Cara Membuat Sate Bandeng Khas Banten yang Mudah, Enak dan Ngangenin.

netralnews.com

Sate Bandeng merupakan masakan Khas Banten yang menjadikan kebanggaan tersendiri di hati masyarakat Banten. Karena rasanya yang enak, gurih dan kaya dengan bumbu tradisional, Makanan khas yang satu ini banyak di cari oleh penikmat makanan dalam daerah maupun luar daerah Banten.

Sebelu melangkah ke cara membuat Sate Bandeng, ini cerita singkat yang bisa kalian baca terlebih dahulu. Pada jaman dahulu di abad ke-16 seorang Sulthan Banten ingin menyajikan makanan yang terbuat dari ikan bandeng kepada para tamu kerajaan.

Beliau memerintahkan kepada para juru masak kerajaan untuk menciptakan resep masakan ikan bandeng yang tidak merepotkan bila dimakan, karena harus memisahkan duri dan tulangnya.

Jerih payah para juru masak kerajaan tersebut kemudian mendatangkan hasil sebuah sajian ikan bandeng lezat dan tanpa duri, berhasil memanjakan lidah para tamu kerajaan. hingga kini masyarakat Banten masih melestarikan warisan kuliner Sate Bandeng ini.

Penulis berharap dengan menuliskan Artikel Cara membuat Sate Bandeng ini bisa menjadikan Sate Bandeng dikenal hal layak dan bisa di masak oleh semua orang. Terkhusus lagi Sate Bandeng sebagai identitas dan masakan kebanggaan warga Banten tidak punah tergerus Zaman.

Langsung saja kita mulai dengan perkenalan Bahan-bahannya Dan nanti disusul dengan cara pengolahannya Ok..

Bahan-bahan yang diperlukan ;

  • 1 kg Ikan Bandeng
  • Minyak goreng untuk menumis bumbu
  • Bambu untuk menjepit ikan atau bisa juga memakai daun pisang sebagai pengganti bambu
  • Daun pisang untuk pelapis ikan
  • Arang, untuk membakar

Berikut Bumbu-bumbu yang di haluskan ;

  • 100 gr bawang merah
  • 3 – 4 siung bawang putih
  • 5 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok makan garam
  • 100 gram gula putih
  • 100 ml santan kental
  • 1/2 sendok teh terasi

Langkah-langkah pembuatan Sate Bandeng ;

  1. Pilih ikan Bandeng yang masih segar, lalu bersihkan Bandeng tersebut.
  2. Keluarkan insang dan kotorannya, lalu pukul-pukul badan ikan agar daging ikan terpisah dengan kulitnya. Tapi yang harus di perhatikan juga, jangan sampai kulit ikan robek.
  3. Selanjutnya patahkan tulang ekornya, tarik keluar tulang punggung ikan melalui lubang insang dan keluarkan daging ikan dari kulit bandeng dengan pakai alat bantu sendok atau yang lainnya.
  4. Setelah daging terlepas semua, cuci kulit bandeng sampai bersih kemudian daging bandeng dicuci pula sampai bersih lalu ditiriskan sampai airnya kering.
  5. Tumbuk atau pakai alat giling ikan sampai daging bandeng halus, kemudian ambil sisa duri yang masih menempel di daging ikan yang sudah halus
  6. Dilanjut dengan menghaluskan adonan bumbu yaitu iris halus bawang merah dan bawang putih, lalu sangrai ketumbar sampai matang dan goreng terasi. Kemudian goreng bawang merah dan bawang putih, terus angkat. Semua bumbu tadi campur menjadi satu dan tumbuk sampai halus.
  7. Kemudian bumbu yang sudah halus tadi di campur dengan daging bandeng, beri garam dan gula pasir secukupnya. setelah selesai campurkan dengan santan yang kental, lalu aduk-aduk sampai merata.
  8. Adonan yang telah halus, di masukan ke dalam kulit bandeng sampai penuh. Lalu di jepit dengan dua belah bambu yang ujungnya di beri pelepah pisang sebagai pengikat. Adonan yang tersisa akan dijadikan sebagai lumuran luar ikan bandeng.
  9. Kalau sudah selesai kemudian di bakar sampai berwarna kekunung – kuningan. Lalu diangkat dan di lumuri lagi adonan terus di bakar lagi bagian yang belum di lumuri adonan, supaya si adonan mengering tanpa jatuh ke bawah. setelah kering diangkat lagi dan bagian yang belum diberi adonan di lumuri adonan lagi smpai merata, lalu bakar lagi dengan api sedang, agar sate matang merata tanpa gosong.
  10. Setelah matang, diangkat dan ditiriskan lalu di bungkus dengan daun pisang agar lebih alami harumnya. Dan sate bandeng siap dihidangkan

Berikut langkah – langkah membuat Sate Bandeng Khas Banten yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba ;’)

COPY CODE SNIPPET

Tinggalkan komentar