Tuntunan Lengkap Tata Cara Dan Bacaan Doa Sholat Tahajud

DOA SHOLAT TAHAJUD – Sholat tahajud atau biasa disebut qiyamul lail atau sholat lail merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat istimewa. Hal ini karena sholat tahajud adalah satu-satunya sholat sunnah yang perintahnya langsung disebutkan dalam Al Qur’an.

Oleh karena itu, tidak ada sholat sunnah yang mampu menandinginya. Bahkan Allah SWT telah menjanjikan siapapun yang memanjatkan doa sholat tahajud akan dikabulkan, tentunya harus dengan kesungguhan. Menghiasi malam dengan sholat tahajud akan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT sebagai Sang Pencipta alam semesta.

Bahkan, dengan menjalankan sholat sunnah ini kita akan dipenuhi banyak fadhilah yang sangat luar biasa. Tak sedikit orang yang telah menggapai keistimewaan yang terdapat di dalamnya. Misalnya diberikan jalan terang semasa di dunia, bahkan juga diberikan jalan terang ketika di akhirat.

Termasuk menjadi golongan orang sholeh yang senantiasa dibersihkan jiwanya dari hal-hal yang buruk. Selain itu, kita juga akan menjadi golongan yang selalu mendapat rahmat dan hidayah dari Allah SWT. Bahkan masih banyak fadhilah yang akan kita dapat jika melaksanakan sholat sunnah ini.

Tata Cara Sholat Tahajud

Sholat tahajud
sangpencerah.id

Tata cara sholat tahajud sebenarnya sama halnya dengan sholat sunnah pada umumnya. Sebelum kita melaksanakan sholat tahajud, disyaratkan suci dari hadats kecil dan hadats besar serta harus menutup aurat. Kita juga harus suci dari najis baik pakaian, tempat, dan badan.

Ketika sholat badan tegap, pandangan mata menghadap ke tempat sujud dan menghadap kiblat. Selain itu, sebelum sholat terlebih dahulu membaca niat sholat tahajud dan diakhiri dengan salam. Berikut tata cara sholat tahajud secara umum.

  • Niat
  • Berdiri (bagi yang mampu)
  • Takbiratul ihram, diikuti doa iftitah
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat atau ayat Al Qur’an
  • Ruku dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri untuk menunaikan rakaat kedua
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat atau ayat Al Qur’an
  • Ruku dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  • Salam
  • Tertib (melakukan sesuai urutan)

Setelah selesai menunaikan sholat tahajud kemudian berdoa. Kemudian ditutup dengan sholat witir.

Waktu Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud
wajibbaca.com

Jika kita menjalankan sholat tahajud, banyak sekali fadhilah yang akan kita dapatkan. Lantas, adakah waktu terbaik untuk menunaikan sholat tahajud? Berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah ada beberapa waktu yang terbaik untuk menjalankan sholat sunnah dan doa sholat tahajud ini.

Malam hari setelah isya dan bangun dari tidur adalah waktu dimulainya sholat tahajud. Bahkan dari waktu malam tersebut, ada waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat sunnah ini. Oleh karena itu, sebaiknya kita memilih waktu yang lebih utama dalam menjalankan sholat tahajud tersebut. Berikut runtutan waktu-waktu pilihan sholat tahajud.

1. Sepertiga Malam Yang Pertama

Sholat tahajud dapat dilakukan pada sepertiga malam pertama. Waktu tersebut juga salah satu yang termasuk waktu yang utama yakni setelah sholat isya sampai pukul sepuluh malam. Sebelum melakukan sholat tahajud tentu harus tidur terlebih dahulu walaupun hanya sebentar.

2. Sepertiga Malam Yang Kedua

Waktu yang lebih utama untuk sholat tahajud yaitu sepertiga malam yang kedua yakni sekitar jam sepuluh malam hingga jam satu dini hari. Biasanya kebanyakan orang kesulitan untuk terbangun pada jam-jam tersebut. Namun, jika kita berhasil melawan godaan nafsu tersebut maka banyak fadhilah dan juga keistimewaan yang akan kita dapatkan.

3. Sepertiga Malam Yang Terakhir

Sholat tahajud pada sepertiga malam yang terakhir merupakan waktu yang paling utama. Waktu sholat ini berkisar pukul satu dini hari sampai dengan sebelum memasuki waktu sholat subuh. Sepertiga malam yang terakhir ini biasa disebut dalam Al Qur’an dan juga Sunnah sebagai waktu afdhal untuk menunaikan ibadah sunnah di malam hari.

Terlebih untuk menjalankan sholat tahajud. Hal ini berdasarkan hadist Nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Hadist tersebut sebagai berikut.

Oleh karena itu, waktu sepertiga malam yang terakhir ini menjadi waktu paling utama mengerjakan ibadah sunnah seperti sholat tahajud.  Dengan menunaikan ibadah sunnah di waktu yang paling utama ini, semoga fadhilah yang terdapat didalamnya mampu diraih.

Selain itu, diharapkan dapat menjadikan kualitas hidup yang lebih baik dan mendapat perlindungan dari Sang Pencipta alam semesta ini.

4) Bulan Ramadhan

Sholat tahajud tidak hanya dilaksanakan pada hari-hari biasa saja. Jika kita menunaikan sholat beserta doa sholat tahajud pada bulan ramadhan sebagaimana diyakini sebagai bulan penuh berkah, maka mampu melebur dosa-dosa yang ada.

Tentunya waktu tersebut tidak boleh kita sia-siakan begitu saja. Hal ini karena bulan ramadhan hanya datang satu tahun sekali. Sangat disayangkan jika kita tidak menghiasi malam ramadhan tersebut dengan sholat tahajud.

Niat Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat tahjud
jart-gallery.blogspot.co.id

Sholat tahajud atau sholat qiyamul lail adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur terlebih dahulu sebelumnya. Bacaan niat sholat tahajud tersebut adalah sebagai berikut.

Rakaat Sholat Tahajud

Jumlah rakaat sholat tahajud tidak terbatas. Paling sedikit adalah dua rakaat. Sholat sunnah ini dikerjakan dalam dua rakaat satu salam. Namun, sholat tahajud yang dianjurkan oleh Allah SWT dengan perantara Nabi Muhammad SAW adalah sebanyak 11 atau 13 rakaat dan dilakukan sebanyak dua rakat dua rakaat dan diakhiri dengan satu salam.

Bacaan Doa Sholat Tahajud

Sholat Tahajud
the-chantary.blogspot.co.id

Pada dasarnya tidak ada doa tertentu yang dipanjatkan pada saat sholat tahajud. Kita dapat berdoa kepada Allah SWT sesuai dengan hajat dengan bahasa kita masing-masing. Apakah itu berdoa dengan menggunakan bahasa Arab, Indonesia, atau bahasa lain yang dapat kita pahami. Kita dapat melakukan doa sholat tahajud ketika sedang sujud atau menjelang salam sesudah tasyahud.

Adapun bacaan doa khusus yang dibaca ketika sedang melaksanakan sholat tahajud. Doa ini biasanya dibaca oleh Nabi Muhammad SAW saat mengawali sholat malamnya yaitu berupa doa iftitah. Hal ini berdasarkan beberapa hadist shahih sebagai berikut.

Artinya:

Doa Setelah Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud

Salah satu yang menjadi pembeda antara sholat wajib dengan sholat tahajud adalah bacaan doa setelah sholat tahajud. Sebenarnya kita dapat melakukan doa setelah sholat tahajud dengan bahasa masing-masing yang dapat kita pahami.

Hal yang harus kita perhatikan adalah memanjatkan doa dengan sungguh-sungguh dan meminta kepada Allah SWT dengan khusu’. Selain itu, yakinkan diri kita bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa yang telah kita panjatkan. Dengan demikian, mudah-mudahan doa yang telah kita panjatkan cepat dikabulkan.

Bacaan doa setelah sholat tahajud cukup panjang. Oleh karena itu, akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghafalnya. Namun, kita dapat memulai berlatih untuk menghafalnya secara baik dan benar. Selain itu, kita harus rajin berlatih membaca doa tersebut. Lakukanlah sesering mungkin agar kita cepat hafal dan dapat diingat di dalam hati. Berikut bacaan doa setelah sholat tahajud beserta dengan artinya.

Bacaannya:

Artinya:

Setelah selesai membaca doa tersebut, bacalah istighfar semampu kita. Bacaan istighfar sebagai berikut.

Keutamaan Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud
blog.bersiap.com

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, kita seharusnya termotivasi untuk membiasakan diri mengamalkannya. Berikut beberapa keutamaan sholat tahajud.

1) Kedudukan Terpuji

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al Isra’ ayat 79. Surat tersebut berisi siapa yang ahli sholat tahajud akan diangkat oleh Allah SWT ke tempat atau kedudukan terpuji.

2) Kunci Masuk Surga

3) Sholat Sunnah Paling Utama

Sholat tahajud atau qiyamul lail merupakan sholat sunnah yang paling utama. Hal ini karena sholat tahajud adalah satu-satunya sholat sunnah yang diperintahkan langsung dalam Al Qur’an. Selain itu, Rasullulah bersabda.

4) Kemuliaan Dan Kewibawaan

Selain dijanjikan kemuliaan di dalam akhirat, orang-orang ahli sholat tahajud juga akan mendapat kedudukan yang mulia di dunia. Allah SWT akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

5) Kebiasaan Orang Sholeh

Sholat tahajud merupakan kebiasaan orang-orang sholeh terdahulu. Oleh karena itu, barang siapa mengerjakan sholat tahajud maka ia juga akan tercatat sebagai orang sholeh sebagaimana mereka.

6) Penghapus Dan Pencegah Dosa

Setiap manusia pasti memiliki dosa, tidak terkecuali kita. Dosa-dosa kecil dapat digugurkan dengan menjalankan sholat sunnah ini. Selain itu, sholat tahajud mampu mencegah seseorang dari perbuatan dosa. Orang yang melaksanakan sholat lail ini akan mendapat taufiq dari Allah SWT sehingga dirinya terjauhkan dari dosa dan juga maksiat.

Manfaat Sholat Tahajud

Sholat Tahajud
baabulilmi.com

Berikut beberapa manfaat yang akan diperoleh ketika melaksanakan sholat tahajud.

1. Dikabulkannya Doa-Doa

Manfaat pertama dari sholat tahajud adalah dikabulkannya doa-doa. Allah SWT tidak memandang kaya ataupun miskin tetapi Dia melihat kesungguhan ketika seseorang memanjatkan doa sholat tahajud. Seperti yang diketahui, sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari.

Paling utama sholat sunnah ini dikerjakan sepertiga malam sampai menjelang waktu sholat subuh. Pada waktu inilah Allah SWT mengabulkan doa-doa hambanya. Hal ini berdasarkan hadits Nabi sebagai berikut.

2. Alloh Mengangkat Derajat Ke Tempat Yang Terpuji

Manfaat sholat tahajud berikutnya adalah Allah SWT akan mengangkat derajat ke tempat yang terpuji. Hal ini berdasarkan Al Qur’an surat Al-Isra’ ayat 79:

3. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Manfaat sholat tahajud berikutnya adalah mendekatkan diri kepada Alloh SWt. Hal ini dikuatkan dengan hadist dari Rasulullah SAW sebagai berikut.

4. Memperoleh Berbagai Kemuliaan

Manfaat sholat tahajud yang keempat yaitu memperoleh berbagai kemuliaan. Hal ini diperkuat hadist Rasullulah SAW, Beliau bersabda:

Adapun lima keutamaan di dunia yang disebutkan dalam hadist tersebut yaitu:

  • akan dipelihara dari segala macam bencana oleh Allah SWT,
  • ketaatannya akan tampak kelihatan di bagian muka ,
  • akan dicintai oleh hamba Allah yang shaleh dan juga sesama manusia,
  • lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang memiliki hikmah,
  • akan dijadikan orang bijaksana dengan diberikan pemahaman dalam hal agama.

5. Mengusir Penyakit Dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tak banyak orang yang menyadari kepatuhan kita dalam mengerjakan berbagai ibadah misalnya sholat tahajud berpengaruh terhadap meningkatnya kekebalan tubuh. Prof. Dr. Mohammad Shaleh membuktikan dengan penelitiannya bahwa disaat kekebalan tubuh meningkat maka segala penyakit yang menyerang akan musnah.

6. Menjauhkan Diri Dari Kelalaian Hati

Manfaat lain yang akan kita peroleh yaitu menjauhkan diri dari kelalaian hati. Penjelasan ini dapat ditemukan dalam hadist Rasullulah SAW berikut.

7. Menang Dalam Jihad Melawan Musuh

Musuh terbesar dalam diri seorang manusia adalah hawa nafsu. Sebagian orang akan merasa berat melaksanakan sholat tahajud karena dilaksanakan disaat orang-orang tertidur pulas. Godaan melanjutkan tidur sangat besar pada jam-jam tersebut.

Oleh karena itu, orang-orang yang melaksanakan sholat tahajud berarti telah berhasil melawan godaan dalam dirinya demi beribadah kepada Allah SWT.

8. Penghapus Dosa Serta Pencegah Berbuat Dosa

Sholat tahajud merupakan salah satu sarana mendekatkan diri dengan Allah SWT. Jika kita ingin meminta sesuatu tentu kita harus mendekatkan diri kepada yang akan kita mintai. Seperti halnya jika kita ingin memohon ampun atas dosa-dosa yang telah diperbuat. Kita juga harus mendekatkan diri kepada Allah SWT agar tobat kita diterima serta diampuni.

Sholat qiyamul lail ini hanya akan dilakukan secara rutin oleh orang-orang  yang mempunyai niat tulus. Oleh karena itu, keutamaan sholat tahajud hanya akan diberikan kepada orang yang mau serta mampu melaksanakan sholat tahajud dengan keihlasan dan niat yang sungguh-sungguh.

9. Jaminan Masuk Surga

Orang yang menunaikan sholat lail dengan penuh keikhlasan maka akan dijamin masuk surga. Hal tersebut diriwayatkan pada sebuah hadist yang menyatakan bahwa jaminan masuk surga bagi orang-orang yang melaksanakan sholat tahajud.

Sholat tahajud ini dilaksanakan pada saat malam hari ketika orang-orang tertidur lelap. Orang yang hendak sholat tahajud bangun dan mengambil air wudhu. Kelihatannya sangat mudah tetapi sangat berat jika belum terbiasa.

10. Mendapat Keringanan Ketika Dihisab Di Akhirat

Di akhirat nanti tidak akan ada yang menolong kita kecuali amalan yang telah kita lakukan selama di dunia. Ketika amal kita dihisab ata ditimbang, inilah yang akan menjadi penentu kita akan masuk surga atau neraka. Ketika amalan kita lebih berat maka kita akan masuk surga dan sebaliknya.

Seorang muslim yang rajin melaksanakan sholat tahajud akan mendapatkan keringan ketika proses penghisaban di dalam akhirat. Doa-doa yang telah kita panjatkan saat kita melaksanakan sholat tahajud akan dikabulkan. Hal ini karena berdoa di sepertiga malam sangat mustajab.

11. Penyebab Khusnul Khotimah

Siapapun yang hidup di dunia pasti akan mengalami kematian, tidak terkecuali kita. Satu hal yang menjadi point penting ketika meninggal dunia adalah khusnul khotimah. Hal ini yang akan menentukan kita masih dalam keadaan islam dan iman ataukah tidak ketika nyawa kita dicabut. Ketika mati tidak membawa iman maka amalan yang telah kita lakukan selama di dunia tidak memiliki arti apapun.

Menunaikan sholat tahajud akan senantiasa mendekatkan diri kita kepada Allah SWT karena ajal akan menjemput kita kapanpun tanpa kita ketahui.  Semoga dengan rutin melaksanakan sholat tahajud akan mengantakan kita menuju khusnul khotimah.

Doa Sholat Witir

Sholat Tahajud
zanfadli.wordpress.com

Sholat witir biasanya dikerjakan pada akhir malam sebagai penutup sholat sunnah yang lainnya. Salah satu sholat sunnah tersebut adalah sholat tahajud. Jumlah rakaat sholat witir harus dikerjakan dengan jumlah rakaat ganjil seperti satu, tiga, lima, tujuh, dan seterusnya.

Sebanyak-banyaknya sholat witir adalah 11 rakaat. Sebagai contoh jika kita akan melaksanakan sholat witir 3 rakaat maka sholat pertama dua rakaat kemudian salam. Seletah itu dilanjutkan sholat yang kedua sebanyak satu rakaat. Kita juga dapat mengerjakan sholat witir tersebut tiga rakaat dengan satu kali salam. Sedangkan bacaan dan gerakan sholat witir sama seperti sholat wajib yang membedakannya hanya niatnya.

Setelah melaksanakan sholat witir, kemudian dilanjutkan dengan membaca wirid dan doa setelah sholat witir. Berikut bacaan doa sholat witir, beserta bacaan latin dan juga artinya.

Setelah membaca doa tersebut kemudian dilanjutkan dengan membaca doa di bawah ini.

Ada banyak manfaat yang dirasakan jika terbiasa melaksanakan sholat  tahajud. Menghidupkan doa malam tidak hanya berguna ketika berada dalam masalah atau berkabung tetapi kita akan dapat merasakan ketenangan dalam hidup.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kita menjadikan sholat tahajud sebagai kebiasan dalam kehidupan sehari-hari. Demikian ulasan mengenai doa sholat tahajud. Semoga dapat dijadikan referensi dan juga bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan komentar