Bacaan Doa Qunut Arab, Latin, Lengkap Dengan Terjemahannya

DOA QUNUT – Madzhab Imam Syafi’i berpendapat bahwa ada doa atau bacaan yang disunnahkan untuk dibaca dalam sholat. Doa tersebut kita baca tepat sebelum sujud yaitu ketika i’tidal. Hukum membacanya adalah sunnah ab’adh sama seperti duduk diantara tahiyyatul awwal.

Pengertian sunnah ab’adh sendiri adalah sunnah yang jika lupa dikerjakan harus diganti dengan melakukan sujud sahwi. Oleh karena itu, seseorang  yang bermadzhab syafi’i harus melakukan sujud sahwi ketika melaksanakan sholat shubuh tetapi melupakan bacaan doa qunut.

Doa Qunut merupakan bacaan doa untuk mengharapkan sesuatu dari Allah SWT. Doa qunut tersebut dapat berisi permohonan kebaikan atau memohon agar dijauhkan dari musibah atau bencana. Ada dua pendapat mengenai waktu membaca doa qunut.

Pendapat pertama mengatakan bahwa bacaan qunut dilakukan sesudah ruku’. Sementara pendapat kedua menyatakan bahwa bacaan qunut dilakukan sebelum ruku’. Pada umumnya, masyarakat Indonesia membaca bacaan qunut tersebut setelah ruku’.

Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah sejak dahulu selalu membaca qunut ketika sholat shubuh. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat Indonesia merupakan muslim yang bermadzhab Imam Syafi’i. Namun, pada zaman modern ini banyak pihak yang membuat kegaduhan dengan mengatakan bahwa membaca qunut shubuh adalah bid’ah.

Padahal hal tersebut mereka lakukan karena ketidaktahuan mereka akan hukum. Terlalu mudah membid’ahkan pelaksanaan qunut seakan-akan meragukan keilmuan Imam Syafi’i sebagai imam dari madzab yang besar.

Bacaan Doa Qunut Shubuh

doa qunut

Ada beberapa pendapat berbeda dari para ahli ulama mengenai hukum membaca doa qunut shubuh. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia bermadzhab Imam Syafi’i membaca qunut ketika melaksanakan sholat shubuh. Berikut akan dibahas mengenai hukum, keunggulan, dan bacaan qunut.

1. Hukum Membaca Qunut

Hukum membaca qunut berbeda-beda di kalangan para ulama. Madzhab Syafi’i dan Maliki berpendapat bahwa hukum melakukan qunut adalah sunnah. Sementara dalam madzhab yang lain tidak menetapkan sunnah layaknya madzhab Syafi’i dan Maliki.

Para ulama dan para kiayi berdakwah dengan fiqhnya Imam Syafi’i. Oleh karena itu, kita tentu harus membaca qunut ketika melaksanakan sholat shubuh. Jangan membuat hal berbeda di dalam masyarakat jika hal tersebut dapat menimbulkan perpecahan.

Bayangkan dalam suatu kampung yang terbiasa beribadah sesuai dengan madzhab Imam Syafi’i. Setelah itu, tiba-tiba datang suatu kelompok yang membid’ahkan perbuatan masyarakat ini. Mereka tentunya membawa dalil-dalil yang menurut mereka sudah cukup.

Sebagian orang mungkin akan terpengaruh terutama anak muda yang secara keilmuan masih kurang. Sementara sebagian masyarakat yang lain memiliki pemahaman yang baik akan tetap mempertahankan amalan sunnahnya. Dengan demikian, tinggal menunggu waktu perpecahan yang lebih besar akan datang.

Berikut pandangan mengenai qunut shubuh menurut empat madzab.

a) Ulama Malikiyah

Mereka memiliki pendapat tidak ada qunut kecuali pada sholat shubuh saja. Jadi, pada sholat lima waktu yang lain ataupun sholat witir tidak ada bacaan qunut ini.

b) Ulama Syafi’iyyah

Mereka berpendapat bahwa tidak ada qunut dalam sholat witir kecuali separuh akhir bulan Ramadhan. Selain itu, qunut tidak dibaca dalam sholat lima waktu kecuali sholat shubuh dalam setiap kondisi (baik tertimpa musibah atau tidak). Qunut juga berlaku saat saudara kaum Muslimin tertimpa musibah (qunut nazilah).

c) Ulama Hanafiyyah

Madzhab ini berpendapat bahwa qunut hanya ada pada sholat witir. Bacaan qunut tidak dibacakan pada sholat lima waktu kecuali saat kaum Muslimin tertimpa musibah. Namun, qunut nawaazil hanya saat sholat shubuh saja dan dibaca oleh imam. Kemudian diaminkan oleh makmum. Selain itu, tidak ada qunut jika melakukan sholat sendirian atau munfarid.

d) Ulama Hanabilah (Hambali)

Mereka berpendapat bahwa disyariatkan qunut ketika sholat witir dan tidak disyariatkan pada sholat lainnya. Kecuali jika ada bencana atau musibah besar selain musibah berupa penyakit. Pada kondisi ini imam atau yang mewakilinya berqunut pada sholat lima waktu selain sholat jum’at.

Sedangkan Imam Ahmad memiliki pandangan yang berbeda. Beliau menyatakan bahwa tidak ada dalil yang menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah melakukan qunut witir sebelum maupun sesudah ruku’.

Memang ada beberapa pendapat berbeda para imam madzhab. Namun, pendapat yang lebih kuat tidak disyariatkan qunut pada saat sholat fardhu kecuali saat kaum Muslimin tertimpa musibah.

2. Cara Melakukan Qunut

Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa qunut dilakukan sebelum ruku’. Namun, ada juga sebagian orang yang memiliki pendapat bahwa qunut dilakukan setelah ruku’, sebelum sujud. Pada umumnya yang dilakukan Muslim di Indonesia yang bermadzhab Syafi’i adalah membaca qunut setelah ruku’.

Yang harus kita lakukan adalah melaksanakan sholat shubuh seperti biasa pada rakaat pertama. Jangan langsung sujud di rakaat kedua setelah i’tidal dan setelah selesai membaca bacaan dalam i’tidal. Di saat inilah kita harus membaca qunut.

Bagi anda yang melaksanakan sholat seorang diri atau munfarid harus dibaca dengan suara biasa saja, tidak besar ataupun terlampau kecil. Ketika anda membaca qunut disunnahkan untuk mengangkat tangan seperti membaca doa pada umumnya hingga selesai. Setelah itu, anda dapat langsung melakukan sujud.

Bagi seorang imam dalam sholat berjamaah disunnahkan mengeraskan suara. Makmum cukup mendengarkan dan mengucapkan aamiin di bagian akhir tiap doa ketika imam  membaca qunut. Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa tak semua bacaan qunut adalah doa. Ada bagian yang bukan doa sehingga tidak perlu mengucapkan aamiin.

3. Kelebihan Membaca Doa Qunut

Bacaan qunut bukan hanya doa untuk memohon ampunan dan juga pahala kepada Allah SWT. Namun, banyak manfaat yang dapat diperoleh bagi orang yang membaca doa tersebut. Beberapa manfaat membaca qunut adalah sebagai berikut.

a) Mendapatkan Pahala Sunnah Dalam Sholat

Membaca qunut akan mendapatkan pahala yang banyak karena bacaan qunut dalam sholat shubuh termasuk sunnah. Hadist shahih menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW membaca qunut saat sholat fardhu shubuh sampai Baginda wafat.

b) Memberikan Petunjuk

Dalam bacaan qunut terdapat kalimat yang berbunyi “Allahummahdinii fii man hadaiit” yang berarti permintaan seorang hamba untuk mendapat petunjuk dari Sang Pencippta Allah SWT. Kalimat tersebut dapat dikatakan sebagai kalimat tawasul yaitu kalimat yang menyebutkan adanya sebuah kenikmatan hidayah. Hidayah tersebut sebagaimana Allah SWT memberikan hidayahnya kepada umat lain.

Membaca qunut secara rutin saat sholat shubuh niscaya Allah SWT akan memberikan petunjuk kepada semua umatnya tersebut. Petunjuk yang diberikan bisa berupa ilmu yang bermanfaat atau amal sholeh seseorang.

c) Mendapatkan Perlindungan

Allah SWT memberikan perlindungan kepada seluruh umatnya agar selamat dari bencana ataupun bahaya. Hal ini dikarenakan Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Allah SWT akan memberikan perlindungan kepada umatnya yang membutuhkan perlindungan.

Dalam qunut ada bacaan yang memiliki arti berilah hamba keselamatan seperti hamba Mu yang lain yang telah diberikan keselamatan. Kalimat tersebut memberikan penjelasan bahwa Allah SWT memberikan perlindungan kepada umatnya dan memberikan perlindungan dan keselamatan kepada hamba yang meminta.

Perlindungan yang diberikan Allah kepada umatnya tidak hanya perlindungan untuk keselamatan selama di dunia. Namun, anda juga akan diberikan keselamatan di akhirat. Dengan membaca qunut, Allah SWT akan menyelamatkan umat manusia dari cobaan yang sedang dilalui. Hal ini dilakukan agar semua umat-Nya senantiasa ada pada jalan yang lurus dan benar.

d) Menghindarkan Dari Berbagai Penyakit

Bacaan qunut dapat memberikan keselamatan dengan menghindarkan umat Nya dari berbagai macam penyakit. Penyakit tersebut bukan hanya penyakit hati tetapi juga penyakit yang menyerang badan pada umumnya.

Rutin membaca qunut dapat menuntun yang membacanya agar terhindar dari hal yang menyimpang. Bukan hanya dari hawa nafsu tetapi juga tahta maupun harta. Selain itu, bacaan qunut dapat menyehatkan raga agar tidak mudah terserang penyakit fisik.

e) Memberikan Berkah Terhadap Nikmat Yang Diberikan

Dalam bacaan qunut terdapat kalimat “wabaariklii fiimaa a’thoit”. Kalimat ini memiliki arti berkahilah padaku apa yang sudah Engaku berikan. Kalimat tersebut memberika keterangan bahwa Allah SWT akan memberikan kebaikan berupa berkah kepada umat Nya.

Sedikit atau banyak nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Nya akan terdapat berkah dalam setiap nikmat tersebut. dengan membaca qunut pada setiap sholat shubuh Allah SWT akan memberikan berkah terhadap setiap nikmat yang diberikan.

4. Lafadz Bacaan Qunut

Berikut bacaan qunut yang disunnahkan untuk dibaca ketika sholat shubuh.

Bacaan Doa Qunut Latin

doa qunut
inspiradata.com

Bacaan qunut arab telah dipaparkan di atas. Berikut bacaan qunut latin.

Arti Doa Qunut

doa qunut
umrohhajiwisata.com

Berikut arti dari bacaan qunut yang telah anda baca di atas.

Bacaan Doa Qunut Imam

doa qunut
makintau.com

Sebenarnya bacaan qunut bagi imam sama dengan bacaan qunut ketika kita sholat sendiri atau munfarid. Perbedaannya terletak pada kata “nii” untuk sholat munfarid atau sendiri. Sedangkan “naa” untuk dibaca imam ketika sedang sholat berjamaah. Hal ini berarti mengganti kata “aku” menjadi “kami”. Berikut bacaan qunut yang berbeda dan dibaca oleh imam ketika berjamaah.

Bacaan Doa Qunut Nazilah

doa qunut
bimbinganislam.com

Qunut nazilah merupakan salah satu dari tiga jenis qunut yang sunnah dibaca mengikuti Madzhab Syafii. Bacaan ini dibacakan ketika umat Islam didatangi bala bencana atau ditimpa musibah seperti peperangan, kemarau, wabah, dan sebagainya. Rasullulah SAW pernah membaca doa ini selama sebulan ketika terjadi pembunuhan beramai-ramai enam puluh orang penghafal Al Qur’an.

1. Tata Cara Bacaan Qunut Nazilah

Qunut ini dibaca pada tiap sholat fardhu jika kedatangan bencana atau cobaan dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana riwayat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak membaca qunut melainkan apabila beliau berdoa bagi kebaikan seseorang atau mendoakan kehancuran seseorang.

Bacaan qunut nazilah dibaca pada waktu i’tidal selepas ruku’ pada rakaat terakhir. Anda juga disunnahkan menambah bacaan doa ini selepas qunut harian. Sedangkan bagi imam disunnahkan membacanya secara kuat dan diaminkan oleh makmum ketika sholat berjamaah.

Ada tiga cara membaca doa tersebut. Imam boleh memilih salah satu dari cara-cara berikut.

  • Membaca sebagaimana yang dianjurkan
  • Dibaca ketika sholat shubuh
  • Membaca qunut shubuh dan diikuti dengan qunut nazilah

Jika imam tidak menghafal qunut nazilah yang dianjurkan, mereka boleh membaca qunut sepertimana dalam sholat shubuh. Setelah itu, doa nazilah tersebut dapat dibaca selepas sholat.

2. Tujuan Qunut Nazilah

Qunut nazilah dibaca dengan tujuan mendoakan saudara-saudara Muslim yang terkena bencana, penganiayaan, dan ancaman. Selain itu juga sangat dianjurkan dibaca ketika adanya penindasan musuh Allah SWT dan kaum Muslimin.

3. Ketentun Qunut Nazilah

Dalam pelaksanaannya, qunut nazilah agak sedikit berbeda dengan dua qunut lainnya yaitu qunut witir dan qunut shubuh. Berikut beberapa ketentuan dalam qunut nazilah.

a) Dilakukan Pada Saat Ada Bala Atau Bencana

Dalam keadaan aman atau biasa-biasa saja, tidak diisyaratkan untuk melakukan qunut nazilah. Hal ini karena qunut nazilah dilakukan terkait dengan peristiwa besar di masa Nabi Muhammad SAW yaitu adanya pembunuhan atas umat Islam.

Masa sekarang ini tentu membaca qunut nazilah sangat tepat karena Israel menghujani rakyat Gaza yang tidak berdosa dengan bom. Namun, qunut nazilah tidak tepat jika dilakukan terus menerus sepanjang masa. Hal ini dikarenakan nabi Muhammad SAW hanya melakukan qunut nazilah dalam hitungan sebulan saja.

b) Dilakukan Dalam Sholat Lima Waktu

Berbeda dengan qunut shubuh yang dilakukan pada saat shubuh ataupun qunut witir yang dilakukan pada malam hari saat sholat witir. Qunut nazilah dilakukan dalam lima waktu sholat fardhu. Jadi, bukan hanya sekali atau dua kali tetapi lima kali dalam waktu satu hari. Selain itu, dilakukan dalam hitungan beberapa hari berturut-turut.

Apakah harus satu bulan seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW? Nampaknya tidak ada ulama yang mengharuskan selama sebulan. Hal tersebut dikembalikan kepada mashalahatnya. Oleh karena itu, yang berhak menerapkan adanya qunut nazilah adalah imam atau pimpinan umat Islam.

c) Waktu Pembacaan Qunut Nazilah

Bacaan qunut nazilah dilaksanakan pada saat i’tidal (berdiri dari ruku’) di saat rakaat terakhir. Selain itu, harus dibaca di seluruh sholat wajib.

d) Imam Mengeraskan Suara Bacaan Qunut Dan Makmum Mengamini

Imam sholat dianjurkan mengeraskan suara bacaan qunut agar para makmum yang berada di belakang dapat mengamini bacaan doa tersebut. Namun, para ulama berbeda pendapat tentang qunut nazilah pada saat sholat sirriyah seperti sholat dzuhur atau sholat ashar.

e) Disunnahkan Mengangkat Kedua Tangan

Apabila qunut nazilah sedang dibaca maka anda disunnahkan mengangkat tangan. Selain itu, anda tak perlu mengusap wajah apabila selesai membacanya.

4. Qunut Nazilah Solusi Pamungkas Untuk Jin Jahat Dan Licik

Salah satu manfaat qunut nazilah yang sangat luar biasa adalah mampu digunakan untuk menghadapi jin yang jahat dan licik. Jika ada seseorang yang kerasukan jin ini, salah satu cara yang dapat digunakan adalah membaca qunut nazilah ini. Caranya yaitu dengan memasrahkan diri dan memegang dada pasien (jika laki-laki). Jika pasiennya perempuan cukup membacakan qunut nazilah pada air untuk diminum pasien.

Anda dapat membaca doa ini dengan sungguh-sungguh dan yakinlah Allah SWT melalui qunut nazilah ampu melemahkan dan memusnahkan jin tersebut. Hal ini dapat diamalkan setiap sehabis sholat fardhu selama beberapa kali bagi pasien yang hidupnya diganggu jin dan sihir. Doa ini bukan doa pembentengan tetapi doa meminta kehancuran dan kemusnahan bagi jin tersebut.

5. Bacaan Qunut Nazilah

Bacaan qunut nazilah dibaca pada akhir setiap sholat wajib yaitu pada rakaat terakhir setelah i’tidal sebelum sujud. Adapun bacaan qunut nazilah tidak ditentukan bacaannya. Meskipun demikian dianjurkan membaca doa yang ada riwayatnya dan sesuai dengan kondisi dan suasana yang sedang berlangsung atau terjadi. Berikut bacaan qunut nazilah yang dapat anda baca.

Bacaan Latin Qunut Nazilah

doa qunut
sentraquran.co.id

Bacaan arab qunut nazilah sudah dipaparkan di atas. Berikut bacaan latin qunut nazilah.

Sedangkan artinya adalah sebagai berikut.

Sekarang anda tahu bahwa qunut bukan hanya sekedar doa tetapi juga memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Mari berlomba-lomba dalam hal kebaikan sehingga kita lebih mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta. Salah satunya dengan menjalankan sunnah yang telah disyariatkan.

Tinggalkan komentar