50 Wisata Banten yang Bisa Menjadi Tempat yang Tepat Untuk Waktu Libur Anda

Wisata Banten kali ini akan mengulas 50 wisata yang berada di daerah Banten. Indonesia adalah negara kaya, kaya dengan sumber daya alamnya (SDA), kaya dengan seninya, kaya dengan bahasanya, kaya dengan tempat wisatanya, dan masih banyak lagi kekayaan yang Indonesia negri kita tercinta ini miliki.

Termasuk juga Profinsi Banten yaitu salah satu profinsi yang ikut menyumbangkan kekayaan indonesia dari segala aspek, salah satunya tempat wisata. Profinsi yang terdiri dari 8 kabupaten ini, memiliki banyak tempat wisata yang indah dan bisa menenangkan pikiran kalian.

Saking Banyaknya Wisata Banten, sehingga tidak lah sanggup kalu saya ulas semua wisata yang berada di Banten, tapi kali ini saya akan mencoba untuk menyajikan 50 Wisata Banten yang terdiri dari pantai, pulau, gunung, air terjun, dan destinasi wisata lainnya.

1. Pantai Anyer

Wisata Banten
transportasiwisata.blogspot.co.id

Pantai Anyer dengan pantai dan pasir putihnya yang indah, serta angin laut yang sepoy-sepoy menjadikan pantai ini salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Baik wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Lokasi Pantai Anyer berada di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Profinsi Banten. Jadi, ternyata penamaan Anyer itu sendiri di ambil dari nama kecamatan di Kabupaten Serang-Banten, yang mana disitulah pantai Anyer berada.

Di pantai ini juga kalian bisa menikmati berbagai aktifitas menyenangkan yang dapat menyegarkan kembali pikiran kita, diantaranya:

  • Berenang di pesisir pantai
  • Bermain water sport
  • Snorkling
  • Membngun istana pasir
  • Menikmati sunset dan sunrise

dan masih banyak lagi yang bisa kalian lakukan dikala kalian sedang berkunjung di Pantai Anyer.

2. Pantai Carita

WIsata Banten
tempatwisataseru.com

Saat masa libur tiba, Pantai Carita termasuk dalam salah satu destinasi favorit untuk mengisi waktu libur bersama keluarga. Pengunjung di pantai ini tidak kalah banyaknya dengan pengunjung Pantai Carita. di hari biasa maupun hari libur, banyak wisatawan lokal dan mancanerara yang mampir di pantai ini untuk menikmati keindahan pantai dan menghilangkan rasa penat di kepala.

Yang menarik dari Pantai Carita ini ialah dengan kekayaan sumber daya alam (SDA) misal, ikan, rumput laut dan hasil-hasil laut yang lainnya, juga dengan pemandangannya yang indah dan hamparan pasir putih yang luas membuat aktifitas jalan dipinggir pantai anda serasa indah.

Banyak juga aktifitas yang bisa anda lakukan di pantai ini misal, bermain layangan, banana boat, jatski, diving, snorkling, atau kegiatan seru lainnya. Anda juga bisa gelar tikar di sepanjang hamparan pasir, guna menikmati indahnya pemandangan Pantai Carita dan merasakan sejuknya angin pantai.

Pantai Carita berlokasi di Kabupaten Pandegelang Profinsi Banten.

3. Pantai Tanjung Lesung

Wisata banten
wisatatempat.com

Pantai dengan hamparan pasir putih yang dipadukan dengan pepohonan yang tumbuh rindang di tepi pantai, menjadikan panorama Pantai Tanjung Lesung indah dan menyisakan kenangan yang tak terlupakan.

Bentuk daratan pantai yang menjorok ke laut dan menyerupai ujung lesung (alat tradisional untuk menumbuk padi) menjadikan pantai ini di diberi nama Tanjung Lesung. Dengan pemandangannya yang indah dan air laut yang jernih sehingga memanjakan para pengunjung yang seakan-akan lagi berkunjung di Pantai Bali.

Bagi yang berasal dari Jakarta, atau melewati jalur jakarta, Lokasi yang bisa anda tempuh untuk menuju Pantai Tanjung Lesung yaitu dengan mengambil rute Tol Tanggerang-Merak, kemudian keluar lewat tol Serang Timur, setelah itu lanjut perjalanan ke arah Kota Pandegelang dan Labuan sampai tiba di Pantai Tanjung Lesung.

Opsi rute yang lain anda juga bisa ambil jalur Tol Jakarta-Merak, setelah itu ambil jalan keluar melalui Tol Cilegon. Kemudian lanjutkan perjalanan melalui pesisir Anyer menuju arah Labuan, setelahnya anda akan berakhir di lokasi Tanjung Lesung.

4. Pantai Karang Bolong

Wisata banten
BantenWisata.com

Konon katanya, dulu nama dari Pantai Karang Bolong ini adalah Karang Suraga yang dia ambil dari seorang laki-laki yang bernama Surya Dilaga dan ia mempunyai ilmu tinggi, diakhir hidupnya Surya Dilaga  bertapa di Karang Bolong sampai dikisahkan ia menemukan ajalnya.

Waktu demi waktu, pantai ini rubah nama menjadi Pantai Karang Bolong. Nama itu sendiri di ambil dari sebuah karang besar yang terletak di pinggir pantai, yang bentuk karang itu menyerupai bibir goa dengn lubang berbentuk setengah lingkaran.

Beberapa aktifitas yang menyenangkan dari pantai ini, anda bisa menikmati indahnya pantai dengan menelusuru luasnya pesisir pantai, bisa juga berduduk santai dibanyaknya tumpukan karang yang besar atau gelar tikar di atas pasir pantai sambil menikmati indahnya suasana Pantai karang Bolong.

Ada sajian unik dari Pantai Karang Bolong yang tiak anda temukan di lokasi pantai yang lain yaitu anda bisa menikmati panorama indah, birunya laut Indonesia dan penampakan anak Gunung Krakatau  dari atas karang yang tinggi. Untuk menempuh puncak karang, tersedia anak tangga yang bisa memudahkan pendakian.

5. Pantai Cibeurem

Wisata banten
satujam.com

Di Pantai Cibeurem anda bisa menikmati sejuknya udara pantai dan anda juga bisa bersantai di bawah rimbunnya pohon kelapa yang banyak tumbuh di sekitar pinggiran Pantai Cibeurem ini juga bisa sambil menyantap macam makanan yang terjual di area pantai.

Pas pulang anda juga bisa membeli oleh-oleh atau cendramata untuk kenangan di rumah atau bisa juga sebagai hadiah untuk orang yang kamu cintai.

Kalau kamu sudah pernah ke Pantai Anyer dan belum merasakan Pantai Cibeurem, mungkin anda bisa mencoba untuk mengunjunginya. Karena emang tempatnya yang juga sama indah dan dekat satu jalur dengan Pantai Anyer.

6. Pantai Tanjung Layar Sawarna

Wisata banten
entertainment.sawarnanews.com

Pada saat akhir pekan atau waktu libur tiba, Pantai Tanjung Layar sangat ramai dikunjungi. Berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan di sana adalah berenang, bermain pasir putih, hunting foto, kemah/camping, dll. Dengan ombak lautnya yang cukup besar, kita harus terus waspada dalam bermain segala hal terlebih lagi anda sedang bersama anak kecil.

Bila anda berminat untuk mengunjunginya, anda bisa mengambil rute perjalanan Jakarta menuju Serang Timur, lanjut ke Pandegelang, terus Malingping, terus menuju Bayah, lurus ke Sawarna dan lokasi pantai tidak jauh dari situ.

7. Pantai Tanjung Pasir

Wisata banten
jakarta.panduanwisata.id

Pantai Tanjung Pasir termasuk salah satu destinasi wisata tanggerang yang paling terkenal, karena bukan hanya menikmati keindahan dan permainan pantai Tanjung Pasir tapi anda juga bisa menyebrang di Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu yang lokasinya dekat dengan Pantai Tanjung.

Lokasi Pantai Tanjung Pasir di Kabupaten Tanggerang, perkiraan 25 Km dari pusat Kota Tanggerang. Rute yang bisa anda tempuh untuk menuju lokasi dari Tanggerang Kota menuju arah bandara Soekarno-Hata menuju jalan Sudharma terus ke arah utara kurang lebih 5 Km menuju lokasi anda akan mendapatkan petunjuk menuju Tanjung Pasir.

8. Pantai Ciantir Sawarna

Wisata Banten
traveljournos.wordpress.com

Dengan hamparan pasirnya yang luas anda bisa menikmati pantai ini bukan hanya sekedar berenang di pantainya melainkan anda juga bisa bermain volly pantai, sepak bola atau apapun yang bisa kamu ekspresikan di atas pasir putih yang halus itu.

Karena ombaknya yang besar kamu juga bisa melakukan surfing atau berselancar. Pantai yang bisa di buat surfing inilah yang membuat pantai ini ramai dikunjungi entah lokal maupun mancanegara. Tidak kalah seru dengan yang lainnya, di pantai ini kamu juga bisa menikmati keindahan sunset.

9. pantai Pulorida

Wisata Banten
rezakurniawan.co

Hal yang menarik yang bisa anda lihat di Pantai Pulorida ini adalah pemandangan kapal-kapal tongkak besar yang pulang pergi mengangkut batu bara. Selain kapal besar yang bisa anda lihat di pantai ini, anda juga bisa menyebrangi laut menuju pulau kecil yang dekat dengan pesisir laut yaitu pulau Pulorida.

Pulau Pulorida adalah pulau kecil yang jarak tempuhnya dekat dari pesisir pantai. Dulu untuk menuju Pulau Pulorida biasa dengan jalan kaki karena trdapat jembatan yang mengakses ke Pulau Pulorida, tapi sekarang jembatan itu sudah hancur dan tinggal beberapa bagiannya doang.

Tapi tenang kalau anda ada niatan untuk mengunjungi Pulau Pulorida, anda bisa menggunakan perahu nelayan yang tersedia di pesisir pantai.

10. Pantai Sambolo

Wisata Banten
wisataterbaru.com

Pantai Sambolo tempat yang menarik untuk berekreasi bersama orang yang kamu cinta atau keluatga, tanpa perlu mengocek uang yang besar, kamu bisa menikmati keindahan alam Pantai Sambolo. Kalu sedang berlibur di Pantai Sambolo, sebaiknya menyiapkan kantong pelastik guna menyimpan sampah, agar pantai tetap terjaga kebersihannya.

And ajuga bisa menikmati beberapa permainan yang di sediakan misal, banana boat, jet ski, snorkling, dan banyak lagi yang lainnya. Pantai Sambolo yang berada di Kecamatan Anyer Serang – Banten ini sangat cocok untuk menghilangkan penat dari banyaknya aktifitas kerja yang anda lakukan.

11. Pantai Bagedur

Wisata Banten
wisatabanten.com

Pantai Bagedur terletak di Banten bagian selatan yang berarti memiliki ombak dan arus khas pantai selatan yang kuat dan bear. Daya tarik dari Pantai Bagedur itu sendiri ialah pantainya yang landai dengan pasir putih yang terbentang luas dengan panjang sekitar 15 Km, sehingga anda dapat melakukan aktifitas dengan leluasa di Pantai Bagedur tersebut.

Pantai ini berbeda dengan pantai kebanyakan, di pantai ini anda tidak akan menemui penyewaan banana boat atau speedboad dan hiruk pikup wisata pantai lainnya. Dengan suasana pantai yang sangat damai dan tenang, menjadikan pantai ini cocok untuk menenangkan pikiran anda.

12. Pantai Ciputuh

Wisata Banten
pegipegi.com

Pantai Ciputih memiliki air yang jernih dan pasir yang putih nan lembut, sehingga pantai ini banyak dikunjungi wisatawan luar. Pantai yang terletak di ujung kulon ini, meski perjalanan yang terbilang jauh dari perkotaan, tapi sesampainya anda di sana hasilnya akan terbayarkan.

Bila berkunjung di Pantai Ciputih dari jakarta maka memerlukan waktu tempuh sekitar 4 -6 jam. Untuk rute perjalanan bisa di mulai dari Jakarta lanjut ke Serang menuju Panimbang dan lanjut ke Sumur kemudian sampai di Pantai Ciputih.

13. Pantai Cihara

Wisata Banten
lindasay85.wordpress.com

Pantai cihara terletak di pantai Selatan  Jawa tersebut menyimpan keindahan alam yang mempesona. Lokasi Pantai Cihara ini berada di Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Ciri Khas dari pantai ini ialah banyaknya tebing-tebing tinggi yang tidak ditemukan di pantai yang lain.

Anda yang menyenangi atau ahli dalam dunia fotografi akan sangat cocok jika anda berkunjung ke tempat ini. Selain bisa mendapatkan suasana yang pas untuk dijadikan objek foto, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain yang bisa membuat Anda senang dan nyaman.

14. Pantai dan Pelabuhan Merak

Wisata banten
infocilegon.blogspot.co.id

15. pantai Karang Taraje

Wisata Banten
ksmtour.com

Pantai Karang Taraje berada disekira 38 Km dari Malingping, tepat wilayahnya berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Pantai Karang Taraje masih berdekatan dengan Pantai Sawarna yang memang lebih dikenal luas.

Namun soal keindahan, Pantai Karang Taraje tidak kalah indah dengan Pantai Sawarna yang sudah dahulu terkenal. Hempasan ombak Pantai Karang Taraje menjadi daya tarik utama. Ombak pantai selatan yang besar dan tinggi  cocok dengan lokasi di Pantai Karang Taraje yang penuh dengan karang.

Anda akan terhalang dari hempasan ombak yang tinggi, dan pasti bisa memanjakan mata. Ketika Anda sudah terhipnotis dengan suara gelegar ombak Pantai Karang Taraje, Anda harus berhati-hati dengan ombaknya karena kawasan ini terbilang rawan ombak besar dan batu karang yang amat licin.

16. Pantai Karang Songsong Cibodas

Wisata Banten
indonesiakaya.com

Pantai Karang Singsong memiliki dua nama, yakni Pantai Cibobos atau Pantai Karang Songsong  yang terletak di Desa Cibobos, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak – Banten. Pantai ini menawarkan pesona indahnya hempasan ombak dengan benturan karang besar yang terletak di dataran pantai.

Di pantai yang membutuhkan perjalanan selama 2 jam dari Kota Rangkasbitung ini adalah pantai yang menawarkan bebatuan karang besar dan memanjang yang menjorok ke arah laut. Karena adanya bebatuan karang tersebutlah maka pantai ini dinamakan pantai Karang Songsong.

Makna Songsong itu sendiri  “karang yang menyongsong” ke arah laut dan langsung berhadapan dengan besarnya ombak laut Jawa bagian Selatan.

17. Pantai Mabak

Wisata Banten
pemandangan.net

Pantai Mabak adalah salah satu pantai yang berletak di daerah Merak, Banten. Lokasinya dekat dengan wilayah pelabuhan merak. Wisata Banten ini menghadap ke sebuah pulau kecil yang disebut dengan pulo merak kecil.

Pantai Mabak ini memiliki suasana sunset yang sangat indah. Sehingga banyak fotografer amatiran sampai profesional datang ke tempat ini untuk mengabadikan momen sunset yang menjadi unggulan di salah satu Wisata Jawa ini. Tidak ketinggalan juga para wisatawan lokal maupun mancanegara banyak yang ingin menghabiskan waktu liburannya di Pantai Mabak ini.

18. Pulau Umang

Wisata Banten
pulau-umang.com

Objek wisata Pulau Umang terletak di Kecamatan Pandegelang Provinsi Banten yang letaknya tidak jauh dari Ujung Kulon. Pulau yang luasnya 5 Ha ini berbatasan langsung dengan selat Sunda. Ombak di Pulau Umang relatif kecil apa bila dibandingkan dengan ombak selatan yang terkenal besar dan arus yang kuat.

Sampainya anda di Pulau Umang, anda akan disambut oleh kecantikan atap cotage yang berbentuk umang-umang. Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan anda akan masuk di lobby dan akan disambut dengan ramah serta di beri segelas minuman dan handuk basah.

19. Pulau Manuk Sawarna

Wisata Banten
indravaganza.wordpress.com

Pulau Manuk diambil dari kosa kata bahasa Sunda yang artinya Pulau Burung. Dinamakan Pulau Manuk karena di pulau ini banyak macam burung yang berasal dari berbagai negara singgah di pulau yang jaraknya 1 Km dari pantai Cipamadangan.

Tak hanya satwa seperti burung saja yang terdapat di Pulau Manuk ini, satwa liar seperti monyet bisa kamu jumpai. Monyet liar ini bisa kalian dapatkan di kawasan hutan lindung milik Perhutani. Memang daerah pantai Pulau Manuk dan kawasa hutan lindung Perhutani letaknya berdekatan.

20. Pulau Burung atau Pulau Dua

Wisata Banten
kidnesia.grid.id

Tempat ini dinamai dengan nama Pulau Burung bukan karena tanpa sebab. Salah satu daya tarik tempat ini adalah saat satwa burung-burung dari berbagai tempat berkumpul ketika bermigrasi. Mereka mendarat singgah dan berkembang biak. Burung-burung tersebut kebanyakan berasal dari belahan bumi selatan dan utara.

Burung-burung bermigrasi menghindari datangnya musim dingin. Tercatat sekitar 10.000 ekor burung  dari 108 jenis yang tak sama akan berkumpul di Pulau Burung ini. Kurang dari sepertiga burung itu adalah pra migran yang cuma datang pada bulan tertentu. Brwisatalah ke pulau ini antara bulan maret hingga Juli guna melihat berbagai macam burung yang ada.

21. Pulau Oar

Wisata Banten
indonesiakaya.com

Pulau Oar banten merupakan salah satu pulau yang menawarkan indahnya alam kepulauan yang masih jauh dari perbuatan tangan-tangan jahil manusia. Suntuk dan Penat yang dialami akibat aktivitas dan rutinitas harian bisa langsung terobati oleh segarnya udara pesisir dan keindahan alam sekitar.

Letak Pulau Oar Banten tidak jauh dari Ibu Kota DKI Jakarta. waktu yang ditempuh untuk menuju lokasi kurang lebih memerlukan 7 jam atau 71 Km, kemudian lanjut perjalanan dengan menyewa perahu nelayan. Letak wilayahnya tidak jauh dari Tanjung Lesung

22. Pulau Sangiang

Wisata Banten
bantenwisata.com

Secara administratif, Pulau sangiang ini terletak di desa Cikoneng Kecamatan Anyer Kabupaten Serang Provinsi Banten. Terletak di sekitar lebih kurang 10 Km dari Pantai Anyer atau di Selat Sunda. Banyak wisata yang sudah pernah berkunjung disana menyebutnya sebagai Seven Wonderes of Banten

Julukan Seven Wonders of Banten ini diberikan pada Pulau Sangiang bukan tanpa sebab dan Musabab. Banyak keindahan yang di tawarkan pulau eksotik ini misalnya, terdapat tanaman Khas seperti dadap laut, ketapung banyu, cemara laut, nyamplung, waru laut, api-api, dan walikukun. Pulau ini juga memiliki beberapa pantai yang indah.

Bukan Hanya itu saja, yang ada di pulau ini, terdapat juga berbagai jenis hewan yang dilindungi seperti dara laut, burung camar, elang laut serta beberapa biota laut yang lainnya.

23. pulau Panaitan

Wisata Banten
triptrus.com

Pulau Panaitan merupakan pulau yang masih alami dan cukup terjaga, bahkan masih banyak terdapat binatang asli yang ada di pulau ini misal, monyet, rusa, macan tutul dan masih banyak lagi.

Terkenal dengan ombaknya yang besar menjadikan pulau ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan berselancar.

Pulau Panaitan termasuk pulau yang masih jauh dari keramaian, sehingga tempat ini cocok untuk anda melepaskan penat dan juga bagi anda yang hobi surfing, Pulau ini syurganya para serfer lokal maupun mancanegara.

24. Pulau Peucang

Wisata Banten
bantenwisata.com

Letak Pulau Peucang tidak jauh dari pesisir Provinsi Banten, dengan letak di selat panaitan yang masih termasuk ke dalam wilayah Pandegelang Banten. Pulau ini memiliki luas sekitar 450 hektar.

Dengan letaknya yang tidak jauh dari Balai konserversi Badak jawa atau Taman Nasional Ujung Kulon menjadikahn pulau ini termasuk kedalam salah satu situs warisan dunia yang dianugrahkan oleh UNESCO. Tdak jarang wisatawan yang berkunjung di konservasi Badak bercula satu itu melanjutkan wara-wirinya di Pulau Peucang.

25. Pulau Tunda

Wisata Banten
backpackerjakarta.com

Pulau Tunda berada di sebelah utara Profinsi Banten. Letak Pulau Tunda secara pemerintahan masih berada dalamwilayah administratif Kabupaten Serang dengan luas pulau kurang lebih 300 Ha. Pulau ini berpenghuni yang dihuni oleh satu desa yang dinamakan Desa Wargasara.

Jalur untuk menuju Pulau tunda, jika melalui Jakarta maka perjalanannya dapat dimulai dari Tol Kebon Jeruk – Merak kemudian keluar ke pintu Tol Serang Timur, lanjut perjalanan menuju dermaga karangantu atau biasa disebut juga Karang Hantu.

Dari Karangantu untuk menuju Pulau Tunda, memakai perahu dengan jarak tempuh yang dibutuhkan sekitar 2 jam.

26. Pulau Lima

Wisata Banten
nunudwi.blogspot.co.id

Pulau Lima memiliki luas wilayah sekitar 3,5 Ha. Akses untuk bisa menuju Pulau Lima, anda berangkat dari serang memakai kendaraan pribadi untuk menuju ke pelabuhan Karangantu yang berada di wilayah Kasemen, Banten Lama.

Pulau Lima ini menawarkan panorama alam yang indah dan anda juga bisa menikmati kehindahannya dengan duduk santai di gazebo-gazebo yang tersedia sambil menikmati makanan-makanan ringan seperti bakso, mie pecel, dan aneka jenis makanan yang juga dijual disekitar gazebo.

27. Pulau Empat

Wisata Banten
visitbanten.com

Pulau Pamujan Kecil atau biasa disebut juga Pulau Empat ini terletak disekitar teluk Banten, dengan luas pulau kurang lebih 2 Ha. perjalanan dari kota serang dapat ditempuh kira-kira 15,3 Kilometer, menuju ke dermaga Karangantu dan dilanjutkan dengan menyewa perahu nelayan untuk sampai Pulau Empat.

Panorama Pulau Empat tentu saja tidak diragukan lagi dengan air laut yang jernih, gulungan ombak yang memikat dan ekosistem bawah laut yang menawan menjadikan keunggulan Pulau Empat ini. Tersedia juga jembatan kasih sayang sebagai salah satu spot yang sengaja dibuat oleh pengelola pulau untuk dijadikan tempat yang indah guna berfoto ria atau berselfie.

28. Pulau Badul

Wisata Banten
falbirra.wordpress.com

Letak Pulau Badul yang tidak jauh dari Taman Nasional Ujung Kulon Banten ini termasuk salah satu pulau terkecil yang berada di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon.

Pulau Badul adalah pulau yang hanya berupa pasir putih yang luas serta dikelilingi oleh laut yang jernih dan karang-karang yang masih terjaga juga sekumpulan ikan-ikan laut menjadikan penampakan pemandangan bawah laut yang elok dipandang. Rasanya tidak bisa puas jika berkunjung di Pulau Badul tanpa melakukan snorkling.

29. Gunung Krakatau

Wisata Banten
kemanalagi.com

Latak Gunung Krakatau di Selat Sunda yang menjadi perbatasan Sumatra dan Pulau Jawa. jika terdengar Gunung Krakatau, tentunya kita terbesit sejenak bahwa dahulu Gunung Krakatau pernah Meletus dan diperkirakan salah satu letusan terdahsyat di dunia. Konon suara letusan Gunung Krakatau Mencapai radius 4.500 Km dari titik pusat ledakan dan seperdelapan penduduk bumi mendengar ledakannya.

Sisa-sisa letusan Gunung Krakatau yang menghasilkan keindahan alam menjadikan daya tarik wisatawan yang ingin berkunjung. Ada lagi dengan keberadaan anak Krakatau yang masih aktif dan fluktuatif.

Selain itu juga, dengan semakin bertambahnya tinggi Anak Krakatau menjadikan daya tarik tersendiri dari wisata Krakatau ini dan menurut para ahli, Anak Krakatau bertambah tinggi sekitar 5 Cm tiap bulannya.

30. Gunung Batu Lawang

Wisata Banten
triptrus.com

Gunung Batu Lawang menawarkan indahnya wisata alam yang bisa kita nikmati. Suasana alam perbukitan yang hijau, juga panorama kota Cilegon yang terlihat dari ketinggian Gunung Batu Lawang, kita bisa melihat siluet bukit Gunung Pinang di Kramatwatu, atap Masjid Agung Cilegon, Waduk Krenceng, bahkan kita juga bisa melihat siluet Gunung Karang di Pandeglang.

Untuk menuju ke lokasi Batu Lawang yang terletak di daerah Merak, Cilegon di Desa Gerem ini, dari pusat kota Cilegon, Anda bisa menggunakan jalan arah Merak. Setelah melewati kantor imigrasi Cilegon yang berada di daerah Gerem, dekat dari situ ada Indomaret di sebelah kanan jalan dan anda hanya perlu masuk ke jalan perkampungan, terus ikuti petunjuk arah ke Batu Lawang.

31. Gunung karang

Wisata Banten
satubanten.com

Gunung Karang Berdiri di wilayah kabupaten Pandeglang yang mempunyai ketinggian sekitar 1.778 MDPL terletak di selatan Kota Serang Propinsi Banten. Sampai saat ini telah menarik perhatian orang banyak untuk melakukan kegiatan pendakian biasa maupun pendakian wisata ziarah karena adanya tempat keramat dan sumur 7 di puncak  gunung.

Walau gunung ini terbilang tidak terlalu tinggi, namun dalam mendaki gunung ini terdapat tantangan dan tingkat kesulitan yang lumayan berat. Dalam perjalanan menuju puncak menjadi tantangan dan kisah tersendiri yang tak dapat dilupakan. Pada umumnya ada 2 jalur dalam pendakian Gunung Karang, yaitu yang pertama dengan melewati Desa Kaduengang dan yang kedua Jalur Pagerwatu/Ciekek

32. Gunung Pulo Sari

Wisata Banten
denubay.blogspot.co.id

Gunung Pulosari ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda para pencinta alam, dengan tersedia suasana pendakian yang indah. Gunung Pulo Sari bisa dikatakan sebagai gunung yang masih aktif, tetapi memang tidak ada catatan yang membuktikan letusan gunung ini, hanya saja ada aktivitas fumarol yang terjadi di kaldera gunung dengan kedalaman sampai 300 meter.

Lokasi Gunung Pulosari di desa Cilentung, kecamatan Pulosari, kabupaten Pandeglang, Banten, Jawa, Indonesia. Lokasi ini merupakan lokasi yang masih dianggap keramat di daerah Banten. Di sini Anda bisa menikmati jalur pendakian yang menantang dan di pertengahan pendakian anda  akan dijamu dengan air terjun putri atau Curug putri setelah melewati pos 1.

33. Air Terjun Cihera

Wisata Banten
misterbanten.blogspot.co.id

Curug Cihear ini berada di Gunung Leutik, Kawasan Gunung Halimun Salak dengan pemandangan indah dan fasilitas yang sangat nyaman untuk membuat liburan Anda bersama keluarga atau teman semakin seru. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan hijaunya hutan dan air terjun. Tinggi mata air curug ini kurang lebih 25 meter dan lebar 6 meter.

Soal keindahan alam jangan ditanya lagi dan suasana di kawasan wisata Curug Cihear ini, derasanya air yang jatuh dan pemandangan hijaunya pepohonan membuat aktifitas liburan Anda terasa menyenangkan dan damai.

Untuk Anda yang juga suka dengan kegiatan alam bersama keluarga atau teman, juga bisa membawa keluarga serta teman-teman berkunjung dan menikmati indahnya berlibur di objek wisata alam Air Terjun Cihear Banten ini.

34. Air Terjun Gendang

Wisata Banten
kumpulan-berbagai-ilmu2015.blogspot.co.id

Wisata Alam Curug Gendang Banten terletak di Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Tanggerang – Banten dengan tinggi air terjun 7 meter dan luas 10 meter, serta kedalaman kolam di bawah air terjun mencapai 13 meter. Curug ini berada di ketinggian 170 meter di atas permukaan air laut.

Anda yang suka dengan jelajah atau petualangan tentu akan sangat pas untuk mengunjungi wisata alam Curug Gendang Banten ini. Dengan perjalanan yang penuh liku, tanjakan yang lumayan curam dan turunan yang cukup menukik agar sampai ke lokasi menjadikan perjalanan Anda menuju curug semakin mengasyikkan.

Selama perjalanan, Anda akan menjumpai berbagai macam tanaman liar, pohon durian, dan semua suasana perjalanan yang memanjakan mata dan yang sejuk nan alami. Selain itu, kicauan burung dan beberapa binatang juga terdengar menghiburi perjalanan Anda.

35. Air Terjun Curug Putri

Wisata Banten
villayasminpandeglang.com

Walaupun namanya curug alias air terjun, akan tetapi yang paling unuk di tempat ini adalah sungainya. Jadi Curug Putri ini merupakan air terjun yang mempunyai kolam dan sungai tempat air mengalir. Sungai Curug Putri ini mengalir di antara apitan tebing yang tinggi, suasana itu lah yang menjadikan curug ini ramai di kunjungi wisatawan.

Bagi anda yang tertarik untuk berwisata di Curug Putri bisa menuju ke lokasi dengan rute perjalanan dari kota Serang menuju Pandegelang kemudian lanjut ke Labuan dan terakhir ke Carita. Jika dalam mencari lokasi anda mendapatkan kesulitan, anda bisa langsung tanya pada penduduk sekitar.

36. Air Terjun Cigumawang

Wisata Banten
ksmtour.com

Tinggi air terjun ini kurang lebih 40 meter dengan suber air yang berasal dari mata air yang berada di Gunung Buntu. tidak jarang Curug Cigumawai ini dijadikan tempat untuk banyak kegiatan seperti outbond, camping dan panjat tebing

Harga tiket masuk Curug Cigumawang Rp 25.000/orang dan biaya parkir kendaraan sekitar Rp 3000/kendaraan karena lahan parkir belum tersedia, maka area parkir berada di dekat rumah warga sekitar. Curug ini memiliki fasilitas umum yang sudah lengkap seperti perkemahan, musholah, warung, toilet dan juga ruang gati.

37. Air Terjun Curug Cimayang

Wisata Banten
rintotangsel.blogspot.co.id

Letak Air Terjun Cimayang di Kecamatan Bojong Manik, Kabupaten Lebak – Banten. Lokasinya ada di kawasan pegunungan, yang dimana anda akan merasakan hawa yang segar nan sejuk. Di daerah sekitar curug juga bisa menjadi tempat yang cocok untuk bermain outbond.

Curug ini bukan hanya menyuguhkan keindahannya saja, melainkan anda bisa juga melakukan aktifitas yang menantang adrenalin anda dan kawan-kawan. Bahkan, tidak jarang lokasi ini dijadikan tempat penelitian para mahasiswa dari Pandegelang, Lebak dan Kota lainnya.

38. Telaga Biru Cisoka Banten

Wisata Banten
liputanberita.net

Lokasi Telaga Biru berada di Kampung Cigaruh Desa Cisoka Tanggerang – Banten. Pada awalnya telaga ini bukanlah termasuk lokasi wisata alam seperti telaga pada umumnya, melainkan telaga ini merupakan telaga buatan yang disebabkan adanya pengerukan pasir.

Sejarahnya adalah kawasan tersebut sebelumnya sebuah perkebunan kirai dan pesawahan yang kemudian ditinggalkan. Untuk alasan kenapa tempat ini ditinggal belum jelas, kemudian pasir yang berada di desa Cigaru mulai dikeruk hingga suatu saat pengerukan itupun ditinggal.

Proyek itu meninggalkan kubangan yang dalamnya lebih dari 50 meter, waktu demi waktu kubangan ini tergenang air hingga kini terbentuk sebuah telaga. Memang awalnya air di telaga tersebut berwarna biru kehijauan, tapi dengan berjalannya waktu perubahan warna air tersebut terjadi. Hingga saat ini banyak wisatawan yang dapat melihat perubahan warna telaga tersebut.

39. Arung Jeram Sungai Ciberang

Wisata Banten
sepedaan.com

Arung jeram atau refting di Sungai Ciberang bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk anda menikmati sensasi arung jeram serta menikmati alam sekitar yang masih asri. Alamat Sungai Ciberang terletak di kampung Muhara Desa Ciladaeun Kecamatan Lebak Godong Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Di Sungai Ciberang tersedia beberapa jalur untuk anda berarung jeram, baik untuk pemula yang jarak tempuhnya hanya sepanjang 700 meter atau untuk anda yang ingin mencoba memacu adrenalin, disediakan maksimal jalur sepanjang 25 Km yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 jam.

40. Rawa Dano

Wisata Banten
backpackerkoprol.com

Rawa Dano, wisata alam yang terletak di Kampung Panenjoan Desa Luwuk Kecamatan Gunung sari Kabupaten Serang – Banten. Mungkin dari namanya saja anda sudah bisa menebak atau terpikir objek wisata ini merupakan wisata alam berbentuk rawa. Rawa Danau merupakan wisata yang awalnya kepundan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi.

Dengan seiring berjalannya waktu tempat ini beropolusi menjadi sebuah danau dan akhirnya menjadi sebuah rawa-rawa di atas danau.

Wisata Alam Rawa Danau ini terletak disekitar 101 Km dari jakarta. Mungkin karena lokasinya yang terpencil atau jaraknya yang lumayan jauh untuk ditempuh, menjadikan objek wisata yang satu ini Belum banyak yang tau. Namun tempat wisata ini bisa dijadikan tempat alternatif untuk berwisata bagi anda yang bosan dengan wisata pantai dan ingin mencoba hal yang baru.

41. Kampung Suku Baduy

Wisata Banten
pegipegi.com

Suku Baduy merupakan suku yang kehidupannya jauh dari kehidupan dunia luar. mereka hidup menyatu dengan alam dan penuh dengan kesederhanaan. daya tarik wisata yang menarik minat wisatawan adalah tempatnya yang masih alami dan budaya hidupnya yang jauh dari kehidupan biasanya.

Kampung Suku Baduy terletak di Desa Cibodas Kabupaten Lebak, jarak tempuh sekitar 40 Km dari Rangkas Bitung. Wisata Suku Baduy merupakan wisata alam sekaligus wisata budaya kehidupan Suku Baduy yang masih Tradisional.

42. Danau Tasikardi

Wisata Banten
malangnews.blogspot.co.id

Tidak banyak orang yang tau bahwa Danau Tasikardi bukan hanya sekedar tempat wisata, melainkan juga tempat wisata sejarah yang disana banyak ditemukan peninggalan-peninggalan pada waktu masa Kerajaan Banten berjaya.

Arti dari penamaan Tasikardi merupakan bentuk dari dua suku kata yang kedua-duanya memiliki arti tersendiri, Tasik dan Ardi dua kata dari Bahasa Sunda yang artinya Danau Buatan. Danau ini terletak di Desa Margasana Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang – Banten.

Menurut sejarah yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, Danau Tasikardi dibuat pada masa pemerintahan Panembahan Maulana Yusuf (sultan dua dari Kesultanan Banten). Konon katanya dahulu, danau ini merupakan tempat peristirahatan sultan dan keluarganya.

43. Pemandian Air Panas Cisolong

Wisata Banten
satubanten.com

Lokasi Pemandian Air Panas Cisolong di Desa Sukamanah Kecamatan Kaduhejo kabupaten Pandegelang – Banten. Jika anda ada minat untuk berekreasi disini, anda tidak akan kesulitan dalam mencarinya, karena letaknya tidak jauh dari Kota Pandegelang. Jarak tempuh sekitar 10 – 15 Km dari Labuan Jalan Raya Pandegelang.

Dengan mandi di Air Panas Cisolong bukan hanya merelaksasikan tubuh anda saja, melainkan mata dan pikiran juga dapat merasakan relaksasi dengan suasana dan pemandangan alami dan pematangan sawah yang mengelilingi di sekitar pemandian air panas ini.

44. Pemandian Cikoromoy

Wisata Banten
cineren.wordpress.com

Objek wisata Pemandian Cikromoy Pandegelang ini sudah aada sejak kolonial Belanda menyerang. Pada tahun 1975 secara bertahap sumber mata air ini di alokasikan oleh masyarakat sekitar untuk digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Berjalannya waktu, banyak orang pada berdatangan ke tempat ini hanya untuk brmain-main sehingga warga lokal pun menerapkan tarif 100 rupiah/orang.

Waktu demi waktu semakin banyak pengunjung yang datang di tempat pemandian umum Cikoromoy yang hanya untuk bersenang-senag, sehingga masyarakat sekitar menaikan harga tiket masuk dengan harga Rp 3.000 saja.

45. Watr Word Citra Raya

Wisata Banten
tangerangnews.com

Di waterpark ini anda bisa memainkan berbagai wahana menarik. Tidak hanya petualangan dan permainan bertemakan aktivitas air tapi anda bisa juga bermain seperti Pirates Dome Shelter, Power Slider, Pixie Hollow Baby’s, Sea Dhevil Pirate Shipes, Stonehenge Waterfull, Croc’s Hive Racer Slide dan wahana lain yang tidak kalah serunya.

Harga tiket masuk di Citra Raya Waterpark ini masih sangat terjangkau yaitu dengan harga Rp 40.000 (Senin – Jum’at) Rp 45.000 (Weekend) dan tiket terusan Rp 75.000 (Senin – Jum’at) Rp 85.000 (Weekend) Khusus liburan diakhir tahun 17 Desember –  Januari  untuk penghuni Citra Rp 50.000 dan Umum Rp 55.000

46. Taman Nasional Ujung Kulon

Wisata Banten
outingnusantara.com

UNESCO sebagai Komisi Warisan Dunia menetapkan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai Natural World Heritage Site (Situs Alam Warisan Dunia) pada tanggal 1 Februari 1992. Taman Nasional Ujung Kulon juga merupakan tempat bagi Badak Jawa yang sangat terkenal dan habitatnya yang sudah terancam punah.

Taman Nasional Ujung Kulon ini terletak di ujung paling barat dari Pulau Jawa. Tepat lokasinya di Kecamatan Sumur dan Cimanggu Kabupaten Pandegelang Provinsi Banten dengan luas taman 122.956 Ha, dan dari 44.337 Ha keseluruhannya merupakan kawasan perairan.

47. Kandank Jurank Doank

Wisata Banten
jakarta.panduanwisata.id

Kandank Jurank Doank (KJD) di rintis oleh artis dan juga seniman Dik Doank pada tahun 1993 yang merupakan sekolah alam bagi anak-anak kampung sekitar. Cita-cita Dik Doank saat itu ialah ia menginginkan anak-anak miskin bisa belajar di sekolah yang sebenarnya, yaitu alam.

Karena mengenalkan diri dan potensinya itu sangat efektif apabila dikenalkan selagi anak-anak, mereka bergaul dengan alam sekitar; lumpur sawah, pohon melambai, angin mendesau. Sembari memberi pemahaman bahwa alam ciptaan tuhan yang indah ini harus terus di jaga dan dilestarikan.

48. Kraton Kaibon Banten Lama

Wisata Banten
nabiella-cliqers.blogspot.co.id

Daerah Banten merupakan salah satu pusat penyebaran ajaran Agama Islam di Pulau Jawa, dengan ini tidak heran jika Provinsi Banten ini masih kental dengan tradisi keagamaannya. Di Daerah Banten terdapat komplek situs bersejarah yang diberi nama Situs Sejarah Banten Lama.

Komplek Banten Lama merupakan beberapa situs bersejarah dari Kesultanan Banten yang bertempat di Desa Banten Kecamatan Kasemen. Wisata sejarah yang dapat anda nikmati di banten Lama diantaranya ialah Masjid Agung Banten, Keraton Kaibon, Keraton Surosowan, Benteng Spellwijk, Vihara Avalokitsevara, Kepurbakalaan Banten dan danau Tasikardi yang semuanya merupakan sisa-sisa situs sejarah kejayaan kesultanan Banten yang Mashur.

49. Masjid Agung Banten

Wisata Banten
wacana.co

Masjid Agung Banten adalah salah satu tempat wisata religi yang sudah banyak orang yang mengenalnya. Masijid Agung yang terletak di Desa Banten Kecamatan Kasemen Kabupaten Serang Provinsi Banten ini merupakan masjid yang bersejarah dan bangunan ini berbatasan dengan perkampungan di sebelah barat, utara dan selatan serta alun-alaun serang di sebelah timur.

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua yang berada di nusantara dan juga merupakan masjid pusat penyebaran ajaran agama Islam di Banten. Masjid ini dibangun pada masa sultan yang pertama di Banten yaitu Sultan Maulana Hasanuddin.

Salah satu keistimewaan pada Masjid Agung Banten adalah masjid ini dibangun oleh tiga arsitektur yang berbeda, sehingga setiap arsitektur memiliki ciri khas dengan bangunannya.

Arsitek yang pertama adalah Hendrik Lucaz Cardeel yang merupakan arsitek dari belanda yang melarikan diri dari Batavia, arsitek yang kedua Arsitek Majapahit yaitu Raden Sepat  yang juga membangun beberapa masjid di nusantara, dan arsitek yan terakhir Cek Ban Su arsitek dari TIongkok yang ikut andail dalam bentuk bangunan pada atap masjid yang bentuknya bersusun 5 yang pada umumya mirip dengan padoga tiongkok.

50. Alun-alun Serang

Wisata Banten
kompasiana.com

Alun-alun Serang merupakan fasilitas yang disediakan oleh PEMKOT Serang untuk macam kegiatan masyarakat. Di alun-alun ini kita bisa melakukan berbagai aktifitas dari mulai tersedianya berbagai macam lapangan olahraga, tempat bermain anak-anak, tempat berkumpul, bahkan tidak jarang konser-konser besar pun di gelar di alun-alun ini.

Fasilitas olahraga yang tersedia di alun-alun serang ini mencakup dengan sepak bola, volly, basket, futsal, dan lari. Alun-alun ramai di kunjungi di waktu pagi dan sore hari.

Banyak juga para mahasiswa dari berbagai universitas di Serang yang sengaja berkumpul di alun-alun untuk memanfaatkan luang kosong mereka, atau biasanya juga ada yang sedang merapatkan sesuatu, bercanda ria dan uji keahlian misal, parkur, beatboks, dance, dan pantonim akan sering anda dapatkan kalau lagi jalan-jalan sore di alun-alun serang.

COPY CODE SNIPPET

Tinggalkan komentar