Panduan Lengkap Cara, Doa Sholat Dhuha Dan Keutamaannya

DOA SHOLAT DHUHA – Dalam agama Islam banyak sekali jenis ibadah yang bisa dilakukan, baik ibadah wajib maupun ibadah sunah. Ibadah wajib merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh semua orang yang sudah baligh dan jika tidak melaksanakannya akan berdosa.

Contoh dari ibadah wajib yaitu sholat dan berpuasa di bulan Ramadhan. Sedangkan ibadah sunah yaitu ibadah yang dianjurkan tetapi tidak diwajibkan. Seseorang yang melakukan ibadah sunah akan mendapatkan pahala dan jika tidak melaksanakan juga tidak akan berdosa.

Diantara ibadah sunah ini yaitu sholat Dhuha, sholat Tahjud, sholat Witir, Puasa Senin dan Kamis, dan masih banyak ibadah sunah lainnya. Salah satu ibadah sunah yang banyak dilakukan yaitu sholat Dhuha.

Salah satu hikmah yang dapat diperoleh ketika melakukan sholat Dhuha yaitu dapat memperlancar rizki. Namun, setiap ibadah juga memiliki tata cara masing-masing, termasuk niat dan doa sholat Dhuha yang harus diperhatikan. Sehingga, kita bisa melaksanakan ibadah sholat Dhuha dengan khusyuk.

Niat Sholat Dhuha

doa sholat witir
elsunnah.wordpress.com

Semua ulama sepakat bahwa letak niata ialah di dalam kalbu atau hati seseorang. Banyak orang yang berniat dengan mengucapkannya. Ini tidak lain adalah dengan tujuan  untuk bisa menghadirkan niat di dalam hati.

Secara umum, niat sholat Dhuha yaitu sebagai berikut.

Doa Sholat Dhuha

Tata Cara Sholat Tahajud

Selain niat, doa merupakan hal yang juga sangat perlu diperhatikan dalam melaksanakan sholat. Doa merupakan wujud manifestasi manusia sebagai makhluk yang lemah. Sehingga masih membutuhkan banyak pertolongan Allah untuk bisa melakukan segala aktivitas dan memenuhi kebutuhannya.

Setiap sholat memiliki doa yang berbeda-beda, karena pada umumnya setiap sholat sunah memiliki tujuan masing-masing. Seperti sholat Dhuha yang diantaranya memiliki tujuan utama untuk memperlancar rizki.

Doa bisa diucapkan dalah bahasa Arab ataupun bahasa sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk memudahkan setiap insan yang ingin berdoa. Karena apabila terdapat ketentuan doa harus menggunakan bahasa Arab, pasti ini akan sangat menyulitkan bagi mereka yang berasal dari negara di luar negera Arab. Selain itu, kita ketahui bahwa agama Islam merupakan agama yang mudah, sehingga tidak akan menyulitkan kaumnya.

Berikut ini merupakan doa setelah sholat Dhuha beserta artinya.

Tata Cara Sholat Dhuha

Sholat Tahajud
satujam.com

Bagi Anda yang ingin melaksanakan sholat Dhuha, tetapi belum mengetahui bagaimana tata caranya. Berikut ini merupakan tata cara dalam mengerjakan sholat Dhuha.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah niat. Dimana niat untuk melakukan sholat Dhuha adalah sebagai berikut.

Bacaan niat ini dilakukan bersamaan dengan saat Anda melakukan takbiratul ihram.

  1. Setelah niat dan takbiratul ihram, selanjutnya adalah membaca doa iftitah, surat Al-Fatihah, dan dilanjutkan membeca surat-surat pendek yang terdapat dalam Al-Qur’an. Namun ketika melaksanakan sholat Dhuha, Anda diutamakan untuk membaca surat Ad-Dhuha, Asy-Syamsu, Al-Lailu, dan surat Asy-Syarh.
  2. Selanjutnya Anda melakukan ruku’ dan membaca kalimat tasbih sebanyak tiga kali.
  3. Setelah itu, Anda melakukan i’tidal atau berdiri setelah posisi ruku dan membaca bacaan i’tidal.
  4. Lakukan sujud pertama dan membaca kalimat tasbih sebanyak tiga kali.
  5. Bangkit dan duduk diantara dua sujud sambil membaca bacaannya.
  6. Setelah itu, Anda sujud kembali dan membaca kalimat tasbih sebanyak tiga kali.
  7. Selanjutnya, Anda berdiri kembali, membaca Al Fatihah dan juga surat pendek yang ada di Al-Qur’an.
  8. Setelah itu, Anda melakukan ruku’ dan membaca kalimat tasbih sebanyak tiga kali.
  9. Selanjutnya, Anda melakukan i’tidal atau berdiri setelah posisi ruku dan membaca bacaan i’tidal.
  10. Lakukan sujud kedua dan membaca kalimat tasbih sebanyak tiga kali.
  11. Bangkit dan duduk diantara dua sujud sambil membaca bacaannya.
  12. Setelah itu, Anda sujud kembali dan membaca kalimat tasbih sebanyak tiga kali.
  13. Lalu kerjakan tasyahud akhir.
  14. Dan yang terakhir adalah lakukan salam dua kali.
  15. Setelah salam, sangat diajurkan untuk melakukan dzikir dan membaca doa setelah sholat Dhuha.

Rukun Sholat Dhuha

Sholat Tahajud
duniaq.com

Tidak berbeda dengan sholat pada umunya, sholat Dhuha juga memiliki 13 rukun berikut ini.

  1. Berdiri bagi yang mampu
  2. Takbiiratul-Ihraam
  3. Membaca Al-Fatihah pada setiap rakaatnya
  4. Ruku’
  5. I’tidal setelah ruku’
  6. Sujud sebanyak dua kali dengan tuma’ninah
  7. Duduk di antara dua sujud
  8. Thuma’ninah atau tenang dalam semua amalan
  9. Tertib dalam rukun-rukunnya
  10. Tasyahhud Akhir
  11. Duduk untuk Tahiyyat Akhir
  12. Shalawat untuk Nabi Muhammad SAW
  13. Salam dua kali.

Bacaan Sholat Dhuha

Sholat Tahajud
the-chantary.blogspot.co.id

Bacaan sholat Dhuha adalah sama persis seperti bacaan sholat pada umumnya. Namun untuk surat pendek yang dibaca setelah Al-Fatihah, ada beberapa surat yang diutamakan, Diantara surat surat tersebut adalah Ad-Dhuha, Asy-Syamsu, Al-Lailu, dan surat Asy-Syarh.

Waktu Sholat Dhuha

doa sholat dhuha
play.google.com

Waktu untuk melaksanakan sholat Dhuha yaitu sejak matahari meninggi hingga mendekati waktu zawal atau tergelincirnya matahari ke barat.

Adapun waktu yang paling baik untuk melaksanakan sholat Dhuha ketika matahari sudah mulai panas atau dekat dengan waktu berakhirnya sholat Dhuha. Ketika sedang berada di daerah padang pasir, waktu terbaik untuk melaksanakan sholat Dhuha yaitu ketika padang pasir sudah terasa panas dan anak unta mulai beranjak.

Dzikir Setelah Sholat Dhuha

Sholat Tahajud
islamminati.blogspot.co.id

Setelah usai melaksanakan sholat Dhuha, terdapat amalan dzikir setelah sholat Dhuha yang sangat baik dibaca. Dzikir ini juga bisa dijadikan sebagai wirid sesudah sholat Dhuha.

Bacaan tersebut yaitu dzikir tasbih (Subhanalloh), dzikir tahmid (Alahamdulillah), dan juga dzikir tahlil (Laa ilaaha illaallaah).

Dzikir tersebut sangat dianjurkan untuk dibaca setelah sholat Dhuha. Dzikir tersebut merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa senantiasa mengingat Allah SWT.

Syarat Sah Sholat Dhuha

Seperti syarat sah sholat pada umumnya, syarat sah sholat Dhuha diantara yaitu :

  1. Suci dari hadats kecil maupun besar
  2. Suci badan
  3. Suci pakaian dan tempat dari najis
  4. Menutup aurat
  5. Menghadap kiblat
  6. Dikerjakan pada waktu Dhuha.

Jumlah Rakaat Sholat Dhuha

Sholat Dhuha tidak memiliki ketentuan yang tegas mengenai jumlah rakaatnya. Disamping itu, juga tidak ada keterbatasan mengenai batasan maksimal untuk melaksakan sholat Dhuha.

Namun menurut kesepakatan yang dibuat oleh para ulama, sholat Dhuha minimal dikerjakan sebanyak 2 rakaat. Tetapi tidak ada ketentuan yang jelas mengenai rakaat maksimal untuk melaksanakan sholat Dhuha.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha

doa sholat dhuha
dream.co.id

Selain akan mendapatkan pahala, ada banyak manfaat dan keutamaan yang bisa kita dapatkan ketika melakukan sholat Dhuha.

Manfaat Sholat Dhuha

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari melakukan sholat Dhuha. Berikut ini adalah diantara manfaat yang bisa kita dapatkan.

  1. Bentuk penghambaan kepada Sang Kuasa

Menunaikan sholat merupakan salah satu wujud pengabdian manusia kepada sang pencipta. Ketika seseorang memutuskan untuk memeluk agama Islam, berarti dia sudah siap untuk melaksanakan semua perintahNya dan menjauhi semua laranagNya. Dimana salah satu perintahNya yaitu melakukan sholat.

  1. Terhindar dari keburukan

Sholat Dhuha juga dapat menjauhkan kita dari perbuatan buruk. Hal ini karena adanya interaksi yang kuat dengan Illahi akan menimbulkan rasa kepercayaan yang kuat bahwa segala sesuatu yang ada karena kehendakNya. Sehingga dengan keyakinan tersebut, kita tidak akan berfikir untuk melakukan dosa.

  1. Mendapat keajaiban

Tidak semua orang bisa percaya tentang adanya suatau keajaiban. Mereka yang percaya akan keajaiban ini pasti akan melaksanakan sholat Dhuha dengan khusyu’, rutin dan ikhlas. Keajaiban ini misalnya Allah akan memudahkan jalan Anda untuk memenuhi semua yang menjadi hajat Anda. Hal ini sesuai dengan janji Allah, yaitu barang siapa yang menunjang agama Allah, maka Allah akan menopang hambaNya.

  1. Waktu yang sangat ijabah untuk berdoa

Seperti yang telah kita ketahui, waktu yang paling disenangi malaikat yaitu dikala subuh hingga waktu matahari terbenam. Sehingga di waktu ini sangat baik apabila ingin memanjatkan doa. Kehadiran malaikat juga akan mendorong doa kita agar diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT.

  1. Menentramkan jiwa

Sholat Dhuha juga bermanfaat untuk menentramkan jiwa bagi siapa saja yang melaksanakannya. Diantara kelebihan sholat Dhuha yaitu bisa menentramkan hati orang yang melakukannya. Orang yang rajin melaksanakn sholat Dhuha akan terlihat tenang dan tampak bercahaya. Sehingga sholat ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan sebagai ibadah sunnah oleh semua orang.

  1. Menambah semangat

Diantara manfaat sholat yaitu bisa menambah semangat dalam menjalankan aktivitas, begitu juga dengan sholat Dhuha. Seseorang akan merasa lebih segar dan mendapatkan tambahan energi ketika melaksanakan aktivitas seusai sholat.

Hal ini akan lebih terasa ketika kita melaksanakan sholat dengan kondisi khusyuk dan tuma’ninah. Rasa kantuk dan malas juga akan enggan menyapa ketika kita rajin melaksanakan sholat. Sehingga dengan begitu, hari-hari yang kita jalani akan terasa lebih menyenangkan dan membahagiakan.

  1. Mudah mengetahui karakter orang lain melalui salatnya

Orang yang rajin melaksanakan sholat akan cenderung untuk selalu berbuat kebaikan dan menjauhi keburukan. Ketika kita hendak memilih seorang teman, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melihat sholatnya.

Apabila dia bisa menjaga dan melaksanakan shalatnya dengan  baik, maka kemungkinan besar orang ini adalah sosok yang baik untuk dijadikan sebagai sahabat karib. Tetapi apabila sebaliknya, sebaiknya Anda lebih waspada dan berhati-hati ketika menjalin komunikasi dengan orang tersebut.

  1. Wajahnya terlihat lebih bercahaya

Orang-orang yang rajin melaksanakan sholat maka wajahnya akan tampak lebih bercahaya. Mukanya akan terlihat cerah karena sering dibasuh saat melakukan wudhu. Tingginya tingkat iman yang dimiliki juga akan memberikan efek yang teduh pada wajah seseorang.

  1. Menang jihad melawan musuh

Manfaat lainnya dari sholat Dhuha yaitu dapat menang ketika jihad melawan musuh. Dimana kita ketahui, bahwa musuh terbesar manusia adalah hawa nafsunya sendiri. Bisa melaksanakan sholat Dhuha berarti kita sudah bisa melawan hawa nafsu kita, yaitu hawa nafsu yang mengajak untuk bermalas-malasan dan melakukan aktivitas yang tidak berguna.

Keutamaan Sholat Dhuha

Selain memiliki manfaat yang banyak, sholat Dhuha juga memiliki beberapa keutamaan saat kita melaksanakannya. Berikut ini diantara keutamaan yang akan kita dapatkan ketika melakukan sholat Dhuha.

  1. Pahalanya seperti sedekah

Shalat Dhuha memiliki nilai yang sangat tinggi, yaitu seperti kita mendapatkan keutamaan seperti keutamaan dalam melakukan sedekah. Ketika ikhlas mengerjakannya, pahala yang kita dapatkan senilai dengan sedekah yang diperlukan oleh 360 persediaan tubuh kita.

Bagi kaum muslim yang mengerjakan sholat Dhuha akan memperoleh pahala sebanyak persendian itu.

  1. Dicukupkan kebutuhannya

Bagi orang yang melakukan sholat Dhuha di awal hari, Allah berjanji akan mencukupkan kebutuhannya hingga di akhir hari.

Shalat Dhuha juga memiliki tujuan agar dimudahkan jalan rizki kita oleh Allah SWT. Selain itu, Allah juga berjanji bagi siapa saja yang rajin dalam melaksanakan sholat Dhuha, maka akan dicukupkan semua kebutuhannya. Shalat ini juga bisa menjadi perantara agar apa yang kita inginkan bisa cepat terkabul.

Begitu besar keutamaan yang dapat kita peroleh saat melaksanakan sholat Dhuha. Sehingga jangan sampai kita menunda untuk melaksanakan ibadah ini.

  1. Meraih Ghanimah

Ghanimah berarti juga keuntungan yang lebih cepat atas izin dari Allah SWT. Orang yang rutin melaksanakan sholat Dhuha akan diberikan janji ghanimah oleh Allah SWT.

  1. Mendapat ganjaran surga

Allah berjanji akan memberikan rumah yang sangat indah di surga bagi orang-orang yang rajin melaksanakan sholat Dhuha 12 rakaat.

  1. Mendapat pahala haji dan umrah

Rasulullah Muhammad SAW juga mengatakan bahwa orang yang melaksankan shalat Dhuha dengan tekun juga akan mendapatkan pahala haji dan umrah dengan sempurna.

  1. Menggugurkan dosa

Dalam Hadits Rasulullaah yang diriwayatkan oleh Bukhari menyebutkan bahwa orang yang rutin melaksanakan sholat Dhuha juga akan digugurkan dosa-dosanya, walaupun dosanya itu sebanyak buih lautan.

  1. Dibuatkan pintu khusus di surga

Orang yang rajin dalam melaksanakn sholat Dhuha juga akan dibuatkan pintu khusus saat di surga, yaitu pintu Dhuha.

Berikut ini juga merupakan kedudukan yang Allah berikan bagi mereka yang melaksanakan sholat Dhuha berdasarkan jumlah rakaatnya.

  • 2 rakaat sholat Dhuha akan dicatat sebagai orang yang tidak lalai
  • 4 rakaat sholat Dhuha akan dicatat sebagai orang yang muhsinin atau berbuat baik.
  • 6 rakaat sholat Dhuha akan dicatat sebagai hamba yang taat.
  • 8 rakaat sholat Dhuha  akan dicatat sebagai hamba yang sukses.
  • 12 rakaat sholat Dhuha akan dibuatkan rumah di surga.

Janji ini juga diperkuat oleh hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abi Dzar r.a.

Manfaat Sholat Dhuha Untuk Kesehatan

doa sholat dhuha
fajarfarianto.com

Berikut ini adalah manfaat sholat Dhuha yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan.

  1. Pengganti Olahraga

Waktu sholat Dhuha yang dilaksanakan saat pagi hari sangat baik untuk menjaga kesehatan sendi, mulai dari tangan, siku, lutut dan kaki. Dengan melaksanakan sholat, sebenarnya secara tidak sadar kita sudah melakukan olahraga. Gerakan teratur dari sholat juga dapat menguatkan otot beserta sendinya. Hal ini akan memiliki efek yang luar biasa bagi sistem kardiovaskular.

  1. Membuat Punggung Menjadi Lurus

Melaksanakan sholat juga bisa membantu kembali meluruskan punggung yang mengalami masalah lordosis maupun skoliosis. Hal ini terjadi karena saat kita melaksanakan sholat maka kita akan sering meluruskan punggung kita.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Setiap gerakan yang dilakukan saat shalat bisa mengalirkan darah dari atas ke bawah. Hal ini akan sangat membantu dalam melancarkan peredaran darah.

  1. Memperbaiki Kesehatan Mental

Melaksanakan sholat Dhuha juga sangat baik untuk menjaga kesehatan spiritual. Hal ini karena dengan sholat jiwa akan merasa lebih tenang, sehingga akan terhindar dari stres.

  1. Memelihara Otak

Serangkaian gerakan yang dilakukan saat sholat akan menjadikan otak lebih rileks dan segar, sehingga bisa menangkal munculnya stres. Selain itu, saat kita bersujud, peredaran darah menuju ke otak akan lebih maksimal. Hal ini akan melancarkan pasokan darah ke otak dan bisa membuat otak lebih mudah saat digunakan untuk berfikir.

Itu dia yang bisa kami bagikan mengenai bagaimana cara, doa sholat dhuha dan keutamaanya. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Niat Sholat Dhuha / Sholat Dhuha / Tata Cara Sholat Dhuha / Niat Sholat Dhuha dan Rukunnya / Bacaan Sholat Dhuha / Waktu Sholat Dhuha / Dzikir Setelah Sholat Dhuha / Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha / Manfaat Sholat Dhuha Untuk Kesehatan/ doa setelah sholat dhuha.

Tinggalkan komentar