Doa Sholat Witir, Tata Cara Lengkap dan Keutamaannya.

Doa Sholat Witir merupakan sarana kita setelah mengerjakan sholat witir, karena didalamnya ada banyak keutamaan yang akan diraih bagi orang yang mengerjakannya. Maka dari itu kita harus tau tata cara sholat witir, jumlah rakaatdalam witir , bacaan sholat witir, doa sholat witir, doa qunut dan hukum sholat witir sebelum tidur.

Kami akan ulas lengkap di dalam artikel ini mengenai sholat witir juga, doa sholat witir dan yang lainnya mengenai sholat witir yang harus kamu ketahui sebelum mengerjakan witir.

Sholat Witir

doa sholat witir
masjidnurulitishom.or.id

Sholat Witir merupakan sholat sunnah dengan jumlah rakaat ganjil yang dikerjakan setelah engerjakan sholat lainnya pada waktu malam misal: tahajud dan tarawih. Maksud sholat ini ialah sebagai pemungkas di waktu malam untuk “mengganjilkan” sholat-sholat yang genap.

Karena itu dalam mengerjakannya, dianjurkan untuk menjadikannya akhir dari sholat malam. Witir secara bahasa artinya ganjil, bukan penutup,  orang yang telah mengerjakan sholat witir, lalu setelahnya ada keinginan mengerjakan sholat sunnah lagi, itu dibolehkan.

Tapi jangan mengulangi sholat witir lagi, hal ini berlandasan riwayat Nasa’i, Abu Daud, dan Turmudzi yang menganggapnya hasan, dari Ali bin Abi Thalib radiallahu anhu berkata: “saya mendengar Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam, bersabda: Tidak ada dua kali witir dalam satu malam’.”

Dari Ummu Salamah radiallahu anha bahwa Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam, pernah mengerjakan lagi dua raka’at setelah witir sambil duduk. (diriwayatkan Abu Daud, Ahmad, Turmudzi dan lainnya)

Keutamaan Sholat Witir

doa sholat witir

Shoalt witir merupakan sholat sunnah mu’akad yang dianjurkan juga disemangatkan benar-benar dari Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam. Dari Ali bin Abi Thalib ra berkata: “Sebenarnya sholat witir itu bukan fardu seperti sholat-sholat lima waktu yang sudah jelas kewajibannya. Hanya saja Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam sesudah sholat witir, beliau bersabda: ‘wahai ahlul qur’an, lakukanlah sholat witir sebab Allah Swt itu witir  (Maha ESa) dan cinta sekali kepada ‘yang ganjil.” (HR. Ahmad dan ash-habussunah dan oleh Turmudzi berpendapat sebagai hadis hasan, sedangkan riwayat Hakim menganggap hadits shahih).

Tata Cara Sholat Witir

doa sholat witir
elsunnah.wordpress.com

Sholat witir  ini sholat yang selalu dikerjakan oleh Rasulullah Saw semasa hidupnya dan mempunyai kedudukan sebagai salah satu shalat sunnah muakkadah. Cara mengerjakannya tidak ada anjuran dilaksanakan secara berjema’ah kecuali sholat witir pada pertengahan Bulan Ramadhan yang dikerjakan stelah sholat tarawih.

Sesuai dengan anjuran Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam sebaiknya witir dikerjakan setelah sholat isya jika khawatir tidak bisa untuk bangun pada waktu tengah malam, tapi jika dipastikan bisa bangun pada tengah malam atau akhir malam, maka sebaiknya dikerjakan setelah shalat tahajud sebagai pengakhir sholat malam dan juga merupakan waktu yang paling utama.

Untuk mengetahui jelas Bagaimana cara sholat tahajud yang benar, silakan kamu kunjungi tulisan saya yang lain yaitu mengenai Panduan Sholat Tahajud. di situ akan diterangkan dengan jelas dan rinci mengenai sholat tahajud, keutamaan sholat tahajud dan yang lainnya.

Tata Cara Sholat Witir 1 Raka’at

Doa sholat witir

Untuk kalian yang mungkin memiliki waktu yang terbatas atau sangat singkat atau mau mengerjakan sholat witir tapi sedikit lagi waktu subuh tiba, maka diperbolehkan mengerjakan sholat cukup dengan satu raka’at saja. hali ini dikuatkan oleh salah satu hadits di atas.

Untuk cara sholat witir dengan satu rakaat yaitu sama dengan sholat sunnah yang lainnya, cuma perbedaanya disini terdapat pada niat dan jumlah raka’atnya yang dimana setelah satu rakaat kita langsung melakukan duduk tasyahud akhir dan salam.

Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat

doa sholat witir

Bagi kalian yang sudah biasa mengerjakan sholat witir 3 rakaat, lebih baik apabila kita mengetahui dalilnya, sehingga kita lebih khusyu dalam mengerjakan ibadah sholat sunnah witir ini yang sesua dengan ajaran Rasulullah Saw. Di atas adalah dalil yang menerangkan sholat witir 3 raka’at.

Sedangkan untuk pelaksanaanya, tidak sama dengan pelaksanaan Sholat Maghrib yang sama berjumlah 3 rakaat. Di dalam melaksanakan Sholat Maghrib kita mendapatkan dua tasyahud (tasyahud awal dan tasyahud akhir) tapi beda dengan sholat witir.

Ada dua persi dalam mengerjakan sholat witir, yang pertama dengan dua salam yaitu dua rakaat pertama terus salam dan dilanjutkan satu rakaat terakhir lalu salam. Sedangkan yang kedua dengan satu salam yaitu tiga rakaat dengan satu kali tasyahud (langsung tasyahud akhir) lalu salam. Terserah kalian mau milih yang mana, karena dua-duanya ada rujukannya.

Sholat Witir yang Benar

doa sholat witir
doaharian.info

Setiap amalan mengenai dengan amalan ibadah, setidaknya kita mempunyai landasan dalil sebelum melakukan suatu amalan itu, entah dalil dari al-Qur’an maupun dari hadits Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam. Sama juga seperti halnya dalam sholat witir, kita harus mempunyai hujjah atau dalil agar kita yakin dalam mengamalkannya.

Karena setiap amalan itu akan diterima dengan syarat ada tuntunan dari Rasulullah sallallahu ‘alaihi wassalam dan ikhlas dala mengerjakannya semata-mata hanya karena Allah subhanallahu wa ta’ala.

Waktu Sholat Witir

Para ulama sepakat mengenai waktu sholat sunat witir itu adalah sehabis shalat ‘Isya dan berlangsung sampai waktu fajar.  Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam. sendiri megerjakan shalat witir kadang pada awal malam, kadang pada pertengahan malam dan kadang juga pada terakhir malam.

Begitulah dari  hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dari Abu Mas’ud al-Anshari Dari Abdullah bin Abu Qais, berkata: “Saya tanya kepada Ummul mukminin ‘Aisyah radiallahu ‘anha. tentang sholat witir Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasalam. Aisyah ra menjawab: ‘Adakalanya Rasulullah Saw itu sholat witir pada awal malam’. Saya bertanya juga, apakah bacaan Rasulullah Saw itu menggunakan suara perlahan-lahan atau suara  keras ? ‘Aisyah r.a. menjawab: ‘Kedua cara itu Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam pernah melakukannya, adakalanya dengan keras dan adakalanya juga dengan perlahan; juga Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam. itu adakalanya mandi besar (Junub) dulu lalu tidur dan adakalanya juga cuma berwudlu lalu tidur.” (Diriwayatkan oleh Ahmad, juga Abu Daud, oleh Muslim danTurmudzi).

Sholat Witir Sebelum Tidur

Dari kapan diperbolehkannya shalat witir sebelum tidur?

Ada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah mengenai wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepadanya. Abu Hurairah berkata,

doa sholat witir

 

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di berkata, “Disunnahkan mengerjakan witir sebelum tidur (di awal malam) jika dikarenakan dua kondisi:

  1. Khawatir tidak bangun pada akhir malam.
  2. Melaksanakan shalat tarawih (qiyam Ramadhan) terus ditutup dengan sholat witir. Yang lebih afdhol adalah mengikuti imam mengerjakan sholat witir di awal malam. Boleh pula ia dijadikan genap dalam shalat witir yang ia kerjakan bersama imam. Namun lebih baik tetap tidak menggenapkannya seperti itu. Siapa yang mau mengerjakan shalat lagi di akhir malam, maka ia di perbolehkan mengerjakannya tanpa sholat witir lagi. Karena dalam hadits lainnya dijelaskan,

 Doa Sholat Witir

Dalam pembahasan yang lain kita dianjurkan melakukan sholat witir setelah tidur atau di akhir malam.

Bacaan Sholat Witir

doa sholat witir

  • Bacaan ayat atau surat apa setelah Surah Al-Fatihah, dalam shalat Witir itu boleh membaca ayat apapun dari Al-Qur’an. Ali bin Abi Thalib r.a. berkata: “Di dalam Al-Qur’an tidak ada yang bisa diabaikan. Oleh karena itu dalam shalat witir bolehlah kalian membaca sesukamu.
  • Tetapi disunahkan dalam mengerjakan sholat witir dengan tiga raka’at, sebaiknya menggunakan surat-surat seperti yang diriwayatkan dari Abu Daud, Ahmad, dan Turmudzi yang olehnya menganggap sebagai hadits yang hasan, dariAisyah radiallahu anha., berkata: “Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam. di dalam Witirnya dalam raka’at pertama, membaca Sabbihisma rabbikal a’laa (Surah Al-A’la), dalam raka’at kedua, Qul yaa ayyuhal kaafiruun (Surah Al-Kafirun) sedang dalam raka’at yang lainnya yaitu raka’at yang ketiga membaca Qul huwallaahu ahad (Surah Al-Ikhlash) juga dua surat mu’awwadzah (an-Nas dan al-Falaq).

Doa Sholat Witir

Seseorang yang selesai melaksanakan sholat Witir disunahkan membaca doa sholat witir, yaitu:doa sholat witir   “Subhaanal malikil Qudduus”. di baca tiga kali dan kali ketiga dikeraskan suaranya, lalu diteruskan dengan membaca “Rabbil malaaikati warruuh“, ini atas dasar apa yang diriwayatkan oleh Nasa’i dan Abu Daud dari Ubay bin Ka’ab.

Setelah itu hendaklah membaca do’a yang berada di bawah ini:

doa sholat witir

Doa Qunut Dalam Witir

doa sholat witir
muslimtoday.net

Baca doa Qunut dalam sholat witir itu disyari’atkan berdasarkan hadits yang telah diriwayatkan oleh Ahmad dan As-Habus Sunan juga lain-lainnya dari hadits Hasan bin Ali radiallahu anuma., bahwa: Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam. mengajarkan do’a-do’a guna saya baca di dalam witir.

doa sholat witir

Turmudzi berpenapat: “Hadits ini adalah hasan. Bahkan tidak ada suatu keterangan satu pun tentang qunut dari Rasulullah saw. yang lebih baik dari pada hadits ini. Begitu juga madzhab Ibn Mas’ud, Al-Barra’ Anas, Abu Musa, Ibnu Abbas, Hasan al-Basri, Tsauri, Ibnul Mubarrak, Umar bin Abdul ‘Aziz, ulama-ulama hanafiah dan juga salah satu riwayat Imam Ahmad. 

Adapun riwayat Imam Syafi’i dan yang lain-lain berpendapat tidak perlu baca do’a qunut itu kecuali di dalam pertengahan yang terakhir dari Bulan Ramdhan, ini didasarkan riwayat dari Abu Daud bahwa Umar bin Khattab kumpulkan orang banyak guna mengerjakan shalat jama’ah dengan Ubai bin Ka’ab sebagai imamnya. Ubai bin Ka’ab Selama dua puluh hari mengimami mereka tidak pernah melakukan doa qunut melainkan pada saat pertengahan akhir Bulan Ramadhan.

Wallaahu a’lam.

Doa Sholat Witir di Atas hanyalah sekedar rujukan buat kalian baca, dan alangkah baiknya kamu jangan cuma brpatokan pada doa sholat witir di atas tapi berdo’alah sebanyak mungkin dan sebutkan segala apa pengharapan, keluh kesah yang kamu minta kepada Allah Swt, niscaya Allah Swt akan mengabulkannya.

COPY CODE SNIPPET

Tinggalkan komentar