10 Alat Musik Tradisional Lampung dan macam Senjata Tradisional Provinsi Lampung

Alat Musik Tradisional Lampung. Lampung ialah sebuah provinsi yang terletak paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia, letak Ibukotanya di Bandar Lampung. sebelah utara berbatasan dengan Sumatera dan Bengkulu Selatan.Sebagaimana biasanya sebuah daerah yang lain, Lampung juga memiliki beraneka ragam jenis musik, mulai dari jenis tradisional hingga modern (musik modern yang mengadopsi kebudayaan dalam musik global).

Adapun jenis musik yang masih bertahan sampai sekarang adalah Klasik Lampung. Biasanya jenis musik ini diiringi oleh alat musik gitar akustik dan gambus. Mungkin musik jenis ini merupakan campuran budaya Islam dan budaya asli itu sendiri.

10 Alat Musik Tradisional Lampung

Alat Musik Tradisional Lampung meliputi: Cetik (Kulintang Pekhing), Akordion atau Harmonium,  Gambus lunik atau Gambus anak buha, Gendang, Gamolan, Kompang / Khaddap, Kerenceng atau Terbangan, Membling, Sekhdap Bekhdah, dan Serdam.

1. Gambus lunik atau Gambus anak buha

Alat Musik Tradisional Lampung
sedotin.com

Alat musik Gambus adalah alat musik tradisional yang dimana penyebarannya berkaitan dengan penyebaran ajaran agama Islam di Nusantara. Namun dalam perkembangannya, penggunaan alat musik Gambus ini dipergunakan dengan syair berbahasa Melayu, bahkan dilengkapi juga dengan instrument lainnya.

Di Lampung sendiri, alat musik Gambus ini dikenal dengan nama Gambus Lunik atau Anak Buha yang merupakan jenis alat musik kordofon yang cara memainkannya dengan cara dipetik.

2. Gamolan

Alat Musik Tradisional Lampung
indonesiakaya.com

Gamolan hampir mirip dengan alat musik gamelan yang berasal dari daerah Jawa. Hanya saja Gamolan yang berada di Lampung ini terbuat dari susunan-susunan bambu yang kemudian diikat dengan tali senar yang cara pembuatannya dengan rancangan khusus.

Gamolan di Lampung ada yang disebut Gamolan Pekhing dan ada juga yang menyebutnya dengan sebutan Gamolan Cetik. Gamolan ini memainkannya dengan cara dipukul seperti gamelan. Biasanya gamolan ini alat musik yang dimainkan ketika diadakan pada saat pelaksanaan acara-acara adat tertentu di Provinsi Lampung.

Sejak abad ke 4 masehi alat musik khas Lampung ini sudah ada, akan tetapi sampai dengan saat ini masih banyak masyarakat Lampung yang tidak mengetahui apa alat musik tradisional Gamolan ini.

Seorang peneliti kewarga negaraan Australia tertarik untuk meneliti alat musik tradisional lampung ini. Menurutnya gamolan  alat musik tradisional lampung ini sudah ada dan lebih tua dari gamelan. Hal ini dibuktkan dengan adanya penemuan gambar gamolan pada relief candi Borobudur.

Gamolan modern yang dapat ditemui di Way Kanan dan Lampung Barat, mempunyai perbedaan dibandingkan dengan gamolan yang sudah kuno. Gamolan kuno terdiri dari delapan bilah bambu yang sejajar di atas satu bongkah bulat bambu yang besarnya sekitar lengan orang dewasa.

Masing-masing delapan bilah bambu mewakili untuk delapan tangga nada, yaitu do re mi fa so la si do. Sementara, gamolan modern hanya terdiri dari tujuh bilah bambu yang mewakili tujuh tangga nada. Tangga nada yang hilang ada satu yaitu tanga nada fa.

3. Kompang atau Khaddap

Alat Musik Tradisional Lampung
semuatentangprovinsi.blogspot.co.id

Kompang adalah sejenis alat musik tradisional yang termasuk dalam kategori jenis musik gendang. Kulit kompang biasanya dibuat dari kulit kambing. Alat musik ini berasal dari Negri Arab, ada juga yang berpendapat bahwa kompang alat musik tradisional lampung ini berasal dari Parsi yang digunakan untuk menyambut datangnya Rasulullah S.A.W. pada waktu itu.

Kompang terdiri dari berbagai macam ukuran. Ada yang berukuran biasa garis pusat sepanjang 22.5 cm, 25 cm, 27.5 cm dan juga ada yang mencapai 35 cm. Kompang dimainkan dengan cara beregu dalam posisi duduk, berdiri atau sambil berjalan.

Kompang dimainkan dengan memakai kedua belah tangan. Sebelah tangan untuk memegang kompang, dan sebelah tangan lainnya memukul kompang. Dalam permainan kompang terdapat tiga rentak, yaitu rentak kencet, rentak biasa, dan rentak sepulih. Rentak yang sering dimainkan ialah rentak biasa.

Rentak kencet adalah rentak di tengah-tengah pukulan, yang seolah-olah terhenti seketika. Sedangkan rentak sepulih dimainkan untuk kembali ke rentak lagu pertama.

4. Kerenceng atau Terbangan

Alat Musik Tradisional Lampung
semuatentangprovinsi.blogspot.co.id

Kerenceng atau terbangan ini adalah alat musik tradisional Lampung yang dibuat dari kayu dan kulit kambing. Alat  musik ini dilengkapi dengan helaian rotan yang digunakan untuk mengencangkan kulit kambing  agar suaranya lebih nyaring.  Alat musik ini biasanya dipergunakan untuk mengiringi vokal, baik dalam acara ngarak atau ngiring (buharak) dalam bentuk tabuh lama (butabuh) dan diiringi lagu-lagu dalam tabuh baru (diperbaru).

5. Sekhdap dan Bekhdah

Alat Musik Tradisional Lampug
khazanah.republika.co.id

Alat musik ini hampir sama dengan Kerenceng atau Terbangan, hanya saja alat musik tradisional lampung yang satu ini memiliki ukuran lebih besar bahkan ukurannya ada yang  mencapai diameter 100 cm.

6. Serdam

Alat Musik Tradisional Lampung
semuatentangprovinsi.blogspot.co.id

Serdam merupakan alat musik tradisional lampung dengan cara memainkannya ditiup seperti suling yang terbuat dari bambu tipis dengan lubang empat 4, 3 di atas dan 1 di bawah, dudukan tiup di ujung dengan proses persilangan udara pada kulit bambu.

7. Cetik (Kulintang Pekhing)

Alat Musik Tradisional Lampung
semuatentangprovinsi.blogspot.co.id

Cetik atau Kulintang Pekhing adalah alat musik yang terbuat dari betung atau bambu besar, lebih baik bambu yang digunakan telah berumur 6 (enam) tahun dan sudah mati (Lpg : mati temegi). Ruas bambu dibelah dengan ukuran 5 x 30 cm, sedangkan untuk dudukannya (rancak) diberi besar lubang dengan lebar 7 sampai 10 cm dan panjang 45 cm.

8. Akordion atau Harmonium

Alat Musik Tradisional Lampung
budaya-indonesia.org

Alat musik tradisional lampung ini terbuat dari logam. Harmoniumnya terbuat dari bahan kayu, kawat, kulit, dan beludru. Alat musik seperti orgel kamar atau orgel kecil ini, cara memainkannya dengan menekan tombol pembuka lidah-lidah yang bergetar dikarenakan angin yang dipompa. Harmonium tersebut merupakan bagian dari orkes gambus yang dimainkan bersama rebab dan biola.

9. Membling

Alat Musik Tradisional Lampung
gpswisataindonesia.wordpress.com

Alat musik tradisional lampung ini terbuat dari kayu. Membling adalah alat musik petik yang berjenis lut berdawai dua. Bentuk membling mirip dengan kulcapi Batak atau hasapi.

Pada bagian ujung alat musik ini dihiasi dengan fitur manusia memakai peci / kopiah dalam posisi jongkok. Membling dimainkan secara sendiri sebagai suatu sarana untuk mengungkapkan perasaan hati.

10. Gendang

Alat Musik Tradisional Lampung
ilmuseni.com

Alat musik tradisional lampung ini terbuat dari kayu dan kulit binatang. kulit binatang yang biasa di gunakan adalah kambing, sapi atau kerbau. Gendang berkepala ganda yang berbentuk konikal (bagian atas besar dan mengecil di bagian bawah) ini dimainkan bersama kulintang dan dua gong untuk mengiringi pencak silat. Dalam perangkat musik kulintang, gendang berfungsi sebagai pimpinan irama.

3 Senjata Tradisional Provinsi Lampung

yang dikenal antara lain pedang, keris, payan(tombak), badik. Pada zaman dahulu, di tanah Lampung terdapat kerjaan Tulang Bawang. Tentu saja sebagai kerjaan pasti memiliki berbagai senjata baik sebagai senjata untuk berperang atau sebagai pusaka kerajaan yang memiliki berbagai fungsinya.

Senjata-senjata tradisional Lampung diatas dipengaruhi dengan senjata yang ada di kerjaan pulau Jawa maupun senjata tradisional Melayu.  Berikut ini beberapa senjata tradisional Lampung :

1. Badik Lampung

Senjata Tradisional Provinsi Lampung
tradisikita.my.id

Badik adalah senjata tradisional yang dapat ditemui di beberapa wilayah di Indonesia diantaranya yaitu Lampung dan Sulawesi Selatan. Badik yang ada di Lampung ataupun di Sulawesi memiliki bentuk yang sama, akan tetapi belum diketahui secara pasti asal badik tersebut.

Hanya saja ada sangkaan bahwa rakyat Goa Sulawesi Selatanlah yang membawa juga mengenalkan badik ke KerjaanTulang Bawang Lampung. Berdasarkan ukuran badik, badik Lampung ini dibedakan menjadi 2, yaitu badik siwokh yang memiliki panjang bilah lebih dari 12 cm serta lebar lebih dari 2 cm dan badik kecil berukuran bilah 11 cm dan lebar sekitar 2 cm.

Banyak terdapat jenis-jenis badik asal Lampung. Contohnnya Palembang Capit, badik Bugis, Siwak, Tumbuk Lada, Kelinggi, Pagar Dewa.

2. Keris Lampung

Senjata Tradisional Provinsi Lampung
tradisikita.my.id

Senjata tradisional Keris di Lampung disebut dengan punduk/tekhapang. Keris yang ada di Lampung ini sangat dipengaruhi kebudayaan kerjaan di Pulau Jawa dan luar Jawa. Untuk keris yang dipengaruhi kerajaan Sriwijaya biasanya mempunyai gagang dengan ukiran yang lebih halus.

Sedangkan keris yang dipengaruhi Melayu atau kerjaan Goa biasanya memmpunyai gagang yang lebih sederhana. Keris Lampung yang asli di zaman dahulu kebanyakan bilahnya dipesan pada kerajan Jawa dan luar Jawa tetapi untuk gagangnya umumnya memiliki ciri tersendiri berupa burung garuda. Gagang ini dibuat dari kayu kemuning, perak, emas.

3. Tombak Lampung

Senjata Tradisional Provinsi Lampung
tradisikita.my.id

Tombak dalam bahasa daerah Lampung disebut dengan Payan. Berdasarkan dari bentuknya, senjata tradisional lampung ini dapat digolongkan menjadi dua bentuk yaitu:

  1. Tombak Payan (Payan Kejang)
  2. Tombak Pendek (Payan Buntak atau Linggis)

Perbedaan bentuk tombak ada dua yaitu tombak panjang dan tombak pendek, yang dimaksud tombak panjang yaitu tombak yang mempunyai gagang yang terbuat dari kayu berukuran tidak lebih dari 150 cm, sedangkan mata tombaknya berukuran sama seperti jenis tombak pendek yaitu mencapai 34-40 cm.

Sedang yang dimaksud dengan tombak pendek yaitu tombak yang panjang gagangnya tidak lebih dari 90 cm. jenis tombak yang terakhir ini termasuk tombak yang langka, karena umumnya berkualitas sangat tinggi, yang terkadang diberi bulu ekor kuda yang disebut dengan sebutan tunggul.

Mata Tombaknya mirip dengan keris yaitu memiliki pamor juga berlapis. Banyak tombak Lampung ini percayai memiliki kekuaan magis, apalagi jika tombak tersebut termasuk benda pusaka warisan dari leluhur. Biasanya tombak yang seperti ini dilengkapi dengan sarung untuk menutupi mata tombaknya, sedangkan tombak yang tidak memiliki kekuatan magis, umumnya tidak dilengkapi dengan sarung (wrangka/sakhung, lampung).

Setelah membaca dan mengetahui Alat Musik Tradisional Lampung dan Macam Senjata Tradisiona Provinsi Lampung, kamu juga bisa menambah ilmu pengetahuan kamu dengan membaca juga Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan

COPY CODE SNIPPET

2 pemikiran pada “10 Alat Musik Tradisional Lampung dan macam Senjata Tradisional Provinsi Lampung

Tinggalkan komentar