaga gedung merasakan ada kehadiran seorang pemuda dengan penampilan yang kuno. Biasanya pemuda misterius tersebut sering berjalan –jalan di kawasan gedung pada saat langit mulai gelap atau malam hari. Munginkah pemuda tersebut salah satu dari tujuh jenazah yang dulu pernah ditemukan?

Jam Buka

gedung sate
jejakpiknik.com

Jika ingin menikmati objek wisata ikonnya kota Bandung ini, kamu bisa datang pada hari libur ataupun pada akhir pekan. Sebab, gedung ini terbuka untuk umum hanya pada hari libur ataupun pada akhir pekan saja. Selain itu, jika ingin datang ke objek wisata ikon kota Bandung ini juga harus membutuhkan izin dari staf keamanan dulu. Jadi rencanakan akhir pekan kamu dengan datang ke gedung sate.

Lokasi Wisata Gedung Sate

Lokasi dari ikonnya kota Bandung ini berada di tempat yang sangat mudah dijangkau oleh semua orang. Sebab, lokasi dari gedung yang satu ini berada di pusat kota Bandung dan mempunyai kondisi jalan yang baik juga. Tepatnya berada di Jalan Diponegoro Nomor 22, Bandung, Jawa Barat.

Jika ingin berkunjung ke gedung sate ini, kamu juga bisa datang menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum seperti angkot.

Sedangkan jika ingin naik angkot, kamu bisa naik dari perempatan jalan r. H Juanda dan Jalan Suanjana menuju ke Jalan Cicaheum. Setelah itu, kamu akan langsung sampai tepat di depan tempat ikoniknya kota Bandung.

Tinggalkan komentar