7 Contoh Proposal Kegiatan Yang Bisa Dijadikan Referensi

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN – Proposal merupakan salah satu rencana kegiatan yang dituliskan dalam bentuk rangkaian kerja yang nantinya akan dilaksanakan. Rencana tersebut dibuat bertujuan supaya pihak yang berkepentingan dapat paham betul rencana yang akan dibuat.

Biasanya pihak yang berkepentingan dalam proposal tersebut adalah pihak yang memberi izin dan penyumbang dana. Jadi buat Anda yang ingin membuat proposal tapi masih bingung, berikut ini kami berikan 7 contoh proposal kegiatan yang bisa Anda jadikan referensi.

Contoh Proposal Kegiatan

contoh proposal kegiatan
bagiinfo.com

Biasanya proposal kegiatan ini dibuat dalam rangka akan mengadakan suatu kegiatan yang memerlukan biaya tambahan. Proposal yang satu ini sedikit lebih sederhana daripada proposal penelitian atau proposal pemasaran. Untuk lebih jelasnya berikut ini kami berikan contoh proposal kegiatan “Halal Bihalal 1431 H Desa Tawangsari”

Judul: Proposal Kegiatan Halal Bihalal Desa Tawangsari 1431 H

I. Latar Belakang

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu butuh perhatian, teman maupun kasih sayang dari sesamanya. Pasalnya setiap manusia akan selalu berhubungan dengan emosional, sosial, ekonomi, maupun hubungan kemanusiaan lainnya.

Maka dari itulah, demi mencapai kebutuhan tersebut adalah fitrah untuk selalu berusaha dalam berbuat baik kepada sesamanya. Agama Islam sendiri sangat memahami betul hal tersebut, oleh sebab itulah silaturahmi harus selalu dilaksanakan dengan baik.

Sesungguhnya silaturahmi merupakan salah satu amal yang penuh berkah, dan juga bermanfaat. Maka dari itulah, keluarga besar Karang Taruna Desa Tawangsari ini akan mengadakan kegiatan halal bihalal untuk menjaga tali silaturahmi.

Selain menjaga tali silaturahmi, kegiatan halal bihalal ini juga dilaksanakan untuk mengumpulkan dana buat bakti sosial.

II. Tujuan

Tujuan dari kegiatan halal bihalal ini adalah:

1. Memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1431 H

2. Menjalin kerukunan dan kekeluargaan antar warga

3. Agar terwujud hubungan erat antar sesama rekan pemuda Karang Taruna

III. Kegiatan

A. Waktu dan Tempat kegiatan

Acara halal bihalal ini dilaksanakan pada

Hari : Minggu, 17 September 1431 H

Waktu: Jam 13.00-16.00 Wib

Tempat : Balai Desa Tawangsari

B. Susunan Acara

C. Susunan Panitia

D. Anggaran Biaya

III. Penutup

Demikian proposal kegiatan ini kami buat. Besar harapan kami supaya Bapak/ Ibu bisa membantu dana demi kelancaran kegiatan halal bihalal ini. Atas perhatian dari Bapak/ Ibu, kami ucapkan banyak terima kasih.

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

contoh proposal kegiatan
santrigaul.net

Proposal kegiatan sekolah dibuat ketika pihak sekolah sedang ada kegiatan. Misalnya kegiatan pentas seni, lomba 17 Agustus, perpisahan dan lain-lainnya. Jadi buat Anda yang ingin membuat proposal ini, kami berikan contoh proposal kegiatan sekolah yang bisa buat referensi.

Judul :Proposal Kegiatan Sekolah Pentas Seni SMA Negeri 1 Tulen

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Seni merupakan salah satu kreativitas yang seharusnya kita kembangkan semakin besar. Cara yang tepat untuk mengembangkan kreativitas adalah dengan melalui pentas seni.  Maka dari itu, OSIS SMA Negeri 1 Tulen akan mengadakan pertunjukan pentas seni bagi setiap kelas.

Pentas seni tersebut dilakukan untuk meningkatkan apresiasi terhadap siswa dalam dunia peran. Untuk itulah, kami merasa perlu mengadakan pentas seni ini dengan bertemakan “Bintang Panggung Dadakan”

B. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:

1. Mempererat tali silaturahmi antar sesama siswa maupun siswi SMA 1 Tulen

2. Meningkatkan kreativitas siswa maupun siswi dalam bidang seni

3. Sebagai sarana hiburan bagi para siswa maupun siswi.

II. ISI PROPOSAL

A. Tema
Dalam kegiatan ini, bertemakan “Jadi Artis Mendadak’, agar siswa dapat berkesempatan merasakan bermain dalam dunia peran.

B. Macam-macam Kegiatan
Adapun kegiatan yang akan kami tampilkan adalah :
1. Pentas Drama
2. Modern Dance
3. Band

C. Peserta
Peserta kali ini yang akan tampil dalam Pentas Seni adalah perwakilan masing-masing siswa kelas X dari tiap kelas.

D. Peralatan yang Dibutuhkan
1. Panggung
2. Kostum
3. Atribut
4. Spanduk

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Adapun waktu dan tempat dari kegiatan Pensi ini yaitu :

III. SUSUNAN ACARA

1. Susunan Kepanitiaan

2. Anggaran Biaya

IV. PENUTUP

Demikianlah proposal kegiatan ini dibuat, kami mengharapkan banyak lebih partisipasi dan dukungannya dari pihak sekolah. Semoga acara kegiatan ini nantinya dapat terlaksana dengan lancar dan aman, sebagaimana yang kita harapkan. Atas perhatian dari Bapak/ Ibu, kami ucapkan banyak terima kasih.

Contoh Proposal Usaha

contoh proposal kegiatan
abdulkarim.web.ugm.ac.id

Proposal kegiatan usaha ini biasanya akan dibuat ketika ingin mencari dana dalam mengembangkan suatu usaha. Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh proposal kegiatan usaha PT. Mutiara Bahtera Sejahtera.

Judul : Proposal Usaha Pembudidayaan Tiram Mutiara dan Mutiara Laut

1. Latar belakang

Saat ini Mutiara merupakan salah satu komoditas dari sektor kelautan yang memiliki nilai ekonomi dan prospek yang cerah dalam jangka panjang. Terlebih selama manusia menjadikan mutiara sebagai jenis perhiasan yang megah dan mewah. Maka dari itulah, tentunya harga mutiara akan selalu terus meningkat dari tahun ke tahun.

Untuk meningkatkan produksi organisme laut, manusia menggunakan input tenaga kerja yang sangat terampil dengan cara budidaya laut. Maka dengan melihat potensi sumber daya alam dan juga sumber daya manusia yang dimiliki. Hal ini, menjadikan peluang besar untuk terus meningkatkan kualitas dari tarif hidup manusia.

2. Profil Perusahaan

Perusahaan Kami bernama “PT. Mutiara Bahtera Sejahtera” dan berdiri sejak 1 Januari tahun 2000. Di mana perusahaan kami bergerak dalam bidang pembudidayaan tiram mutiara dan mutiara laut. Sedangkan lokasi perusahaan kami sendiri yaitu berada di Dusun Giwangan RT/RW 20/15, Desa Mawar, Kecamatan Belelang, Kabupaten Gianyar, Bali

3. Jenis Usaha

Perusahaan kami sendiri bergerak dalam bidang budidaya kerang mutiara.

4. Struktur Organisasi

5. Modal Usaha

Secara keseluruhannya biaya operasional selama satu tahu adalah Rp. 500.000.000,00. Sebagaimana lengkapnya tercantum pada rencana anggaran biaya operasional. Sedangkan pada pemasaran sendiri kami mengalami kendala yaitu masalah biaya pengiriman barang. Pasalnya saat pengiriman barang setidaknya telah mencapai Rp. 150.000.000,00 satu bulannya.

6. Penutup

Demikian proposal ini dibuat, besar harapan kami agar dapat dijadikan bahan pertimbangan Bapak/Ibu untuk menjadi investor perusahaan kami. Mengenai hal-hal yang kiranya belum tercantum di proposal ini, maka akan dijelaskan kemudian pada kesempatan yang lain. Atas perhatiannya dari Bapak, kami sampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya.

Contoh Proposal Sponsorship

contoh proposal kegiatan
jasabuatsurat.com

Proposal sponsorship ini biasanya dibuat ketika ingin mengadakan suatu kegiatan. Dengan begitu, pihak yang mengadakan kegiatan tersebut akan mendapatkan dana dari pihak sponsor. Untuk lebih jelasnya berikut ini contoh proposal kegiatan sponsorship.

Judul : Proposal Sponsorship dalam Lomba PBB Tingkat SMP/Mts dan SMA/SMK/MA se-Kalimantan Timur

BAB I Pendahuluan

A. Latar Belakang

Mengantisipasi terjadi dekadensi moral remaja atau pelajar yang terjadi akibat globalisasi informasi khususnya di Indonesia. Maka saat ini perlu ditanamkan rasa semangat kebangsaan, kebersamaan, solidaritas, dan juga disiplin. Hal tersebut agar kita dapat menghargai perjuangan para pahlawan yang pernah berjuang.

Bertepatan dengan HUT Kota Banjarbaru ke-10. Purna Paskibraka Indonesia Kota Banjarbaru ingin mengadakan lomba PBB antar pelajar se-Kalimantan Timur. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pelajar buat mengembangkan bakat, minat maupun kemampuan di bidang PBB.

B. Tema

Tema dari kegiatan Lomba PBB ini adalah menumbuhkan jiwa dan rasa semangat kebangsaan, patriotisme, dan cinta tanah air Indonesia

C. Tujuan

Tujuan dari kegiatan lomba ini adalah

1. Meningkatkan rasa semangat kebangsaan

2. Menumbuhkan rasa kebersamaan sosial antar pelajar

3. Meningkatkan rasa kedisiplinnan dan kepemimpinan

D. Ruang Lingkup

Adapun ruang lingkup dalam kegiatan ini yaitu Lomba PBB antar pelajar se-Kalimantan Timur

1. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan dari lomba ini adalah lomba PBB antar Pelajar

BAB II Pelaksanaan

A. Waktu dan Tempat kegiatan

Kegiatan lomba PBB ini dilaksanakan pada

Hari/ Tanggal  : Sabtu-Minggu, 12-13 Mei 2015

Waktu             : 08.00 WITA- selesai

Tempat            : Lapangan Murjan Banjarbaru

B. Persyaratan dan Ketentuan Lomba

C. Pendaftaran

Adapun pendaftarannya mulai dari tanggal 1-7 Mei 2015

D. Juri

Juri untuk kegiatan lomba ini adalah TNI dan POLRI

E. Susunan Panitia

F. Jadwal Kegiatan

G. Rincian Dana

H. Penutup

Demikian proposal sponsorship ini kami buat, besar harapan kami kepada Bapak/ Ibu supaya membantu kelancaran dari kegiatan ini. Atas waktu dan perhatiannya Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Contoh Proposal Kegiatan Kampus

contoh proposal kegiatan
academicindonesia.com

Proposal kegiatan kampus ini dibuat saat ingin mengadakan acara kampus seperti bakti sosial, acara BEM, ulang tahun kampus dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami berikan contoh kegiatan kampus yang bisa jadi bahan referensi.

Judul : Proposal Kegiatan Pentas Seni Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu Tahun 2015

A. Latar Belakang

Perkembangan kesenian di kalangan remaja saat ini memang sudah berkembang semakin pesat. Hal tersebut bisa kita lihat dengan banyaknya kreativitas yang lahir dari sentuhan manis para generasi muda.

Misalnya kesenian band, seni grafis, seni peran dan kreativitas lainnya. Akan tetapi, ironisnya perkembangan kreativitas tidak berbanding lurus dengan pemahaman generasi muda akan kesenian daerah.

Pentas seni merupakan sebuah pertunjukan kreativitas mahasiswa yang di mana memadukan berbagai unsur kesenian dan unsur pendidikan. Melalui pentas seni inilah mahasiswa dapat belajar dalam mengapresiasikan diri dalam hal kesenian.

Maka dari itulah, kami selaku BEM berencana ingin mengadakan pentas seni yang dapat berguna untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa.

B. Maksud Dan Tujuan

1. Memberikan tempat atau wadah positif bagi kreativitas mahasiswa

2. Melestarikan kesenian daerah setempat

3. Sebagai sarana dalam mempromosikan bagi pihak sponsor

C. Bentuk Kegiatan

1. Kompetensi band

2. Bujang gadis UMB

3. Musikalisasi

4. Kompetensi lagu tradisional

D. Peserta

Peserta dalam pentas seni sendiri yaitu mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan juga masyarakat yang berada di daerah Kota Bengkulu. Diperkirakan peserta maupun penonton yang datang ke tempat ini sebanyak 100-200 orang.

E. Media Publikasi

Media publikasi yang digunakan dalam acara ini adalah menggunakan baliho dan spanduk atribut panitia

F. Susunan Panitia

G. Rincian Anggaran

H. Penutup

Demikian proposal kami buat, besar harapan kami agar semua pihak dapat mendukung dan bekerja sama mewujudkan acara ini sampai terlaksana. Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Contoh Proposal Bantuan Dana

contoh proposal kegiatan
preindo.com

Biasanya proposal yang satu ini dibuat untuk mendapatkan bantuan dana. Misalnya bantuan dana dalam pembangunan masjid, pesantren maupun bantuan dana buat pembangunan jalan. Langsung saja, berikut ini contoh proposal kegiatan untuk bantuan dana.

A. Judul

Proposal Bantuan Dana Pembangunan Madrasah Nurul Imam Dusun Cilaos Desa Sulehi Kecamatan Pangandaran Kabupaten Ciamis 2016

B. Latar Belakang

Keberadaan sarana Pendidikan Islam Madrasah Nurul Iman yang sangat memerlukan pembenahan gedung. Kami menginginkan pembangunan gedung Madrasah Nurul Iman demi kelancaran kegiatan proses belajar mengajar. Inilah yang melatarbelakangi kami hingga memohon bantuan dana kepada Bapak/ Ibu.

C. Dasar Pemikiran

Dasar pemikiran kami dalam mengajukan proposal ini adalah karena sumbangsih, saran, kritik maupun pendanaan.

D. Permasalahan Yang Dihadapi

Adapun permasalahan kami dalam proses pembangunan Pendidikan Madrasah Nurul Iman adalah:

1. Kurangnya penunjang dalam sarana kegiatan

2. Kurangnya sarana buku, khususnya dalam ilmu keagamaan.

3. Kurangnya sarana dan prasarana kegiatan lainnya

E. Maksud Dan Tujuan

Proposal bantuan ini kami buat dengan maksud:

1. Melakukan kembali syiar Agama Islam, khususnya di Kabupaten Ciamis

2. Membina akhlak dan watak generasi muda yang berakhlak

3. Sebagai tempat dan sarana pendidikan buat siswa .

F. Bentuk kegiatan

Bentuk kegiatan yang diusulkan dalam proposal ini adalah pembangunan gedung Madrasah Nurul Iman seluas 1685 meter persegi.

G. Lokasi

Lokasi pembangunan Madrasah Nurul Iman terletak di Dusun Cilaos RT/RW 20/07 Desa Sulehi Kecamatan Pangandaran Kabupaten Ciamis.

H. Susunan Panitia

Susunan panitia dari kegiatan ini dibentuk berdasarkan hasil musyawarah masyarakat sekitar dan diketahui juga oleh Kepada Desa

I. Rencana Anggaran

J. Waktu Pelaksanaan

Melihat kesiapan dari sumber daya yang ada, dan antusiasme masyarakat sekitar. Kami merencanakan pembangunan di dapat diselesaikan dalam jangka 2 bulan.

L. Penutup

Demikian gambaran mengenai kondisi dan keadaan Madrasah Nurul Iman ini. Besar harapan kami apabila Bapak/ Ibu dapat mengabulkan permohonan bantuan dana ini. Sehingga upaya untuk meningkatkan generasi muda yang bertaqwa dan beriman dapat terlaksana dengan lancar.

Contoh Proposal Pemasaran

contoh proposal kegiatan
ceumeta.com

Proposal pemasaran ini dibuat untuk memasarkan suatu produk. Jadi buat Anda yang ingin membuat proposal ini, berikut ini contoh proposal kegiatan dalam pemasaran.

Judul: Proposal Pemasaran Bakso Berkah

A. Latar Belakang

Pastinya semua orang menginginkan kehidupan yang layak dan tidak ingin diperintah orang lain. Maka salah satu cara agar tidak diperintah orang terus menerus adalah kita menjadi bos.

Kebanyakan orang di Indonesia berpikir sempit, yaitu tidak mau keluar dari zona nyaman untuk menjadi seorang pengusaha. Mereka masih berpikir jika menjadi seorang pengusaha itu pekerjaan yang kurang wah dibandingkan dengan guru, dosen, mandor dan lain-lainnya.

Akhir-akhir ini para anak muda sudah berpikir maju, yaitu mereka ingin menjadi seorang pengusaha. Banyak sekali peluang usaha saat ini yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah peluang usaha makanan bakso. Hampir semua orang khususnya di Indonesia menyukai yang namanya bakso. Maka dari itu bakso merupakan sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk dijalankan.

B. Tujuan Usaha

Adapun tujuan dari kami membangun usaha bakso yang bernama bakso berkah ini adalah

1. Mendapatkan penghasilan dari jualan Bakso

2. Memberikan kualitas bakso yang sangat enak

3. Memasarkan bakso ke semua kalangan

C. Nama usaha

Usaha yang akan dibangun adalah warung bakso yang bernama bakso berkah.

D. Tempat Usaha

Setelah survey dari beberapa tempat, maka kami memilih tempat di jalan Sudirman, depan kampus UII Jogja. Pasalnya tempat ini bisa dibilang sebagai salah satu tempat yang sangat strategis.

E. Waktu Operasional

Jam atau waktu operasional usaha ini adalah mulai dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Pasalnya jam-jam seperti itu adalah waktu yang sangat tepat dalam berjualan.

F. Rencana Anggaran

Rencana untuk anggara usaha ini adalah kurang lebih sekitar 25.000.000 dengan rincian sebagai berikut.

G. Penutup

Dari hasil pembahasan di proposal ini, bisa disimpulkan bahwa bakso mempunyai prospek yang sangat bagus dan menjanjikan untuk jangka panjang.

Kesimpulan

Jika melihat contoh proposal kegiatan di atas, bisa disimpulkan bahwa setiap jenis proposal mempunyai perbedaan dalam hal penulisan. Entah itu dalam format penulisan maupun format kerangka proposal. Jadi jika mau membuat proposal dengan baik, Anda bisa melihat contoh proposal kegiatan di atas.

Tinggalkan komentar