Alun Alun Bandung Alternatif Tempat Wisata Bersejarah Di Bandung Untuk Keluarga

ALUN ALUN BANDUNG – Bingung mau liburan kemana? Atau sudah ada rencana ingin liburan ke tempat wisata di Bandung? Jika kamu berencana liburan ke Bandung, maka jangan lupa singgah sejenak ke tempat pikink yang bernama alun alun Bandung.

Alun alun kota Bandung merupakan salah satu alternatif tempat wisata keluarga yang sering menjadi pilihan para wisatawan, khususnya warga Bandung. Selain tempatnya strategis, di tempat ini kita juga bisa bersantai ataupun melakukan bermain. Bahkan jika akhir pekan ataupun saat liburan, tempat ini selalu penuh oleh pengunjung.

Sejarah Dari Alun Alun Bandung

alun alun bandung
masjidraya.com

Pada jaman dulu saat pertama berdirinya kota Bandung, kuda merupakan salah satu alat transportasi yang sangat penting. Biasanya kuda tersebut digunakan oleh orang Bandung untuk mengantarkan surat ke kantor pos.

Selain itu, dalam jarak tertentu juga ada kuda pengganti untuk menggantikan kuda pertama yang tadinya buat mengantarkan surat ke kos. Salah satu pos yang dijadikan untuk pos pengganti kuda adalah di jalan raya pos dekat gedung Kantor Pos Besar Bandung ataupun jalan Banceuy.

Sebenarnya jalan Banceuy berasal dari nama Oude Kerkhoffweg, sebab di jalan tersebut dijadikan salah satu tempat kuburan China. Alun alun Bandung yang adanya di sebelah Grote Postwegitu bisa dibilang sudah tidak ada, dan juga bisa dibilang masih ada.

Sebab, bisa dibilang sudah tidak ada karena secara fisik memang tempat tersebut dijadikan bangunan plaza Masjid Raya Bandung. Selain itu bisa di bilang masih ada, karena masyarakat Bandung masih menyebut tempat itu sebagai alun alun.

Pada jaman dulu, alun alun tersebut dijadikan sebagai salah satu tempat untuk berkumpul ketika mengadakan acara yang sifatnya temporer. Setelah berkembangnya jaman, kemudian alun alun kota Bandung di renovasi beberapa kali hingga yang terakhir dilakukan pada tahun 2014.

Kemudian pada tanggal 31 Desember 2014, akhirnya alun alun tersebut diresmikan oleh wali kota Bandung. Pada waktu itu, yang meresmikan alun alun tersebut adalah Wali kota Bandung yang bernama Ridwan Kamil.

Kelebihan Alun Alun Bandung Dibandingkan Dengan Lainnya

alun alun bandung
shafiraira.com

Seperti yang kita ketahui, jika alun alun kota Bandung sekarang telah mengalami banyak perubahan yang begitu signifikan. Terutama, setelah Kang Emil atau yang sering kita kenal Ridwan Kamil menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

Dengan latar belakang Kang Emil yang dulunya sebagai arsitek dari Master of Urban Design lulusan Amerika Serikat. Menjadikan alun alun kota Bandung disulap menjadi tempat yang sangat keren dan elegan. Lalu apa saja kelebihan dari alun alun kota Bandung? Untuk lebih jelasnya, berikut ini kelebihan dari alun alun Bandung dibandingkan dengan alun alun lainnya yang ada di Indonesia.

1. Desain Yang Sangat Keren

Memang dengan berkembangnya jaman, sekarang alun alun Bandung di sulap menjadi alun-alun yang sangat keren, terutama dari sisi desainnya. Salah satu kenapa alun alun ini menjadi sangat keren yaitu terdapat taman bunga yang berwarna warni.

Dengan adanya taman bunga ini, menjadikan daya tarik tersendiri buat para wisatawan yang datang ke tempat ini. Maka tidak heran, jika ada wisatawan yang datang ke tempat ini hanya untuk menikmati keindahan dari taman bunga tersebut

2. Bersih Dari Pedagang Kaki Lima

Selain itu, kelebihan alun alun kota Bandung dibandingkan dengan alun alun yang lainnya adalah bersih dari pedang kaki lima. Biasanya memang kita kenal jika sebuah alun alun tidak pernah lepas dari yang namanya pedagang kaki lima.

Akan tetapi jika di alun alun kota Bandung, kamu tidak lagi menemukan yang namanya pedagang kaki lima. Sebab, pedagang yang dulunya ada di alun-alun sekarang sudah di pindahkan ke tempat yang lainnya atau khusus buat para pedagang. Dengan begitu ketika bersantai di alun alun, kita akan terasa lebih nyaman.

3. Aman Dari Tindakan Kejahatan

Jika kita berkunjung ke suatu tempat yang aman, maka kita juga tidak perlu khawatir dan tentunya akan merasa nyaman. Sama halnya dengan alun alun Bandung yang juga terkenal dengan keamanannya. Mungkin ada sebagian alun alun yang ada di Indonesia, mempunyai tempat yang rawan dengan kejahatan.

Maka dari itu, menjadikan alun alun tersebut sepi dari wisatawan. Akan tetapi, itu semua berbeda di alun alun kota Bandung. Di alun alun ini kita tidak perlu khawatir lagi yang namanya tindakan kriminal ataupun yang lainnya. Sebab, di alun alun kota Bandung ini terjamin amannya. Walaupun memang terjamin amannya, akan tetapi kita juga perlu waspada terhadap kejahatan yang ada di sekitar kita.

4. Bersih Dari Sampah

Kelebihan dari alun alun kota Bandung dengan alun alun lainnya yang ada di Indonesia lainnya adalah lingkungannya yang sangat bersih. Walaupun biasanya alun alun sering dikaitkan dengan sampah, akan tetapi itu semua tidak buat alun alun kota Bandung. Sebab, di alun alun ini selalu menjaga kebersihannya untuk membuat nyaman para wisatawan yang datang ke tempat ini.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Alun Alun Bandung

alun alun bandung
kompasiana.com

Selain bisa melakukan berbagai macam aktivitas, di tempat ini juga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Terutama buat kamu yang mempunyai anak kecil, karena di tempat ini terdapat tempat mainan anak. Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa bersantai ria ataupun berkumpul sama teman-teman.

Jika ingin mengeluarkan keringat, di tempat ini kamu juga bisa lari-lari ataupun olahraga. Sebab, di alun alun ini tidak menggunakan rumput alami, melainkan sudah menggunakan rumput sintetis. Tidak hanya itu saja, di tempat ini kamu juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang Masjid Agung Bandung.

Baca Juga: Gedung Sate Iconnya Kota Bandung

Fasilitas Yang Tersedia Di Alun Alun Bandung

alun alun bandung
vhadollindo.blogspot.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika alun alun kota Bandung sudah mengalami perubahan yang signifikan, terutama dari sisi desain. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi soal fasilitas yang ada di sana. Sebab, di alun alun kota Bandung ini mempunyai fasilitas yang terbilang sangat komplit. Bahkan ada beberapa fasilitas baru yang terdapat di pusat kota Bandung.

Mulai dari toilet umum, taman bunga, parkir di basement, tempat pedagang, ruang kaca, tempat olahraga dan masih banyak lagi. Selain itu, situasi di alun alun kota Bandung sekarang jauh lebih bersih dan steril dari pedagang kaki lima yang biasa di mangkal di alun alun. Sehingga, menjadikan alun alun lebih nyaman dikunjungi oleh wisatawan yang liburan ke sana.

Lokasi  Alun-alun Bandung

Alun-alun Bandung
bandung.co

Seperti yang kita ketahui, jika alun alun sendiri berada di tempat yang sangat strategis, yaitu pusat kota Bandung. Selain itu alun alun juga berada di kawasan yang mudah di akses untuk kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Di sekitar alun alun pun juga terdapat beberapa pusat pemerintahan kota Bandung dan pusat perbelanjaan. Bahkan ada juga bangunan tua yang terdapat di sekitar alun alun yang bisa kamu kunjungi. Lokasi dari alun alun Bandung sendiri berada di Jalan Asia Afrika, Balonggede, Regol, Bandung, Jawa Barat 40251, Indonesia.

Jadi, jika ingin datang ke tempat ini, kamu juga bisa menikmati objek wisata yang ada di sekitar alun alun. Bahkan kamu juga bisa menikmati beberapa wisata kuliner yang ada di sekitar alun alun. Misalnya kuliner bakso, seafoat, soto, kuliner khas kota Bandung dan masih banyak lagi.

Itulah penjelasan mengenai alun alun Bandung yang bisa https://ibnuasmara.com sampaikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan saya ucapkan banyak terimakasih atas kunjugannya.

Tinggalkan komentar