Cara Ternak Hamster Lengkap dan Jenis-jenisnya

Car ternak hamster. Hewan kecil dan imut yang satu ini merupakan hewan yang banyak digemari oleh masyarakat dengan berbagai kalangan dan usia, yang paling suka dalam merawat hamster ialah dari kalangan pelajar dan juga anak-anak, karena dengan sifatnya yang jinak dan bentuk tubuhnya yang unuk menggemaskan.

Mungkin dalam merawat hamster kelihatannya sangan sulit dan merepotkan, belum lagi membutuhkan beberapa hal dalam berternak hamster yang harus dibeli agar kondisi hamster terjaga dengan baik dan senang seelalu, tapi terkadang ini semua membutuhkan tidak sedikit pengeluaran.

Tapi jangan khawatir, ternyata dalam memelihara hamster itu sebenarnya sangat menguntungkan bagi kita. Jika kita sudah terbiasa dalam memelihara dan merawat hamster ternyata tidak begitu susah bahkan sangat menyenangkan.

Proses awal

Proses awal dalam cara ternak hamster, kita harus memperhatikan beberapa aspek yang sangat penting, kita harus teliti dalam pemilihan hamster, harus mengetahui jenis-jenis hamster dan cara merawatnya, mengetahui jenis kelamin hamster, makanan dan kandang yang baik.

Nah maka dari itu mari kita ulas satu persatu cara berternak hamster dengan baik dan benar.

Pemilihan Hamster

Cara Ternak Hamster
pexels.com

Langkah pertama yang sangat penting dalam memelihara hamster ialah memilih hamster, kalau kamu termasuk pemula dalam memelihara hamster mungkin saran saya lebih baik kamu memilih jenis hamster Campbel karena perawatannya yang cukup mudah dan harganya pun terjangkau murah, walau memang hamster Campbel ini sifatnya agak galak daripada jenis lainnya.

Tapi itu semua hanya sekedar saran dan kamu bebas mau memilih jenis hamster apa saja sesuai selera kamu. Dalam memilih induk hamster yang baik, kamu bisa pilih hamster betina yang lincah dan nafsu makannya baik, juga umurnya sudah mencapai 4-11 bulan dan postur tubuh yang sehat.

Kenapa harus memilih yang sudah berumur 4-11 bulan, karena kalu umur si hamster kurang dari 3 bulan sangat dikhawatirkan anak yang dia lahirkan nantinya akan lemah dan sistem pertumbuhannya juga kurang maksimal, juga karena hamil diusia yang masih muda, membuat induk hamster stress.

Dalam memilih hamster jantan, pilihlah pejantan yang memiliki bokong besar yang menandakan bahwa hamster tersubut subur. Dan harus diingat juga nanti dalam proses perkawinan harus dengan jenis hamster yang sama dan jangan sedarah. Kenapa? karena perkawinan sedarah dapat memicu kelainan genetik pada bayi yang dilahirkan.

Contohnya seperti lahir cacat, prematur, dan kondisi hamster yang lemah dan itu bisa di deteksi di umur hamster sudah mencapai 8 bulan. Tetapi hal ini tidak akan terjadi jika kamu dapat merawat hamsternya yang sedang hamil sampai proses melahirkan dengan baik. Tetapi untuk lebih baiknya, hindari perkawinan sedarah.

Jenis-jenis Hamster

Ada 7 jenis hamster yang paling terkenal dan bermacam jenis itu ternyata cara dala perkawinan dan perawatannya ada sedikit perbedaan, maka dari itu saya disini akan menjelaskan apa saja jenis-jenis hamster itu dan cara beternak dan berkembang biak dari amsing-masing jenis hamster tersebut.

Hamster Syrian

Cara Ternak Hamster
wideopenpets.com

Hamster Syrian merupakan salah satu hamster dengan ukuran tubuh paling besar diantara yang lain. Hamster syrian ini memiliki sifat soliter yang artinya penyendiri. jadi jika anda punya hamster syrian, tidak usah khawatir tidak ada teman dalam satu kandang, karena hamster syrian memiliki sifat soliter/penyendiri.

Biasanya kalau usianya sudah masak kelamin/dewasa (kira-kira 3-6 minggu), jika disatukan dalam satu kandang, maka sangat rawan sekali untuk bertengkar, bahkan bisa jadi saling membunuh.

Hamster Syrian sudah bisa di kawinkan ketika berumur 2-3 bulan, seperti yang saya katakan sebelumnya baiknya jangan di kawinkan sebelum umurnya beranjak 3 bulan ke atas. Masa subur untuk hamster Syrian betina setiap 4 hari sekali dan biasanya dia hanya mau di kawini pada malam hari  dari sekitar pukul 20:00 – 05:00.

Ciri-ciri hamster Syrian betina yang siap di kawini adalah dengan aktifitaas menggaruk-garuk punggung dan mengangkat ekornya dengan mata setengah tertutup. Hamster syrian melahirkan anak yang di hasilkan dalam sekali kawin bisa mencapai 6-10 ekor, hal ini bergantung pada umur dan kualitas si betina dan jantannya.

Hamster Campbell

Cara Ternak Hamster
myhammiesworld.blogspot.co.id

Meski terkenal sebagai jenis hamster yang paling “berani” dan bahkan sifatnya cenderung “galak” juga suka menggigit, tetapi tak bisa dipungkiri, jenis hamster campbell memang sangat memikat hati. Dengan bulunya yang lucu dan juga tingkahnya yang aktif plus agresif menjadikan daya tarik tersendiri bagi para hobi hamster.

Jika Anda masih pemula dalam berternak hamster dan berniat memelihara hamster campbell, sebaiknya Anda lebih meneliti jenis hamster campbell, sebab hamster yang satu ini terkenal memiliki jenis terbanyak. Pembagian campbell dalam beberapa jenis ini didasarkan pada karakteristik bentuk fisik dan juga tampilan warna bulunya. Hal ini merupakan salah satu keunggulan dari hamster campbell ini.

Untuk hamster Campbel boleh di kawinkan minimal umur 3 bulan. Hamster campbell setiap 3 hari sekali mencapai masa subur, jika mau mengawini hamster campbell, usahakan usia hamster jantan harus lebih tua dari usia hamster betina.

Dalam proses kembang biak hamster campbell, siapkan satu kotak untuk sepasang hamster, kemudian masukkan terlebih dahulu hamster campbell jantan sendirian selama 2-3 hari, setelah itu masukkan hamster betina yang sudah bisa untuk di kawini.

Proses selanjutnya kebiasaan hamster ini sebelum kawin biasanya hamster jantan akan mengendus-endus hamster betina terutama pada alat kelaminnya, nah jika perjodohan sudah cukup lama maka secara naluri hamster jantan akan mengawini si betina tersebut.

Hamster Winter White

Cara Ternak Hamster
.pinterest.com

Hamster Winter White merupakan hamster yang paling banyak dicari oleh orang yang ingin memiliki hamster jinak dan manja. Karena memang hamster jenis ini memiliki karakter yang tenang (walau banyak juga yang penakut).
Hamster Winter White memiliki penampilan yang mirip dengan hamster campbell, tetapi ada beberapa perbedaan. Hamster Winter White dewasa ukurannya lebih kecil daripada hamster campbell.

Hamster Winter White sudah siap di kawinkan jika umurnya sudah beranjak 4-5 bulan. Hamster Winter White ini tidak jauh beda dengan hamster Campbell. Masa suburnya juga sama setiap 3 hari sekali. Dalam proses pengembang-biakan hamster winter white kurang lebih sama dengan hamster jenis campbell.

Hamster Roborovski

Cara Ternak Hamster
flickr.com

Hamster Roborovskis (Phodopus roborovskii) adalah spesies hamster yang paling kecil dan palimg cepat dari semua hamster, biasanya paling sering disimpan sebagai binatang peliharaan. Hamster Roborovskis hidup di Gurun Gobi, Tiongkok Utara dan Padang Pasir Mongolia. Mereka biasanya menggali lubang di antara 60 sampai 200 Cm dari atas permukaan tanah.

Hamster Roborovski sudah bisa di kawinkan diumur 7-8 bulan. Akan tetapi jika sudah beranjak 6 bulan kebanyakan sudah bisa untuk langsung di kawinkan karna sebenarnya hamster Roborovski ini usia kematangan seksualnya ketika berumur 5-6 minggu tapi untuk bisa di kembang biakannya pada umur 6-7 bulan.

Agar pada usia tersebut si hamster betina akan benar matang dan sudah cukup kuat untuk menghasilkan anak dan merawat anaknya. Masa subur hamster Roborovski betina  ini setiap 4 hari sekali dan akan terus subur dalam jangka waktu 12 jam dimana perkawinan dapat terjadi. Kalau untuk hamster Roborovski jantan akan selalu subur selama hidupnya.

Hamster Hybrid

Cara Ternak Hamster
duniaunikyenni.blogspot.co.id

Hamster Hybrid adalah hasil persilangan antar jenis hamster yang menghasilkan hamster tanpa identitas pasti. Hamster hybrid hanya bisa terjadi karena ada campur tangan dari manusia. Perkawinan antar jenis hamster yang berbeda tidak akan pemah ditemukan di alam bebas.

Umumnya istilah hamster hybrid disebut untuk hamster hasil persilangan antara hamster winter white dan hamster mini jenis campbell. Di alam bebas, kedua jenis hamster ini berasal dari daerah yang berbeda. Sebenarnya mengawinkan dua jenis hamster ini bukan hal yang bijak karena kedua jenis hamster ini memiliki kecenderungan untuk terkena penyakit yang berbeda.

Jadi, dengan melakukan persilangan antar jenis hamster pada dasamya sama dengan mempertemukan atau mengumpulkan paling sedikit 2 kecenderungan penyakit yang bisa terkena dalam satu tubuh hamster. Jika kita sudah mengetahui hal ini, sebaiknya kita tidak usah untuk mencobanya.

Hamster Cina

Cara Ternak Hamster
bekasihamster.blogspot.co.id

Hamster Cina satu-satunya hamster yang ekornya bisa memegang sesuatu, karena ekor hamster ini agak panjang dibanding hamster jenis lainnya. Hamster Cina merupakan hamster yang bentuk tubuhnya seperti tikus sehingga tidak jarang diberi julukan Rats Hamster namun itu hanya sebuah julukan, bukan berarti Hamster Cina mempunyai hubungan dekat dengan spesies tikus (tidak sama sekali).

Hamster Cina mempunyai sifat atau karakter yang ramah, tenang, dan mudah dijinakkan walau untuk pertama kali hamster ini sedikit agak agresif. Hamster ini jarang bahkan tidak menggigit bila cara memegangnya benar.

Hamster Cina sudah siap di kawinkan pada umur 3-4 bulan, tapi sama seperti yang saya terangkan sebelumnya lebih baik di kawinkan apabila umurnya sudah mencapai 4 bulan. Cara pengembang-biakannya sama seperti hamster Winter White dan Campbell

Cara mengetahui jenis kelamin hamster

Cara Ternak Hamster
caramerawathamster1.blogspot.co.id

cara mengetahui jenis kelamin hamster, kamu harus tau 13 perbedaan hamster jantan dan betina. berikut perbedaannya

1. Pegang hamster anda secara lembut dan perlahan balikkan posisi hamster tersebut di telapak tangan anda dan biarkan dia telentang di telapak tangan anda tetap dengan cara yang penuh kasih sayang.

2. Jika kamu kesulitan membalikkan hamster, coba masukkan ke dalam plastik dan lihat melalui piring dengan hati-hati. Ini dapat menghemat waktu kamu untuk meneliti jenis kelamin hamster. Gunanya hamster dimasukkan ke dalam plastik adalah agar hamster tidak bisa kabur.

Plastik tidak perlu kamu ikat cukup di lipat sedikit dan kasih beberapa lubang kecil untuk bernafas agar pada saat di letakkan di piring hamster tidak bisa kabur tapi masih bisa bernafas.

3. Pastikan umur hamster sudah 3-4 minggu karena jika mengamati sebelumnya, kamu akan kesulitan dalam membedakan jenis kelamin hamster.

4. Lalu pada bagian belakang (pantat) hamster jantan lebih terlihat bulat dan panjang di bandingkan dengan hamster betina, khususnya untuk hamster Cina. Biasanya hamster betina akan terlihat ekornya yang lebih memanjang.

5. Ketika sudah berusia sekita 4 minggu, dapat terlihat bahwa hamster jantan mempunyai skrotum dengan testis. Testis hamster jantan biasanya cukup besar dan kadang di salah artikan dengan tumor.

6. Sudah pasti hamster jantan tidak akan terlihat adanya puting susu, lain lagi dengan betina.

7. Dan yang lebih penting adalah perhatikan daerah kelamin hamster kamu dengan cara:
Jantan : Memiliki 2 lubang yang terpisah kira- kira 1_2^1 cm. Lubang dekat bagian ekor adalah anus, sedangkan yang berada diatasnya merupakan lubang penile atau kelamin jantan.
Betina : Memiliki 2 lubang yang sangat dekat bahkan seperti menempel. Lubang dekat bagian ekor adalah anus, sedangkan yang berada di atasnya merupakan lubang liang peranakan. Hamter betina juga terlihat memiliki 4-6 buah puting susu di setiap sisi perutnya.

8. Biasanya hamster jantan terlihat lebih besar daripada betina tapi tidak selalu. Berat badan hamster jantan yang dewasa biasanya itu 85 g – 140 g sedangkan hamster betina hanya 90 g – 120 g.

9. Hamster jantan memiliki hidup reproduksi yang cukup panjang lebih dari hamster betina, yaitu sekitar 18 bulan. Sedangkan betina hanya 14 bulan saja.

10. Hamster jantan memiliki kelenjar aroma bau yang lebih besar dari hamster betina, sehingga hamster betina mengeluarkan bau yang lebih pekat. Beberapa spesies hamster memiliki dua kelenjar aroma dan sisanya hanya memiliki satu kelenjar aroma. Kelenjar aroma itu menghasilkan minyak dan gunanya untuk menandai wilayah kekuasaan.

11. Biasanya bulu hamster jantan terlihat lebih kotor daripada betina.

12. Bulu hamster betina terlihat lebih bersih dan terawat.

13. Hamster betina akan lebih aktif dan agresif ketika umurnya sudah beranjak 2 tahun ke atas.

Proses perkawinan hamster

Cara Ternak Hamster
pet-lovers.id

Sebelumnya kita harus menyatukan hamster jantan dan betinanya dahulu, caranya adalah dengan membikin kandang khusus untuk proses perkawinan mereka. setelah itu biasanya beri pembatas di tengah-tengahnya.

Hal ini untuk mencegah pertengkaran antara hamster betina dengan si jantan jika langsung di campur walaupun pertikaiannya hanya berlangsung 2-3 hari dan tidak akan menimbulkan luka tapi lebih baiknya dipisahkan dulu sekitar 1 minggu tapi harus dalam kondisi bersebelahan, biar tidak berkelahi dan si betina tidak stres.

Setelah di campurkan biasanya hamster jantan akan menciumi kelamin betina. Biasanya hamster betina akan berkelakuan sedikit jual mahal, ia tidak akan mau dikawini langsung begitu saja. Akan tetapi ia pasti akan lari-larian agar tidak di kawini dan hamster jantan akan terus mengejar si betina hingga dapat.

Proses kejar-kejaran itu biasanya tergantung pada hamster betina, jika ia sudah mulai capek untuk berlari ia akan pasrah dan mau untuk di kawinkan. Hamster kawin bisa berlangsung selama 3 minggu atau bisa hanya 1 kali saja, semua bergantung pada pembuahan dari hamster yang anda pelihara.

Apabila kedua hamster sudah merasa puas, mereka menjilati alat kelamin masing. Biasanya proses perkawinan berlangsung selama 15 menit dan setelahnya hamster betina membersihkan dirinya sendiri.

Apabila hamster betina sudah terlihat hamil, langsung pisahkan dari hamster jantan di kandang yang berbeda. Hal ini agar hamster betina tidak merasa terancam dan terganggu  yang dapat menimbulan stress sehingga nantinya ia bisa melahirkan anaknya dengan baik.

Makanan Hamster

Cara Ternak Hamster
serianijessica.blogspot.co.id

Berilah makan dan minum pada hamster kesayangan anda dengan teratur dan baik. Makanan yang sangat disarankan saat melakukan budidaya hamster ialah makanan yang mengandung telur sebagai sumber makanan berprotein.

Telur yang banyak akan protein akan membangkitkan nafsu pasangan hamster untuk kawin. makanan yang lain yaitu ragi, kenapa ragi? karena ragi akan menjadi hamster tidak strees dan relax saat proses ternak, tingkat kesetreesan hamster ialah salah satu sebab mengapa banyak peternak hamster tidak untung mencapai target pembudidayaan.

berikan makanan yang mengandung ragi seperti roti, snack untuk hamster, atau alternatifnya berikan setengah tablet vitamin kucing atau anjing yang mengandung vitamin B karena dipastikan banyak mengandungan ragi juga disana.

Kandang Hamster

cara ternak hamster
mariayesse.wordpress.com

Dalam mengganti serbuk kayu sangat diutamakan ya jadi jangan malas. Tidak cuma manusia yang bisa berpoligami tetapi hamster juga bisa poligami atau bisa dibilang kawin dengan hamster betina yang berbeda-beda. Berikut ada beberapa poin paling penting dalam penggunaan jenis kandang ketika ingin melakukan proses perkawinan hamster.

Kandang untuk ternak dapat berbentuk kotak kardus yang sudah anda rangkai, anda juga bisa menggunakan akuarium plastik atau kaca. Tapi biar tidak merepotkan kamu, usahakan kandangnya yang bisa membuat kotoran hamster jatuh ke bawah sehingga lebih mudah dalam membersihkannya.

Pastikan kandang ternaknya bebas dari kuncing, tikus, dan binatang lainnya. Pastikan kandang tersebut harus aman, nyaman dan bersih. Pastikan kandangnya tidak ada celah untuk hamster kabur dari kandang, Tentukan berapa pasang yang akan kamu ternak.

Jika kamu mau menernakkan 10 hamster maka sudah cukup satu kandang besar untuk proses perkawinan hamster. Biasanya jika ingin menernakkan 10 hamster bagusnya adalah 2 hamster jantan dan lainnya adalah hamster betina. Dan jangan lupa! Harus hamster yang sejenis tapi juga tidak sedarah dalam satu kandang tersebut.

Jika proses perkawinan sudah dilakukan dan terlihat hamster betinanya hamil langsung pisahkan hamster betina dari jatan. Tetapi sesama hamster betina yang sama-sama sedang hamil juga harus di pisahkan, agar tidak timbul perkelahian karena merasa terancam dan membuat proses melahirkan tidak tenang.

Kandangnya dapat menggunakan gayung atau kaleng bekas cat tembok ukuran 5 liter agar lebih menghemat biaya, dan atapnya kasih tutup kawat strimin untuk masing-masing hamster betina yang lagi hamil. Lalu di kandangnya kasih kulit jagung kering atau dami padi, dan bekas gergajian kayu sebagai alas.

Dan kalau sedang hamil, jangan pegang hamster hamil pakai tangan kosong tapi ambil pakai sendok karena hamster yang lagi hamil cenderung lebih galak dan sensitive.

COPY CODE SNIPPET

Tinggalkan komentar